Kopdar Daring Kumpulan Emak - Emak Blogger



Hi semuaaaa...


"Oke, aku absen dulu satu - satu yaaa..

"Iya mak, miknya memang masih dimute jadi ngga kedengaran suara lain.
"Itu siapa ya yang baru join ya?"

Mira Sahid, Makpon alias mak founder Kumpulan Emak - Emak Blogger (KEB) tengah sibuk mengecek komputernya sambil melihat siapa saja yang barusan bergabung di virtual meeting KEB pertama ini (eh, bener kaaan?). Malam itu, Rabu, 15 April 2020, akhirnya kami janjian untuk melakukan kopdar daring setelah sekian purnama tidak pernah bertemu muka, at least for me yaaa maks.
And you know what?
Keseruannya tuh seperti pas nungguin kunjungan or telpon sang patjar LOL.


Foto group saat sesi keduaaaa

Salah satu fenomena baru di tengah pandemik virus Korona alias COVID-19 adalah penggunaan teknologi informasi dan telekomunikasi yang makin mengemuka. Salah satu primadonanya adalah video conference. Sebenarnya teknologi ini sudah dipakai sejak lama, namun karena social and physical distancing diperlakukan sejak beberapa waktu yang lalu dan meeting lebih dari 2-3 orang dilarang, maka penggunaan teleconference meningkat hingga berkali - kali lipat. Mungkin at this point, satu platform yang lumayan sering dipakai adalah Zoom, Google Hangout or Google Meet.

So, back to our first online 'dating' with KEB.
In the beginning, we all had to wait until Makpon was done with her list. And by the time the attendance list as well as the introduction is done, everyone got super excited!
Beneran! Super excited! Ada yang jejeritan (tertahan) dan panggil nama beberapa peserta yang memang dikangeni, ada yang baru ketemu muka pertama kali meskupun sudah sering gabung di blogwalking or Instagram dan YouTube walking sebelumnya, bahkan ada yang brebes mili terharu di pojokan hehehe. Such a sweet expression of emotion! Banyak sebenarnya yang ingin ikutan dan sudah daftar juga, namun sepertinya proses approval memerlukan waktu dan dengan 50 anggota yang ikut, prosesnya pun cukup lama. Setelah selesai melepas kangen dan absen, ternyata waktu yang tersisa tidak banyaak hahaha. 

Mak Mira sempat sampaikan tujuan utama bersilahturahmi lewat kopdar daring ini dan bersama dengan Mak Injul, sempat pula sampaikan beberapa rencana KEB ke depan, seperti mengadakan beberapa online class dengan zoom. Selain itu, beberapa sesi live Instagram  juga telah dilakukan dengan mengangkat beberapa topik and we will do more of that. Sempat disinggung pula program KEB Peduli yang kail ini akan fokus untuk mengumpulkan dana dan donasi untuk anggota keluarga besar KEB yang terkena dampak langsung dari COVID-19 ini.

Belum sempat menyelesaikan diskusi, waktu gratis yang diberikan Zoom pun habis!
Oh noooo.
We were not done yet!
Terutama melepas kangen satu sama lain. 


Ini sesi pertamaaa...saat semua mikrofon ditutup dan menunggu dipersilahkan untuk perkenalan

And you know what happened?
Setelah hampir semua emak - emak blogger keren ini sedih karena pertemuan Zoomnya sudah selesai, akhirnya meeting kedua pun langsung dibuat lagi!
Judulnya langsung dan back - to - back hehehe!
Kontan banyak yang ikutan lagi walaupun tidak sebanyak yang di pertemuan awal.
Seneng bangeeet kan!

Di pertemuan yang kedua kali ini, semuanya berjalan lebih lancar dan kita punya waktu cukup panjang. Bahkan aku sempat 'ditodong' untuk share mengenai perkembangan penanganan COVID - 19 dari sisi pemerintah. Well, dengan senang hati, walaupun aku harus disclaimer that what I would inform was not official statements of the government, tapi beberapa perkembangan terakhir tentang penyebaran virus ini dan beberapa upaya penanganan yang dilakukan, terutama oleh Kemlu RI, aku sampaikan. Perkembangan penanganan virus ini di beberapa negara dan kota, khususnya New York City, juga aku share. Intinya sharing, saling berbagi informasi yang pastinya bukan hoaks dan imbauan untuk terus mematuhi anjuran pemerintah untuk memutus rantai penyebaran Corona yang masih berlangsung. 

