Orchid Forest Cikole, Fun Destination for All

"Ma, kita sudah sampai mana?
"I love it..udaranya dingin.  Enak ya ma?" Putri bungsuku, Obi, asyik membuka jendela mobil kami yang tengah melaju menuju Cikole.
"Kita mau ke Cikole, dek, tempat Bapak main sepeda" jawab Abang Bo.
"How do you know the name of this place, Bangsambung adiknya.
"That's the sign! baca aja.." jawab Bo sambil menunjuk papan tulisan yang menunjukkan bahwa kita telah tiba di Cikole, 1.5 jam perjalanan mobil dari Bandung, ibukota Jawa Barat. 
Cikole, kami datang!

***
Remember Orchid Forest, Cikole?
Ingat dengan ceritaku sebelumnya tentang taman sejuk dan asri yang dipenuhi dengan anggrek dan tanaman sejenis di Daerah Cikole ini?  

I have shared some photos on (almost) Wordless Wednesday Orchid Forest Cikole some times ago where my family and I really had so much fun there.



Dari rencana iseng-iseng main ke Cikole karena suamiku kangen ke hutan pinus tempat dia sering main sepeda dan ber-downhill ria, kami jadi tau kalau Cikole juga memiliki tempat piknik keren. 

Awalnya, kami memang pergi ke Lembang, Bandung untuk menikmati aneka aktivitas seru untuk keluarga di De Ranch, Lembang (ceritanya menyusul ya!). Selesai menikmati De Ranch, suamiku ingin bernostalgia ke Cikole yang memang letaknya tidak terlalu jauh dari Maribaya, tempat De Ranch berada. Saat kami memasuki area Cikole dan membeli karcis, penjaganya bilang kalau di atas ada Hutan Anggrek yang 'banyak spot foto" (demikian kata-kata persisnya si akang tukang karcis dengan logat Sunda yang kental LOL). Karena penasaran, kamipun akhirnya membeli karcis sebesar Rp 30.000,- per orang untuk tanda masuk Hutan Anggrek, dan ekstra Rp 30.000,- untuk parkir mobil.


Welcome!
Hutan Anggrek ini memang baru diresmikan oleh Menteri Pariwisata pada bulan Agustus 2018. Tapi saat kami ke sana, tempatnya cukup ramai dikunjungi. Banyak orang yang mengenakan seragam dan sepertinya datang untuk acara kantor ataupun sekolah. Bahkan suara hiburan dangdut terdengar jelas di berbagai sudut hutan. Sampai anak-anakku juga tanya itu suara apa keras banget :).

Saat masuk, kita akan disambut hamparan Bukit yang hijau dan asri. Ada beberapa rumah pohon di sana sini, lengkap dengan area bermain serta kafe dan restoran yang lucu, karena bentuknya lesehan dan dilengkapi dengan bean bags warna-warni. Juga ada beberapa gazebo yang cantik di tengah-tengah pepohonan.

I love this gazebo..
Mungkin banyak teman-teman yang berpikir bahwa tempat ini akan dipenuhi dengan tanaman anggrek yang beraneka rupa. Awalnya saya juga berpikir begitu. Namun saat masuk ke areal hutan, yang terasa awalnya hanya nuansa hijau dan dara yang sejuk. Saya sempat tanya ke suami, lalu ke petugas yang jaga, anggreknya ada di mana? Ternyata anggrek yang berbunga banyak terletak di orchid house, semacam rumah kaca untuk pembudidayaan anggrek.

Di dalam rumah kaca..

Here, you can go to Orchid House, where you will witness various types of orchids.
Di dalam rumah kaca ini, beraneka ragam bunga anggrek, termasuk yang langka, banyak bertebaran dan mekar dengan indahnya. Saya yang suka warna ungu bahagia sekali karena anggreknya memang hampir semua bernuansa ungu.
Let's take a closer look at them.






