WW: Eid Al-Fitr Delicious Cuisines


Eid Al-Fitr will not be complete without its famous, extravaganza delish cuisines.
This year, since we do not mudik or go back to our hometown, many of us have to prepare the traditional Lebaran cuisine on their own. Well, we can obviously order it from many restaurants and food vendors that provide them, but for me, Eid Al - Fitr is so special I feel like I have to cook them myself!

The traditional menu on Lebaran day usually comprises of ketupat (rice cake wrapped in  specially-woven coconut leaves), rendang (the world wide famous spicy beef with coconut milk), opor ayam (chicken stew with coconut milk), sambal goreng ati (spicy potato and beef liver), semur daging (Indonesian sweet beef stew) and sayur ketupat (Indonesian spicy vegetable soup). Not to mention the cookies! My fave is always be the kaastengels or the cheese cookies and nastar, the one with pineapple jam. Well, even writing them down here is mouthwatering for me LOL. 

cookies, anyone? Kaastengel, nastar and putri salju or snow white


I have share a lot about Lebaran food, including some recipes. 
Check it out here:
This year, I was somehow too tired and lazy to cook for Lebaran Day at the end of Ramadhan. But I was so lucky as my little brother was cooking a lot and sent some food to my home, especially sayur godog for ketupat and sambal goreng ati. We bought ketupat from our neighbors so we only need the main courses.  Then on the second day of Eid Al Fitr, I decided to cook opor ayam and adding sambal goreng ati. Not too late as we are still celebrating the big day. Here's what I got.

Sambal goreng ati on the yellow plate

Ketupat, everyone?


ready to feast



Don't miss my video on YouTube channel about our special COVID-19 Eid Al-Fitr!






Again, Eid Mubarak, to all my family and friends, wherever you are!
So, what's your Eid story during this COVID-19? 
Share with us in the comments!

Join us on (almost) Wordless Wednesday and have fun linking up!

40 comments:

  1. Yummm! I made rendang yesterday but I was too lazy to do the kerisik! But it still turned out yummy!

    ReplyDelete
  2. Ohh! I want some indah looks so tasty :-)

    Have a safetastic week 😷😷😷

    ReplyDelete
    Replies
    1. Happy to share it with you! Try some Indonesian food around you and tell me what you think!

      Delete
  3. Aw..aw.. nyomot kastengel,mauu atulaah, plus icip icip masakannya juga.
    Ngelunjak ini..

    Btw maaf lahir batin buat keluarga Mba Indah.

    ReplyDelete
  4. enak-enak banget mba hidangannya, kukernya juga menggoda semua... dan aq ngiler liat keramik piring dan lainnya tsakeppp banget sihhh

    ReplyDelete
  5. Buat aku ya lebaran itu adalah momen perbaikan gizi hahaha πŸ˜‚. Soalnya makanannya lamgsung banyak dan enak-enak hihihi. Karena aku nggak jago masak dan kirang seneng masak, jadi yang masak rendanh, opor, ketupat, kue kering semuanya suami yang masak dan enak dong hahaha. Mungkin karena dia emang suka masak. Jadi enak rasanya karena bikinnya dari rasa suka wkwkwk

    ReplyDelete
  6. rasanya kalo ngga makan Rendang + Opor + Sambal Goreng Ati + Ketupat di Hari Raya Idul Fitri tuh ada yang kurang saja ya ehehe

    ReplyDelete
  7. Kangen banget makan ketupat, biasa kalau lebaran pulkam selalu makan ketupat, taon ini ga bisa pulkam. Nastar kastengel aku jg suka Mba

    ReplyDelete
  8. selamat hari raya idul fitri ya Mba Indah mohon maaf lahir bathin, semoga kita selalu ada dalam lindungannya aamiin allahuma aamiin, wah mau ketupatnya heheh

    ReplyDelete
  9. Happy eid kak! Mohin maaf lahir batin ya πŸ€—

    ReplyDelete
  10. Idul Fitri tahun ini nggak bikin ketupat sendiri karena hanya berlima saja Lebarannya. Beli di pasar, ternyata nggak bagus saat mau dimakan, berair gitu. Jadinya Lebaran tanpa ketupat.
    Happy Ied Mubarak.

    ReplyDelete
  11. Wah untung ada adiknya mba ngasih ahaahaha aku juga males banget masak tahun ini sih seadanya

    ReplyDelete
  12. Taqabbalallahu minna wa minkum, kak Indah.
    Semoga Allah menerima semua amalan yang telah kita lakukan selama bulan Ramadan.

    Aku fokes ke peralatan makan kak Inda yang semarak.
    Khas Timur Tengah bangettt...

    ReplyDelete
  13. Komplit masakan Lebarannya ya Mbak Indah dan keliatan enak2 banget hehe

    Tahun ini aku gak masak apa2, masih pemulihan pasca melahirkan. Jadi aku tim ngabisin masakan lebaran.

