WW: Hunting Endek and Songket Bali, Balinese Traditional Fabrics

Songket Bali, Balinese Traditional Fabrics
Songket Bali, Balinese Traditional Fabrics


 One of my long-time passions is collecting Wastra Nusantara or Indonesian traditional fabrics.

I have been collection various kain or clothes/fabrics from many parts of the country. Be it Tapis Lampung from my beloved hometown Lampung, or Tais from East Nusa Tenggara  and Ulos from North Sumatra. Not to mention Songket Palembang and Brongsong from South Sumatra to Sarung Donggala from Palu and tenun Lombok.

Endek and Songket Bali, Balinese Traditional Fabrics
one of the traditional Endek Bali

As you have probably known, Indonesia is bestowed with amazing arrays of cultural beauty. One of them is reflected in the incredible patterns, colors and shapes of Indonesian traditional fabrics. Every province, every tribe, every area has its own unique traditional clothes. All of them are lovely indeed. That is why I have been smitten since the very first time I laid my eyes on those wastra nusantara  and when I could actually afford them. Some of these kain or fabrics cost you quite a lot as well and require proper treatment.

So when I get a chance to visit some store in Bali selling tenun and songket Bali as well as Endek Bali, I just couldn't help but buying them and adding my collection. I can say I have a soft spot for it. So I managed to get 1 hand-made songket Bali in purple, 2 embroidery kamen Bali, and 6 pieces of tenun Endek Bali. Enough damage for one short visit to the store lol.

And here's what I have and what I enjoy while picking up some of my favorites.


Songket Bali, Balinese Traditional Fabrics
Songket Bali from Sidemen

Songket Bali, Balinese Traditional Fabrics
More hand-made Songket Bali in Balck and Green

Tenun, Bordir and Songket Bali, Balinese Traditional Fabrics
Kamen Bali in various colors

Endek and Songket Bali, Balinese Traditional Fabrics
Endek Bali in purple, blue and white

Aren't they all beautiful? Which one do you like?

Join us on (almost) Wordless Wednesday and have fun with the link party.

35 comments:

  1. I guess you've collected all of Indonesian tradisional kain. They are all beautiful indeed. Worth collected.

    ReplyDelete
  2. Mbak Indah pasti banyak banget ya koleksi kain nusantaranya. Saya tuh suka kepengen deh koleksi kain begini. Tetapi, khawatir gak bisa merawatnya. Padahal pengennya semua diborong :D

    ReplyDelete
  3. Aku kalau inget songket, inget mama. Mamaku dulu suka jualan songket Palembang, karena kebetulan oma orang palembang. Dulu di rumah songket banyaaak banget. Macem2 jenisnya gak hanya songket Palembang.

    ReplyDelete
  4. Yes, I am with u they're all so beautiful, but the one I like n love the most isn't here - that's my favourite "Original Lampung Songket Tenun" I bought it 1 million about 20 yrs ago. U can imagine what's the price at the present time available in Plaza Senayan. Perhaps more than 5M. Lucky me having it.

    ReplyDelete
  5. I love the Kamen Bali so much!!! This post is about a topic I adore- because I teach fashion and one of my courses is Fibres and textiles!!! You are slo lucky to have these precious fabrics all around you! xx

    ReplyDelete
  6. klo soal motif, aku sangat tertarik dengan kain ikat indonesia...segi tiga gtu...aku juga suka sama kain sumba

    ReplyDelete
  7. Songket Bali memang khas dan cantik ya mba, begitu pula dg Endek nya. Hanya klo yg Endek ini aku sering salah dg tenun Lombok hehe..

    ReplyDelete
  8. Motif songket Bali emang variatif mbak...akupun takjub melihatnya. Biasanya kalau tamu yang berkunjung ke Bali biasanya diarahkan ke I-ONE Klungkung yang tenunnya aneka ragam...ada yang sudah di lasem ada pula yang masih kasar...bahkan di sekitar Gatsu ada juga pengusaha endek ini yang memproduksi kainnya secara manual, jadi kita bisa mendengar suara mesin tenun saat beroperasi...Bali emang kaya akan budaya tradisional ya mbak.

    ReplyDelete
  9. Dulu sempat pas bepergian tugas suka beli kain mba. Kain bali, kain lombok. Tapi skarang udah jarang. Hiks

    ReplyDelete
  10. Wow! You have so many traditional fabric of Indonesia, mbak Indah!
    Dan emang cocok kalo mbak indah mengoleksi kain-kain nusantara, karena serinf ikut pertemuan internasional, yang paling pas kalo pake kain khas negara kita.

    ReplyDelete
  11. Hua cantik-cantik banget kain songketnya, naksir berat sama yang warna ungu. Thats why aku bangga jadi orang Indonesia karena kaya akan budaya.

    ReplyDelete
  12. Motif dan model kainnya bagus-bagus semua ya, Mbak. Asyiknya Mbak Indah yang punya koleksi kain tradisional nusantara

    ReplyDelete
  13. Kain songket saya dapat warisan dari ibu mertua, songket palembang. bagus juga dan berhias kain emas. katanya itu songket terbaik yang dibeli ibu jauh sebelum saya menikah dengna putranya. masyaAllah, suka banget dengan berbagai macam kain tradisional Indonesia.

    ReplyDelete
  14. Cantiknya kak Indaaah..
    Kain-kain khas daerah Indonesia ini meski mirip tapi memiliki makna warna dan motifnya masing-masing yaa..
    Salut banget.