Cantik kan?
Apalagi jalan turun menuju tempat ini dihiasi juga oleh bola-bola lumut (tanah berbentuk bola yang ditumbuhi rumput atau lumut) dalam rangkaian tiang cantik berbentuk segitiga. Asli cantik bangeeet! Pokoknya super Instagramable banget. Kita sampai Harms antri berfoto karena banyak yang suka dengan spot ini. 

Aren't they cute?
Belum lagi atraksi  Hutan Kelinci, Kastil Anggrek dan Jembatan Gantung yang juga bisa kita nikmati di areal ini. Nanti aku share ceritanya di posting berikutnya ya.

Melihat tempat cantik seperti ini, sepertinya kami sekeluarga bisa piknik bareng ke sini lagi soon. Aku sempat mengirimkan foto-foto cantik selama di Hutan Anggrek Cikole ke mama dan tanteku. Mereka pun bilang kalau mereka pengen banget main ke tempat ini. Sekalian ajakin sepupu dan keponakan-keponakan yang pasti bahagia diajak piknik ke tempat cantik ini. 

Ini peta tempat Orchid Forest Cikole, Lembang.





Oya, sebelum berangkat ke Bandung, aku dan tanteku sempat kebingungan karena harus menjemput sepupu yang datang dengan istrinya dari Belanda. Waktu itu suamiku sedang kelar kota karena ada urusan. Ini salah satu sepupu kesayangan, soalnya sejak kecil aku sempat ikut mengasuhnya. Walaupun kami tidak seumur, tapi Elmo dan mamanyanya, Tante Mira Boissevan, selalu menyempatkan diri mengunjungi saya dan keluarga, di manapun kami berada. Terakhir mereka mampir ke Jenewa dan New York City juga.  Jadi waktu mereka ke Jakarta, kami jadi excited juga. Elmo Boissevain, sepupuku tercinta, datang dengan Nadin, istrinya yang berkebangsaan Jerman. Mereka tiba dari Bali, setelah cukup lama menikmati pulau dewata yang cantik ini. Mereka akan melanjutkan liburannya di ibukota Jakarta, sambil tentu saja bertemu dengan keluarga besar dan juga ada sedikit pekerjaan yang harus dilakukan Elmo. 

Beberapa pilihan Golden Bird

Aku tiba pagi di bandara dan menunggu cukup lama karena pesawat mereka agak terlambat. Aku berpikir bagaimana ya enaknya kembali ke Jakarta yang nyaman. Apalagi terbayang koper dan banaan mereka yang banyak, termasuk oleh-oleh untukku dan keluarga LOL. Sambil menunggu, akhirnya aku lihat tiket golden bird jakarta online di aplikasi Traveloka dan noting how good the service is, aku pun akhirnya memilihkan jasa ini untuk kedua sepupuku. 

Dan serunya, setelah aku lihat lebih jauh, banyak sekali pilihan jenis mobil golden bird Jakarta yang bisa kita sewa. Selain kendaraan seperti Toyota Avanza dan Innova, pilihan lain yang tersedia antara lain Toyota Camry, Alphard dan Mercedes Benz E200 untuk   jenes premium. Lengkap kan! Belum lagi diskon yang lumayan plus proses pembelian tiket yang relatif mudah sera terpercaya karena kita membelinya lewat Traveloka. So I ordered one Grand New Innova untuk sepupuku. Mereka suka dan berencana untuk menyewa lagi untuk mengantar mereka keliling di Jakarta. Kalau sudah begini, kita semua pasti happy Karena liburan bisa tenang, kerjaan selesai dan jurusan jemput-menjemput di bandara tidak lagi jadi masalah.  




Kalau sudah begini, rasanya ngga sabar untuk bisa liburan bareng-bareng bersama keluarga. Apalagi karena pekerjaan menumpuk dan buat kita penat, harus sering-sering piknik biar bahagia dan bidup seimbang. Mungkin kita akan ajak Elmo dan Nadin main ke Bandung, Lembang, dan sekitarnya juga.



Ada yang tertarik untuk main ke Hutan Anggrek Cikole juga?
Akan ke sini dengan keluarga dan beramai-ramai atau justru mau sendiri?
Whatever your choice, have fun yaaa..