    ReplyDelete
  14. aku nyimak menu masakan Indonesia dalam bahasa Inggris:

    ketupat (rice cake wrapped in specially-woven coconut leaves), rendang (the world wide famous spicy beef with coconut milk), opor ayam (chicken stew with coconut milk), sambal goreng ati (spicy potato and beef liver), semur daging (Indonesian sweet beef stew) and sayur ketupat (Indonesian spicy vegetable soup).

    jadi panjang yaa soalnya menjelaskan komposisinya.

    alhamdulillah lebaran kali ini ada rendang dimasakin suami, ketupat opor dikirimin tetangga, nastar dari kakak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. idem sama Mba Helena. Asik banget nyimak satu-satu nama makanan Indonesia dalam Bahasa Inggris. Di luar negeri bahan-bahan simpel ya jadi namanya jarang panjang. Laah kitaa, ya ampuun so many many ingredients, wkwkwkwkw. Makasih sudah berbagi ceritanya ya Mba Indah. Seneng banget bisa dengar kondisi saudara seiman baik-baik saja di negeri orang

      Delete
  15. Happy ied mubarak mba.
    Suka banget �� mba In table situationnya hihi. Sambel goreng ati aduh aku suka banget mba.. selamat lebaran dgn keluarga tercinta ya mba ^^

    ReplyDelete
  16. Selamat Hari Raya Idul Fitri, Mbak Indah. Mohon Maaf Lahir dan Bathin. Duh, makanannya bikin ngilerrr. Di aku udah paa habis deh hidangan Lebarannya. :D

    ReplyDelete
  17. Wow,menunya! Maaf lahir batin mbak Indah, aku tahun ini ngga mudik jadi nggak makan Coto makassar dkk huhu di rumah ibu di Bogor..

    ReplyDelete
  18. Selamat lebaran mbak indah.. maaf lahir batin ya. Anyway aku ngiler banget lihat nastarnya jadi ingat nastar buatan ibuku :)

    ReplyDelete
  19. tetep jaga kesehatan ya mama boobi walau makan santennya dikit anunya dikit biar ga nyeri dll. tetep sehat pokoknya
    met lebaran mohon maaf lahir dan batin mba

    ReplyDelete
  20. Dekorasinya vintage bagus-bagus hahah akau gagal fokus, jadi kangen mau main ke rumah mbak Indah. Maaf lahir batin ya sambil nyomot kastangel

    ReplyDelete
  21. The cookies look lovely indeed!

    ReplyDelete
  22. selamat lebaran ya Mba, mohon maaf lahir dan batin, btw fotonya bagus ya Mba, seolah berbicara semangat lebarannya

    ReplyDelete
  23. Lebarab kemarin malah masak tomyam. Opor sama sambel goreng plus lontong dapat kiriman dari kakak ipar ..alhamdulillah...

    ReplyDelete
  24. aku dong malah salfok ke piranti makanmu mbak gemes banget itu deh. Emang deh kalau lebaran tuh selalu menanti menu-menu andalan keluarga ya mbak.

    ReplyDelete
  25. Maaf lahir batin ya mba, lebaran kali ini berbeda ya. Tapi suguhannya tetep sama dong, aku mupeng lihat Sambel goreng ati. Tahun ini gak bikin dulu

    ReplyDelete
  26. Tahun ini kami ga beli kue kering. Sempat bikin beberapa toples tapi sebelum lebaran udah habis duluan

    ReplyDelete
  27. saya gak bikin ketupat, tapi dapat hantaran ketupat dari tante berikut lauknya. lumayan...bs obati rindu hidangan khas keluarga, sebab kami milih gak.mudik nih

    ReplyDelete
  28. Ketupat and sambal goreng ati.. hoho.. same menu with my family kak.. Its a totally special ya Lebaran this year.. but we must enjoy it.. Happy Eidil Fitri kak..

    ReplyDelete
  29. kue-kuenya sama dengan di rumah nih minus kastengel karena ank saya kurang suka dan saya sendiri juga nggak suka.

    ReplyDelete
  30. maaf lahir batin mbk seru banget lebarannya, senang ya menu wajib selalu ada buat merasakan kemenangan di hari raya idul fitri. kalau aku selalu suka ada ketupat di hari idul fitri.

    ReplyDelete
  31. Kastengel is a must kalau di keluargaku mam. Meskipun enggak bikin sendiri, tapi tetap harus ada karena semua suka. Trus kalau masakannya ya standar aja, opor dan sambel goreng ati, udah wajib tuh. Mumpung yaa setahun sekali nih masak yang kolesterol gini. :))

    ReplyDelete
  32. The food all looks and sounds incredible, Indah! I can almost smell the rich flavors from here. I am sure it was very much enjoyed by all!

    ReplyDelete
  33. Kastengel wajib ada dirumah soalnya aku sama mama doyan banget, oia mohon maaf lahir bathin yah kak

    ReplyDelete
  34. gagal fokus sama peralatan makannya yang bagus mbak Indah, hehe. Estetik bnaget. Btw saya juga di rumah kastengel wajib bnaget

    ReplyDelete
  35. Menunya komplit, cemilannya juga lengkap pengen incip camilannya mba Indah.
    Mohon maap lahir batin ya Mba Indah. Semoga sehat dan bahagia terus sekeluarga.

    ReplyDelete
  36. Those cheese cookies and nastar, especially with the pineapple jam yummmmmmmm! You can count me in....................... please! :) Have a wonderful day! mmmmmmmmmmmmmmmmmm I can almost smell them from here... hehehehe! Have a wonderful day!

    ReplyDelete
  37. The food looks delish. Thank you for sharing and for co-hosting at #omhgww.

    ReplyDelete

Thanks for visiting My Purple World. I am delighted to have you all here :D....
If you like what you read, feel free follow this blog through the button on the right side of the blog and hope you can leave some comments too. Nevertheless, all comments with direct links will be deleted.

Terima kasih sudah mampir ke blog aku ya. Selamat menikmati dan semoga suka. Komentar akan sangat dihargai, tapi link hidup dan spam akan langsung saya hapus ya.

Happy Blogwalking and enjoy 😘