Two simple things I keep reminding myself are try not to get infected (by staying at home, living a healthy life, washing hands frequently, boasting my immune system etc) and try not to infect others (by staying at home, as we might be carriers and endanger others).

Intinya semua yang telah disampaikan pemerintah selama ini. Usahakan untuk tidak tertular (dengan tetap di rumah, jaga kesehatan, sering cuci tangan dengan baik, menjaga sistem kekebalan tubuh dsb) serta usahakan untuk tidak menularkan orang lain (kita tidak pernah tau kalua ternyata kita adalah carrier dan membahayakan orang lain). Sesederhana itu...tapi tentu saja memang tidak mudah. 

Selain tips and tricks selama Corona, aku juga berharap kita semua terketuk hatinya untuk saling menebar kebaikan. Ada begitu banyak pihak yang terkena dampak Corona Virus dan mereka merasakan cobaan dan tantangan yang tidak mudah selama pandemik ini. Ada para pejuang kesehatan yang harus berjuang melawan virus ganas ini saat menolong para pasien, para pekerja harian lepas yang harus mencari sesuap nasi untuk keluarga mereka, maupun pegawai swasta yang terncam kehilangan pekerjaan dan penghasilan. Itu hanya beberapa contoh dari dampak luar biasa yang ditimbulkan oleh COVID-19. Sekiranya kita diberi kelapangan rezeki, mari bersama gotong royong kita membantu mereka yang membutuhkna, termasuk melalui KEB Peduli.



Makpon juga sempat berbagi mengenai hoaks dan bagaimana kita bisa mengecek serta mencegah penyebaran hoaks yang juga sama berbahayanya. Di jaman sekarang, rasanya gemeees ya sama mereka yang masih saja menyebar berita bohong dan ngga jelas.

Well, all in all, Kopdar daring ini begitu membahagiakaaan. 
Semoga obrolan hangat kita yang singkat ini ada manfaatnya dan kita semua bisa terus hidup sehat, selamat dari gangguan virus, dan berdoa semoga cobaan ini cepat berlalu.
Jadi....kapan kopdar daring berikutnya LOL?

Stay safe, happy and healthy, everyone...wherever you are.



27 comments:

  1. It's so great to meet with a whole bunch of people at once.

    I use this to talk to my family once a week, and for my classes. My only wish is that I'd have more class participation.

    ReplyDelete
    Replies
    1. So true, Alissa.. sometimes it’s good sometimes it’s too much.. I had some video conference for 8 hours

      Delete
  2. Walaupun ketemunya lewat daring setidaknya sudah bisa melepas rindu ya sama teman-teman blogger atau teman di mana aja. Semoga Pandemi segera berakhir jadi bisa bertatap muka langsung ya mbak

    ReplyDelete
  3. hwaa seru! aku ga ikutan mak, karena di rumah rusuh banget riweuh kalo emaknya mau video-an hahaha. ikut bahagia liat semua pada sehat dan melepas kangen :)

    ReplyDelete
  4. Uhuhuhuuu... very sweet memories,
    deg degan deh nungguin bisa liat semuanya, keren banget!

    Sayang sesi ke 2 aku udah gabisa pake, karena dipake anakku untuk ngerjain tugas hahaaha.. see you next time mbak indah

    ReplyDelete
  5. Keknya rempong banget dah tuh kopdar :-D tapi saluut sama emak-emak ini, solidaritasnya patut diacungi jempol.. sukses terus yaa :-) salam Blogger

    ReplyDelete
  6. Wow seruu banget sih kayaknya. . Apalagi liat beberapa wajah yg aku ngga asing. Sayang bgt ketinggalan momennya. Nanti kalau ada lagi mauu ah ikutan. KEB emang selalu cepet adaptasi yah meski di situasi kyk skrg, sharing jalan terus.

    ReplyDelete
  7. Seru yaaa ketemu banyak orang gitu meskipun online. Sayangnya kalau pake hape ga bisa melihat langsung semuanya kayak via laptop gini. jadinya kudu scroll scroll ke kiri kanan sambil mukanya kayak orang melongo hahahaa...

    ReplyDelete
  8. Aku juga seneng liat wajah emak-emak di video conference kemarin. Kebayang ya gimana serunya pas kopdar lagi di acara offline, Duh kangen deh. Sering chat di WA atau komen-komen di sosmed emang beda rasanya

    ReplyDelete
  9. Seru yaaa kopdar via zoom kemarin. gara2 kelamaan tes suara jadi habis waktunya ya.
    Semoga kita bisa kopdaran and chit chat lagi ya via online...