33 comments:

  1. mau banget ke sini mbak, udah masuk list tpkok belum sempat aja ya..
    aku bayangin juga di pohon2 sepanjang hutan ini banyak anggrek liar, keren banget kalau seperti itu ya..

    btw itu karcisnya kok pas ungu gitu sih..
    cantik tiketnya, ntar mau ah kalau jadi ke situ simpan tiketnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iyaaa mba monda.. nuansanya memang ungu semua. Tambah betaah jadinya. AKu pun pikir anggrek liar banyak mba tapi ada beberapa yg ditanam di pohon pinus yang bertebaran. Cuma memang yg berbunga bagus ada di rumah kaca

      Delete
  2. Nuansanya benar-benar alami dan asri ya mama Boo... Bunga anggreknya cantik-cantik juga.. 😍

    ReplyDelete
  3. Cikole ini tempatnya lebih tinggi dr Lembang yaaa, dingin dan sejuk, makanya bunga bunganyaaa tuh indah warna warni yaaaa. Love your picture Mbak, cakeeep

    ReplyDelete
  4. Cakep amaaat tempatnya! Dulu temen sekamar kosku kalau pulkam ke neneknya di Cikole. Dia bilang waktu dulu, enak dingiiin. Tapi mungkin saat itu belum ada Orchid Forest ya, soalnya dia kalau cerita tuh kayak yg ndesooo banget tempatnya. Wah sekarang udah cakep begini, ada tempat rekreasinya segala. Cantiiiikkk :)))

    ReplyDelete
  5. Aku pengiiinn ke Hutan Anggrek Cikole, cantik2 euy anggreknya. Itu koq ya ada bola2 lumut ya, adaaa aja idenya ;)

    ReplyDelete
  6. Wow anggreknya cantik2, pas banget warnanya ungu ya Mama Bo.
    Kalo ke sini penginnya sih ngajak mama, karena mama suka banget dg bunga2.
    Btw itu bola lumutnya terlihat unik yaa :)

    ReplyDelete
  7. Hutan anggrek banyakan warna ungu kesukaan mbak indah

    ReplyDelete
  8. Saya jadi fpcus sama tiket parkir mobil, emang segitu tu harganya? 30ribu? Wah elit banget ya

    ReplyDelete
  9. wah,asik banget. aku sudah daerah berhawa dingin. di Orchid Cikole bunga anggreknya tumbuh subur ya...

    ReplyDelete
  10. Waaaaaah, aku pernah ke Cikole ni Mbak, tapi nggak tahu kalau ada wisata Orchid Cikole ini.... Duh, sayang banget ni kelewatan....

    ReplyDelete
  11. Whoaaa mau main ke sini ah. Baru ngerti di Cikole ada Orchid forestnya.

    ReplyDelete
  12. Cantiknyaaaaa... Asli langsung pengen ke sini juga, nih mba Indah! TFS ya..

    ReplyDelete
  13. Anggreknya cantik-cantiik, Mba, bikin segar mata yang melihatnya. Gitambah udaranya yang sejuk tambah betah deh :)

    ReplyDelete
  14. Waw aku suka sekali dengan wisata alam seperti ini. Sejuk dan indah dipandang. Semoga bisa berkunjung di lain kesempatan.

    ReplyDelete
  15. wah wonderfull forest, i think this place can become one of tourism destination because it will be happy :D

    ReplyDelete
  16. Byuh, kalau mamaku diajak ke sini udah ga mau pulang kalau ga bawa anggrek.
    Apalagi nenekku. Suka banget sama anggrek dan koleksi macam-macam anggrek sejak aku SMP.

    ReplyDelete
  17. Aku suka gazebonya. Model gazebo kerajaan chinese ya..atau kerajaan korea jaman dulu. Baguss... btw, suamiku fans anggrek nih. Kayaknya dia bakalan betah kalo kesini deh

    ReplyDelete
  18. Mupeng bgt ke sini. Anggreknya mana cantik2 lagi ya. Iyaaa.. Bolanya lucu bgt siyy..

