WW: Culinary Adventures in Cirebon, West Java, Indonesia

Culinary adventures in Cirebon, West Java, Indonesia


Welcome back...

Let's continue our adventure. This time, I would like to kindly invite you to join me in my Culinary Adventures in Cirebon, West Java, Indonesia

As I have shared previously (READ:  Kanoman Palace, Cirebon, West Java, Indonesia dan Sunyaragi Cave, Cirebon, West Java) , Cirebon is indeed a special place for me and my family as my late grandpa from my late father was originally coming from Cirebon. While we are here in Indonesia, we take some times to visit this city again and again as we still have many relatives to meet plus lovely attractions that I would like to introduce to my kids as well. That includes the culinary experience here.

Cirebon has ben well known for its delicious cuisine. Empal gentong, empal asem, tahu gejrot and nasi lengko are only few examples of this culinary heaven.  Not to mention the munchies, like ketan gurih, rengginang rebon and emping manis. The list can go on and on.

Empal gentong is the traditional beef stew from Cirebon, cooked with coconut milk and a mixture of Idonesian spices such as kemiri or bitter nut, sereh or lemon grass, laos/lengkuas or galangal, and daun salam or bay leaves. While empal asem is similar, but it is cooked withouth coconut milk. Instead, it uses tamarind water and belimbing wuluh, a special starfruit with has unique sour taste.  Both stew are served with fried onion and slices of fresh spring onion and celery. Tahu gejrot is a special mixture of fried tofu with a sauce made of garlic, chili, tamarind, palm sugar, and sweet soy sauce. My late dad loved tis so much and we cherish this special dish wholeheartedly. We sometimes cook it at home as well. Then nasi lengko is Cirebonese plate of rice with fried tofu and tempe, sprinkled with generous fresh cut cucumber, steamed bean sprout, fried onion, kucai  or chives, with spicy (or not) peanut sauce. Oh my, even as I write this, I am drooling and suddenly hungry.

I might need to write more details about more Cirebonese food at later stage but now, let's see some of those scrumptious palates. Tell me whether it brings out your appetite instantly.


Culinary of Cirebon, West Java, Indonesia

Culinary from Cirebon, West Java, Indonesia

Culinary from Cirebon, West Java, Indonesia

Culinary from Cirebon, West Java, Indonesia

Culinary from Cirebon, West Java, Indonesia

Culinary from Cirebon, West Java, Indonesia

Culinary from Cirebon, West Java, Indonesia

So, what do you think? 

Which one is your fave? 

Have you tried some of them?

Join us on (almost) Wordless Wednesday (click HERE) and have fun with the link party




57 comments:

  1. I liked all the pics and of course that lovely delicious looking food I want some lol :-)

    Have a culinarytastic safe week 😷😷😷

    ReplyDelete
  2. Yummm! Lazatnya, Indah!

    Selamat Hari Jumaat!

    ReplyDelete
  3. Some of these dishes look quite intriguing. So glad you shared your photos at https://image-in-ing.blogspot.com/2020/09/hummingbird-haven.html

    ReplyDelete
  4. Favorit saya tahu gejrot mbak, tapi suamiku kurang suka, kuahnya aneh rasanya katanya. 😁

    ReplyDelete
  5. waaa belum pernah main ke cirebooon, belum pernah nyobain kulineran di sana jugaaa, tahu gerjotnya sunggung menggoda iman hihihi

    ReplyDelete
  6. Wuah belum pernah ke Cirebon, pengin ngerasain semuanya dari nasi lengko, empal gentong dan tahu gejrot. Tahu gejrot pernah makan, tapi bikinan sendiri gara2 penasaran banget dg rasa tahu gejrot hahaha

    ReplyDelete
  7. waaa, makanannya enak semuaa~ dari list culinary cirebondi atas, aku paling suka tahu gejrot ^^ hmm, pedersnya bikin seger.

    ReplyDelete
  8. Mbak Indah ada darah Sundanya ya ternyata. Saya belum pernah nyicip tahu gejrot.
    Juga nasi lengko. Penasaran.

    ReplyDelete
  9. Saya sampe udah gak ngitung lagi seberapa sering makan tahu gejrot ketika lagi di Cirebon. Saking sukanya sama kuliner satu ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh. aku jadi makin pengin nyicipin tahu gejrot di Cirebonnya langsung. Untuk sekarang, aku bikin sendiri dulu deh di rumah, kalau lagi pengin tahu gejrot hahaha.

