Talam Ebi - Steamed Rice Cake with Spicy Dried Shrimp Topping

Welcoming Jonas storm with a plate of yummy food has been in my mind while reading the headline news.

And as I have been using my frying pan for too many times, I guess it's time to steam some and still enjoy a delicious 

Then let me introduce you to talam ebi, the steamed rice cake with spicy dried shrimp topping.


steamed rice cake with spicy dried shrimp topping

Back home in Indonesia, talam ebi is pretty common. We can easily find it in the bakery or food vendor, or catered during a special event. 

Talam ebi merupakan salah satu penganan yang mudah dijumpai di banyak toko kue di Indonesia. Saya paling suka kalau kue yang satu ini disajikan saat ada acara-acara khusus seperti arisan atau kumpul keluarga.

I always love the exquisite taste of steamed rice cake mixed with coconut milk, with the extra topping of spicy dried shrimp. Trust me, it's yummy.

Rasanya yang khas karena perpaduan tepung beras dan santan, ditambah taburan udang kering atau ebi pedas dan irisan kucai membuat talam banyak disuka. Dan ternyata, setelah coba browsing, cara membuatnya pun tidak sulit. Tidak perlu mixer atau perlengkapan memasak yang heboh untuk membuat talam ebi. Jadi pengen buat sendiri dan lumayan juga hasilnya :)

Ready to cook?

Here are the ingredients:

100 gr rice flour
50 gr tapioca flour
1 can/400 ml of coconut milk 
Garlic powder
Salt and sugar as desired

Bahannya juga mudah didapat kan. Yang kita perlukan adalah tepung beras, sagu, santan dan bumbu kering seperti bawang putih, garam dan gula.

For the topping:

Chives - thinly sliced. If you don't like its strong smell, you can use cilantro instead.
Dried shrimp - coarsely ground
Red pepper if desired
Salt and sugar as desired
Vegetable oil 

Untuk taburan atasnya, kita memerlukan udang kering atau ebi, irisan kucai, bubuk cabe merah kering, juga garam dan gula. Sedikit minyak sayur kita perlukan untuk mengoles kue talam sebelum diberi taburan udang kering atau ebi. Kalau tidak begitu suka ebi, taburan atas bisa diganti dengan yang lain. Saya pernah mencoba dengan abon dan juga cacahan jamur yang ditumis sebentar. Rasanya sama-sama enak.

How to cook:

Mix all the ingredients well and once ready, put it in a muffin cup (just a half of it) or anything similar and steam it for approximately 20 minutes or until it's well cook. You can check it by sticking a tooth pick and if it comes out clean that means it's ready :).

Cara memasaknya pun super duper gampang. Campur semua bahan, yaitu tepung beras, sagu dan santan sedikit demi sedikit agar adonan bisa tercampur dengan rata dan tidak ada tepung yang menggumpal. Selesai diaduk, masukan adona ke dalam cetakan plastik kecil atau seperti saya, ke dalam cetakan muffin. Tidak perlu penuh, setengahnya saja cukup. Masukkan ke dlam kukusan dan kukus selama kurang lebih 20 menit. Untuk mengecek apakah sudah matang atau belum, gunakan tusuk gigi dan tusuk ke dalam adonan. Jika tusuk gigi bersih ketika diangkat dan tidak ada yang menempel, berarti kue talamnya sudah matang.


let's steam it :)
For the topping, you just add everything except the oil. You can definitely adjust the level of spiciness as your heart desired by adding or even not using the red pepper at all. 

Untuk taburan atas, campur ebi yang sudah digiling kasar, irisan kucai, cabe merah kering, garam dan gula, Jika tidak begitu suka kucai karena baunya yang khas, bisa diganti dengan cilantro atau daun bawang. Olesi kue talam dengan sedikit minyak sayur lalu taburi campuran ini. Sudah...selesai :). Kue talam pun siap dinikmati. Mudah kan resep talam ebi ini.

Once the steamed rice cake is ready, slightly put the vegetable oil on top of it then put the topping as you like. And voila, talam ebi is ready to be devoured.

If you don't like or don't eat shrimp, mushroom can be a great alternative for the topping. You just need to slice it thinly and saute it for a while before mixing with other topping ingredients.

Hope you like this simple recipe of Indonesian food and enjoy. 

Talam Ebi is ready

13 comments:

  1. Talam ebi ini rasanya gurih nih Mba.. Cocok deh buat disantap ketika musim dingin tiba..

    ReplyDelete
  2. yuuum...the kids can have it as well if it's not too spicy

    ReplyDelete
  3. Nemu aja ebi di Amrik mbak? Di Asian market x ya? Jd kangen sama talam ebi udah lama bgt ga makan ni

    ReplyDelete
  4. Wow jadi pingin nyoba bikin talam. Kalo nggak pake ebi tetep enak ya

    ReplyDelete
  5. These are cute! I'd eat them for sure. My kids don't like a lot of spice, so if they are spicy I'd have to tone it down for them.

    ReplyDelete
  6. Aq nyoba ah pagi ini. Suamiku suka banget ebi :)

    ReplyDelete
  7. wah gutih nih cocok banget ya diluar lagi bersalju, di NY maksudnya bukan di BEkasi hehehe

    ReplyDelete
  8. Waaah mudah ternyata ya. Aku suka ini biasanya beli di tukang snack chinese. Owalah jadi bisa bikin sendiri dong

    ReplyDelete
  9. Maybe it's very delicious...cuma ngeliatnya aja dah tau enaknya, apalagi dimakan, hmmm udah gak sabar nih

    ReplyDelete
  10. Ini pasti enak gurih, bikinnya gampang ternyata. Aku masih bingung mau beli ebi dimana :)

    ReplyDelete
  11. aku lapar tegah malem bw ke sini

    ReplyDelete
  12. I am very happy to discover your post as it will on top in my collection of favorite blogs to visit.www.jwbusinesslaw.net |

    ReplyDelete

Soooo happy to have you all here :D....
Thanks for visiting my blog and feel free to comment but all direct links will be deleted.

Link hidup akan langsung saya hapus ya.

Enjoy!