    ReplyDelete
  19. 2 kali pernah melewati cikole kalau lagi ke lembang, tapi belum pernah mampir. Ternyata indah ya pemandangannya dan bunganya cantikkk sekali

    ReplyDelete
  20. Aku lihat fotonya jadi baper. Waktu pindah rumah, koleksi anggrek aku hibahkan pada kerabat dan tetangga. Karena rumah yang sekarang gak ada tempat buat naruh koleksi anggrek ku. Berkunjung ke Hutan Anggrek Cikole bakal bikin aku betah deh

    ReplyDelete
  21. Wah, kantor lamaku disebut disini. Ternyata sekarang udah masuk di traveloka ya, kalau dulu harus pesan ke kantornya sih

    ReplyDelete
  22. Padahal aku orang Cimahi deketlah ke Cikole hahaha tapi ga tau ada tempat bagus begini mba :p

    jadi pengen ajakin anak2 ke sini cakep benr deh, ke d'ranch juga dulu pas si sulung masih bayi jadi pengen ke sana lagi ajakin yg bungsu :D

    ReplyDelete
  23. Bunga Anggrek bagus-bagus banget, btw aku juga suka warna ungu mbak insav. Yang menarik perhatian saya memang bola-bola lumut yang ada rumput itu mbak, kreatif sekali tanah bulat dan ada rumputnya, suasananya tempatnya juga adem pasti.

    ReplyDelete
  24. Mbaa, sungguh aku terpesona dengan keindahan bunga angreknya mba. Duh ini kalo nggak salah memang butuh perawatan ekstraya mbaa. Tapi hasilnya memang indah bunga anggreknyaa

    ReplyDelete
  25. Indah banget Mba, seperti namamu yang menyukai anggrek.
    MasyaAllah pengne main ke sana juga. Semoga ada rejeki
    ini dipermudahkan semuanya ya Mba Indah, apalagi membahagiakan kerabat, saudara.

    ReplyDelete
  26. Indah banget Mba, seperti namamu yang menyukai anggrek.
    MasyaAllah pengne main ke sana juga. Semoga ada rejeki
    ini dipermudahkan semuanya ya Mba Indah, apalagi membahagiakan kerabat, saudara.

    ReplyDelete
  27. Ya Allah indah banget tempatnya kak, tempat ku pernah kesini dia foto di Jembatannya malam harj dan ith bagus banget.

    ReplyDelete
  28. Cikole Lembang ini memang indah banget. Sejuk dan nyamannya bikin siapa pun betah. Tapinya aku belom pernah nih ke Orchid Forest. Lebih indah dengan bunga-bunga cantik itu ya...

    ReplyDelete
  29. Btw di rumahku lagi mendung trus aku liat nuansa hutan pinus Cikole di gambarmu jd kebayang udranya yang seger mbak :D
    Wah anggrek2nya cantik2 yaaa. Aaahh jd pengen banget ke Lembang nih mbak Insav :D

    ReplyDelete
  30. Tempatnya bersih dan pemandangannya indah.
    ANakku sering banget fieldtrip ke Cikole, tapi karena Mamanya ga boleh ikut, jadi aku belum pernah.
    Melihat keindahan bunga-bunga yang tumbuh di sana, sekaligus si bola-bola lumut yang manis...

    ReplyDelete
  31. Duah liat anggrek jd miris inget dulu koleksi anggrek..skrg habis deh ga keurus...hiks

    ReplyDelete
  32. Cantiikk bgt itu anggrek Mba, kalo mama diajak kesono pasti betah bgt kyknyaa

    ReplyDelete

Thanks for visiting My Purple World. I am delighted to have you all here :D....
If you like what you read, feel free follow this blog through the button on the right side of the blog and hope you can leave some comments too. Nevertheless, all comments with direct links will be deleted.

Terima kasih sudah mampir ke blog aku ya. Selamat menikmati dan semoga suka. Komentar akan sangat dihargai, tapi link hidup dan spam akan langsung saya hapus ya.

Happy Blogwalking and enjoy 😘