    ReplyDelete
  10. Wuahhh seru banget bisa kopdaran via daring. Begitu banyak cara untuk tetap menjalin silaturahmi
    Aku masih ragu pingin ikutan, selain karena kadang internet kerap kali ga stabil. Gagal terus download apps meeting conference ini

    ReplyDelete
  11. Seneng deh lihatnya, walau gak sempat ikutan. Semoga kompak selalu yaa. Virtual meetup gini aja seru yaa apalagi kalau langsung ketemuan. Wuaah seruu

    ReplyDelete
  12. Wouw, so seruuuu maksimal kopdar daring KEB ini. Sayangnya saya belum join, tapi bisa ngebayangin betapa seru dan hebohnya sesi kopdar daring ini. Semoga kalau ada daring lagi, pas bisa join.

    ReplyDelete
  13. Seruu kopdar onlinenya walau cuma sebentar.
    Kalau nonton di TV, kyknya penanganan di Jabodetabek msh lbh bagus dr NY kyknya ya mbak, gak ada yg protes2 minta bisnis buka duluan soalnya. Sejauh ini di sini msh kondusif mematuhi aturan pemerintah, walau satu dua oknum ya masih santuy hiks. Moga lekas usah ujian ini.

    ReplyDelete
  14. aku pengen ikutan apa daya jadwalnya dan juga kalau di rumah ga bisa karena ada krucil yang senangnya mengganggu mamaknya hahaha

    ReplyDelete
  15. Uwahh seru banget. Aku nggak ikutan, tapi lihat ini rasanya seneng banget. Biasanya tau lewat blog, ini lewat zoom.. Berasa deketnya ya mbk

    ReplyDelete
  16. aaaaaak seru banget. Aku sedih banget karena ketinggalan infonya niiih.. huhuhu. Semoga yangselanjutnya bisa ikutan juga aaaaah! Seru ya kopdar onlinenyaaaa

    ReplyDelete
  17. Tengkyu sharingnya pas kopdar online ya mamabo. Jadi lebih tenang dan ttp waspada.sehat2 mamaboobi
    Acik ada akuuuu😘😘😘😘

    ReplyDelete
  18. Wuiih seru. Semua serba daring di musim pandemi ini ya mbak. Sampe kopdar pun ada versi daringnya hehe...

    ReplyDelete
  19. Wuiih seru. Semua serba daring di musim pandemi ini ya mbak. Sampe kopdar pun ada versi daringnya hehe...

    ReplyDelete
  20. Seru yaaa, ingin lagi nih kopdar daring gini.

    ReplyDelete
  21. Aku senang bisa jadi bagian kopdar online ini
    Soalnya saya butuh semangat untuk tetap stay waras juga di rumah hehehe

    ReplyDelete
  22. Seru banget, yaaa. Waktu itu aku ingin ikutan, tapi sinyal internet di tempatku lagi ga bersahabat. Leletnya bikin darting kumat, mbak. Hahaha. Yuup, mari kita putus rantai pennyebaran virus ini dg tetap jaga jarak, ya. Sebisa mungkin di rumah aja.

    ReplyDelete
  23. wah zoom bareng KEB ya seru banget kemarin mba indah bikin videonya ya,, temu kangen sekalian sharingnya banyak,, next pengen juga ikutan,,

    ReplyDelete
  24. Hwaaah kebayang serunya kayak apa. Kalau ketemunya offline bakal lebih heboh pastinya ya Mbak. Semoga ujian ini segera berlalu biar bisa ketemuan langsung.

    ReplyDelete
  25. Waaah seru bangeeeet nih. Aku tau info mau ada daring ini . Tapi kondisi di rumah rame plus ada bocil.jadi tidak memungkinkan. Seneng bangeet ya Mbak Indah bisa ketemu banyak anak blogger lewat zoom

    ReplyDelete
  26. Seruu...sy ga ikutan semoga next bisa ikutan klo pas ga ada halangan. Moga pandemi ini segera berakhir biar bisa kopdaran

    ReplyDelete

Thanks for visiting My Purple World. I am delighted to have you all here :D....
If you like what you read, feel free follow this blog through the button on the right side of the blog and hope you can leave some comments too. Nevertheless, all comments with direct links will be deleted.

Terima kasih sudah mampir ke blog aku ya. Selamat menikmati dan semoga suka. Komentar akan sangat dihargai, tapi link hidup dan spam akan langsung saya hapus ya.

Happy Blogwalking and enjoy 😘