      Delete
    2. Kalau di daerah lain, selain Cirebon, di mana lagi yang banyak jual tahu gejrot?

      Delete
  10. I visited Semarang in 1990. When i was teenager. So I can't recall my memory about semarang culinary since it's long time ago. But reading this make me wishes to go there again...and tahu gejrot looks delicious

    ReplyDelete
  11. Tahu gejrot nih endolitaaa
    Empal gentong juga daku demen bangeett
    Kuliner Cirebon endeus markindess

    ReplyDelete
  12. Aku belum pernah makan Empal gentong, belum ke Cirebon ini. Kalau Tahu Gejrot, mungkin bisa dibikin sendiri ya, hahaha

    ReplyDelete
  13. kota kelahiranku :) aku jadi kangen tahu gejrot hahaa makanan fav waktu aku di sana soalnya

    ReplyDelete
  14. Duh jadi kangen Cirebon. Aku suka nasi lengkonya. Dulu tuh makanan favorite waktu jadi mahasiswa.

    ReplyDelete
  15. kangen makan di cirebon. udah lama gak ke sana, tp pengeenn lgi. bahkan sirup cimpolaynya aja bikin rinduu..

    ReplyDelete
  16. Untuk lauk aku lebih suka Empal Asemnya mba, meski Empal Gentongnya juga endeees.. Kalau Tahu gejrot buat camilan yummy...

    ReplyDelete
  17. Aahhh suka sama tahu gejrot, terutama empal gentong, langsung kulineran deeh pas ke Cirebon tahun lalu.
    Makanan khas ini syuka banget

    ReplyDelete
  18. baru buka postingan langsung disuguhkan tahu gejrot mmm enakkk ini. Saya suka tahu gejrot, empal gentong juga, yang belum pernah cobain nasi lengkong khas cirebon :D

    ReplyDelete
  19. Tahu gejrot is one of my family favorite food, easy to made and i like its hot taste

    ReplyDelete
  20. Aku tu belom pernah ke Cirebon yg kulineran gitu. Dulu waktu kecil suka ziarah di sana tp ga inget makan apa, hahaha..

    Pengen bgt cobain empal gentongnya

    ReplyDelete
  21. Keduanya sudah pernah aku cobain. Sama khas banget nih satu kukiner dari cirebon yaitu siwang 🤤

    ReplyDelete
  22. Jadi kangen mau kulineran di Cirebon. Kangen makan tahu gejrotnya ��

    ReplyDelete
  23. Duh mbak, saya lihat penampakan tahu gejrot aja dari foto langsung terbit air liur. Suka banget sama tahu gejrot. malah beberapa waktu lalu saya juga bikin sendiri tahu gejrot tapi saya modifikasi pakai kencur.

    ReplyDelete
  24. Wah makanan Cirebon yang saya suka ya Tahu gejrot sama Empal Gentong.. untungnya makanan ini banyak juga di Bandung jadi ga perlu jauh ke Cirebon kalau kangen hehehe...

    ReplyDelete
  25. Nggak lengkap rasanya ke Cirebon tanpa makan tahu gejrot :( Tapi walau jarak dari Jakarya dekat, aku udah lama nggak kesana nba. Empal gentong aku ya udah pernah makan

    ReplyDelete
  26. Ngiler lihat kuahnya itu. Aihh kebayang gimana rasanya. Eh tapi saya belum pernah sama sekali ke Cirebon sih, apalagi merasakan kulinernya.

    ReplyDelete
  27. Ngeces aku mba Indah. Tahh gejrot emang enak banget. Aku sering beli kalo ke pemalang. Di daerah pantura masih banyak di temukan

    ReplyDelete
  28. Wuah jadi keingat ketika hamil anak pertama, salah satu kepinginanku adalah tahu gejrot, sampai-sampai minta suami cariin tahu gejroot di Semarang. Kata suami carinya susah banget, namun alhamdulilah ketemu dan dibeliin dua porsi, tapi pas sampai rumah cuma dimakan sedikit, hehehehe

    ReplyDelete
  29. Ulalaaa.. lihat postingan mak Insav ini aku jadi kangen Cirebon, trus makan tahu gejrot and empal gentong disana :)
    Duh kangen jalan22 euy :((

    ReplyDelete
  30. Nasi lengko cenderung ke Cirebon yaa, kak Indah...?
    Aku pikir makanan khas Indramayu.
    Sukaaa banget, semuanyaaa...