    ReplyDelete
  15. Kain Bali memang bagus banget ya. Aku jadi keingetan punya kain Bali tapi lupa simpannya, huhuhu

    ReplyDelete
  16. Yuk ke Sulawesi Selatan mbak Indah. Di sini ada juga loh kain tradisional khas Sengkang, namanya sutra Sengkang. Pilihan warna dan motifnya bagus-bagus. Kok malah promosi sih akunya, hahaha.

    ReplyDelete
  17. Motif songketnya keren-keren banget ya. Suka takjub dengan proses pembuatannya yang lumayan lama..

    ReplyDelete
  18. Mbak Indah punya foto tapis Lampung? Pengen lihat.

    Masya Allah ya negara kita ini, kaya dengan kain-kain khas/tradisional.

    ReplyDelete
  19. Bagus bagus ya mba motifnya. Saya bahkan Kemaren sengaja nyari2 mukena motif batik dan songket Bali gini mba karena saking jatuh cintanya sama kain2 tradisional indonesia😍😍

    ReplyDelete
  20. Wah mba bagus-bagus semua ikh motif kainnya. Sampai bingung aku, paling aku suka yang mana ya. Saking uniknya semuanya hahaha 😂. Ngomong-ngomong mba, harga-harga kain tradisional itu murah-murah atau mahal-mahal mba biasanya?

    ReplyDelete
  21. Wuih, cantik-cantik juga ya motif dan perpaduan warna Endek dan Songket Bali ini. Saluuut dengan Mbak Indah yang konsisten mencintai wastra nusantara ini. Aku jadi banyak belajar tentang kain Indonesia dari Mbak Indah deh.

    ReplyDelete
  22. Entah kenapa aku suka sama kain endek bali itu. Terkesan simple tapi elegan gitu. Perpaduan Warnanya juga cantik-cantik.

    ReplyDelete
  23. Aku suka kamen Bali yang kuning atau orange itu mbaaak :D
    Cakep2 kainnya yaaa, seneng liatnya.
    Kalau melihat kain kyk gtu suka ngebayangin proses di baliknya, pasti ada kisah soal perajinnya, suasana hatinya kala itu bagaimana, idenya dapat drmana dll. Selembar kain yang berharga :D

    ReplyDelete
  24. Endek balinyaaaaa. Aaaak... aku punya yang mirip. Warna sama motifnya mewakili diriku banget. Suka

    ReplyDelete
  25. Biasanya karena panjang dan lebarnya yang berbeda dari kain pada umumnya, motif-motif kain begini hanya untuk pemanis yaa, kak Indah...
    Aku pernah dapet kain motif NTB, cantiik banget...warna pink.
    Love Indonesia's traditional fabric.

    ReplyDelete
  26. Baru tahu kalau Bali juga punya motif songket sendiri. Mbak Indah kaya temen aku hobinya koleksi kain tenun, batik dan segala pernak-pernik tradisional Indonesia termasuk angklung dan dia bawa kemana pun pindah negara.

    ReplyDelete
  27. Cantik banget motifnya Kamen Bali mbak Indah, aku suka banget warnanya yang cerah..jadi semangat lihatnya. Aku punya beberapa kain Nusantara diantaranya batik Pekalongan, tenun Lombok dan kain sutera Makassar..

    ReplyDelete
  28. bagus banget Emang kain songket kayak gini aku juga suka banget nih songket seperti ini apalagi sangat cantik banget motifnya

    ReplyDelete
  29. Kain tradisional Indonesia memang banyak jenisnya. Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki kain dengan jenis dan corak kekhasannya masing-masing.
    Btw, pilihan mbak Indah cantik banget, sepertinya selera warna kita sama deh, sama-sama suka warna ungu.

    ReplyDelete
  30. From your photo, Songket Bali from Sidemen is the one I like the most. So beautiful. The only traditional fabric that I have is Tenun Sumba that I got a year ago. It's pink and I love it. One day I have to own Songket Bali, too. Wish me luck!

    ReplyDelete
  31. Wah saya punya dompet dari Bali motifnya kayak songket Bali ini mbak, full colour gitu. Itupun dikasih sama temen yang asal Bali sih dompetnya, sampai sekatang saya simpen baik-baik.

    ReplyDelete
  32. What a very beautiful collection of yours! I don't have any but I wanto to try to invest in one someday. The one from Sumba, urgh *chef kiss* Love it!

    ReplyDelete
  33. Belum punya songket bali. Ternyata bagus2 sekali, paling suka yang biru muda :)

    ReplyDelete
  34. Motif wastranya cantik-cantik ya mam, aku suka banget melihat fashion yang kaukenakan itu. Selalu kaya dengan kecantikan motif wastra Nusantara.

    ReplyDelete
  35. You know me with color and pattern...I love it! It's all so pretty! I've been buying more and more that has bright colors, and lots of patterns. It makes me happy.

    ReplyDelete

Thanks for visiting My Purple World. I am delighted to have you all here :D....
If you like what you read, feel free follow this blog through the button on the right side of the blog and hope you can leave some comments too. Nevertheless, all comments with direct links will be deleted.

Terima kasih sudah mampir ke blog aku ya. Selamat menikmati dan semoga suka. Komentar akan sangat dihargai, tapi link hidup dan spam akan langsung saya hapus ya.

Happy Blogwalking and enjoy 😘