    ReplyDelete
  31. Cirebon selalu ngangeni ya mbak, aku jd pengen tahu gejrot mbak apalagi lihat tampilannya.

    ReplyDelete
  32. Aku pernah pas ikutan acara kuliner di sebelah ku jual tahu gejrot cirebon alhasil kami jadi sering barter haha

    ReplyDelete
  33. Wahh kuliner cirebon banyak ya macamnya..
    Favoritku sih tahu gejrot..

    ReplyDelete
  34. Yummy!! For sure, Cirebon is great for culinary experience! They have many great local dishes to try and the price is very affordable. One of my fav is Tahu Gejrot!!

    ReplyDelete
  35. Empal gentong and tahu gejrot are my favorite. Tapi sayang belum pernah makan di kota aslinya. Semoga kapan-kapan bisa wisata kuliner langsung ke Cirebon.

    ReplyDelete
  36. aku juga suka banget sama kulinerannya Cirebon ini mba Indah, paling endeus tuh ya tahu gejrot dan empal gentong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pokoknya wajib banget yaa..kuliner pas ke Cirebon, 2 makanan khas daerah ini...
      Pesen yang pedeeess sekali, minumnya es campur.
      Hihii~

      Delete
  37. Uwaa enak enak banget. Aku suka banget tahu gejrot, bikin nagih ahahaha. Satu porsi nggak cukup, soalnya enak banget.

    ReplyDelete
  38. Empal Gentong nih ku sering denger aja tapi sepertinya blm pernah bener2 makan yg aslinya.
    Kalau tahu gejrot aku juga suka mbak. KAlau makan itu sbg camilannya kyknya susah berhentinya hehe

    ReplyDelete
  39. Ya Allah, I love both, empal asem itu seger buanget dan tahu gejrot kalo pedes2 itu endulita

    ReplyDelete
  40. diuuuu mbaaa indah. I miss empal genting so much hahaha. Since I leave Cirebon so many years ago, I never eat empal gentong again

    ReplyDelete
  41. Heemmmm tahu gejrotnya Mbakkk bikin ngilerrr... hihihi. Ternyata Cirebon juga punya banyak kuliner yang yummy yaa.. belum pernah ke sana sih.. jadi pengen :D

    ReplyDelete
  42. wah, i a curios about nasi lengko. how the taste? is unique

    ReplyDelete
  43. Kalau saya paling suka tahu gejrotnya. Bumbu atau kuahnya itu berasa banget ada asam manis pedas campur jadi satu.

    ReplyDelete
  44. They all look yummy. I have never tried any of them but I would love too. Thanks for sharing and for cohosting at #omhgww.

    ReplyDelete
  45. Sampai sekarang aku masih penasaran dengan empal gentong, belum pernah makan sama sekali. Lagi nyariin nih di Semarang ada yang jual nggak ya biar enggak penasaran lagi. :)

    ReplyDelete
  46. Belum pernah nyicip tahu genjrot jadi penasaran banget dengan kuliner ini Sepertinya bakal ketagihan juga

    ReplyDelete
  47. Woooww kuliner Cirebon ini so exciting ya mbak, temenku dari Cirebon dulu sering bikin empal gentong rasanya maknyussss. Kalau tahu gejrot sih udah favorit aku banget, so spicy tapi enak. Hehe jadi pengen makan tahu gejrot jam segini ya ampunnn

    ReplyDelete
  48. Mba Indah sehati banget sih, aku kemarin baru aja nulis soal tahu gejrot juga hahahha. Emang kuliner yang ngangenin banget ya. Pengen deh kuliner ke Cirebon langsung.

    ReplyDelete
  49. Saya suka banget tahu gejrot. Pedesnya itu gak nahan. Sayang saya udah gak bisa makan pedes.

    ReplyDelete
  50. Aku jadi kangen mau kulineran lagi di Cirebon, mbak. Tahu gejrot memang enak banget sih apa lagi yang pedes banget.

    ReplyDelete

Thanks for visiting My Purple World. I am delighted to have you all here :D....
If you like what you read, feel free follow this blog through the button on the right side of the blog and hope you can leave some comments too. Nevertheless, all comments with direct links will be deleted.

Terima kasih sudah mampir ke blog aku ya. Selamat menikmati dan semoga suka. Komentar akan sangat dihargai, tapi link hidup dan spam akan langsung saya hapus ya.

Happy Blogwalking and enjoy 😘