Buku Dongeng Anak Muslim tentang Alam Semesta

Cerita Anak Muslim tentang Alam Semesta by Fita Chakra

"Ma, what is mata air? eyes of the water?"  Obi asked me one afternoon.
Eyes of the water? no, dek. That’s the spring, dek. It’s where the water comes from" I answered with a smile.
"Kalau alam semesta? lanjut Obi.
"The universe, dek.. you know!" This time Bo, Obi's brother, answered the question.
"What are you reading, dek?"
"It's the new book from you, ma. Buku Dongeng Anak Muslim tentang Alam Semesta" Obi answered and read the title of the book out loud, dengan aksen lucu perpaduan bahasa Indonesia dan  Bahasa Inggris.
"Do you like it, dek?" tanya saya kembali.
"I love it ma!" 



Sore itu aku sedang memasak makanan kesenangan anak-anak, semur bola-bola daging. Obi, putri bungsuku, sedang asyik membaca buku di meja makan. Dan kali ini, buku Dongeng Anak Muslim menjadi pilihannya. Sambil membaca, Obi kerap menanyakan berbagai kosa kata baru yang ia baca di buku. Sesekali aku dan Bo, abang Obi, menterjemahkan kata-kata itu dalam Bahasa Inggris. Banyak celetukan lucu saat kami mencoba membantu Obi meneert cerita yang ada di buku ini, Malamnya, Obi lanjut menyelesaikan buku ini di kamar, sambil menikmati ahir pekan kami.

look who seriously finish the book..I guess that's too close, dek :)

Ada yang sudah baca buku Dongeng Anak Muslim?
Aku dan anak-anak sudah!

Buku ini bagus lho, baik untuk anak-anak maupun kita orang dewasa.
Buku karya Fita Chakra ini sangat menarik  karena 10 cerita pendek yang ada di dalamnya jelas tuturkan berbagai fenomena alam dan penjelasannya di Al-Quran, lengkap dengan surah dan ayatnya. Cerita-cerita yang disajikan pendek, tapi banyak pesan baik yang mudah dimengerti,  Selain itu, ilustrasinya juga lucu dan menarik, thanks to Fransisca Ayu, Hilman Makhlufm Lanting Studio dan Maureen Monitan. Oya, Sebagian royalti buku ini juga akan disumbangkan ke Taman Bacaan Masyarakat lho. Keren bangeeet kan?

Salah satu cerita favorit Obi adalah Rahasia Lebah. Obi memang suka dengan lebah yang kalau di gambar, menurut Obi, super cute. Karena memang menggemaskan dengan garis hitam dan kuningnya. Awalnya Obi sempat takut dengan lebah, namun kemudian setelah tau lebih banyak tentang bintang menakjubkan ini, Obi pun tidak takut lagi. Bahkan kita jadi tau beberapa rahasia menarik seputar lebah. Bahkan Al-Quran khusus bercerita tentang lebah di Sarah An Nahl [16]: 68 - 69. 

Mari kita jaga alam sekitar kita..

Lain halnya dengan Abang Bo.
Karena dia suka dengan pesawat, Bo menikmati cerita Pesawat Prince Ramazan yang sarat pesan baik, Beata kita harus selalu belajar, bekerja keras dan tidak mudah putus asa untuk menggapai cita-cita, namun tidak pernah lupa bahwa semua terjadi karena kehendak-Nya. Surah Ar - Rahman [55]: 33 mengingatkan kita semua mengenai kekuatan dan izin Allah SWT. 


Sementara aku suka banget dengan cerita Berbagi Kekayaan Laut
Mungkin karena aku suka banget dengan laut dan keindahan alam di bawah laut yang memang luar biasa. Aku suka dengan cerita dan ilustrasi di bagian ini, Apalagi ada cuplikan surah An-Nahl [16]: 14 yang ingatkan kita akan kekayaan laut yang diciptakan oleh-Nya agar kita cukup dan selalu bersyukur. Dan salah satu cara terbaik untuk bersyukur adalah saling berbagi dengan mereka yang membutuhkan.

Berbagi Kekayan Laut
Masih banyak lagi cerita menarik yang bisa dinikmati dari buku ini

For my kids, Bo et Obi, this book shows interesting part of science related to the Holy Quran. We had fun exploring the natural phenomena on earth, in the sky, under the water, and surrounding us. Really a fun way of learning about the nature and important references in Al-Quran.



Jadi, tunggu apa lagi. Ayo segera dapatkan buku ini ya di toko buku terdekat.
Enjoy the stories!


  

43 comments:

  1. Eyes of the water. Hahaha lucu banget nanya nyaa ^^
    gemaaaaaaaaash

    Ah aku juga suka baca baca buku anak kecil begini, meskipun sudah dewasa. (Biasanya beli buat ponakan,tapi sebelum beli pasti baca dulu)
    Bangga sama buku buku anak kecil, sekarang makin banyak pilihannya.

    ReplyDelete
  2. Aha, buku ini paling cocok untuk anak-anak, agar bisa mengenal sains dengan cara mudah sekaligus akidah agar tahu betapa menakjubkannya ciptaan Allah. Jadi referensi buku yang harus dibaca Palung agar lebih mengenal Allah. Sekarang ini saya berupaya membelikannya bacaan yang bisa memdekatkan anak pada SANG PENCIPTA. Ini pendidikan budi pekerti sejak dini yang sangat disarankan.

    ReplyDelete
  3. Buku memang sarana untuk menimba ilmu yang paling efektif ya mba.. apalagi buku untuk anak-anak.. dengan banyak dukungan visualisasi.. pasti jadi favorit anak-anak.. nah buku alam semesta nih yang juga jadi fav buku anak-anak dirumah.. karena memang visualisasi ruang angkasanya juaraaaa anak anak jadi tertarik ingin tahu lebih banyak lagi

    ReplyDelete
  4. Buku dogeng anak muslim sangat membantu kita dalam mengajarkan pendidikan agama pada anak.

    Dahulu mpo suka baca kisah nabi dan hari akhir. Weuh seram habis baca tapi jadi rajin sholat

    ReplyDelete
  5. Buku kayak gini favorit anak saya mba Indah, dia paling suka baca buku yang ada gambarnya hahaha.

    Beda kayak saya, senang baca buku yang ada tanda kutip atau percakapannya.

    Sekarang banyak ya buku-buku keren yang bagus banget dibaca anak-anak.
    Mengenalkan Tuhan dan Nabi dengan cara yang sederhana tapi lebih mengena :)

    Jadi pengen beli bukunya juga deh :)

    ReplyDelete
  6. Masuk waiting list deh, saya baru aja beli dengan judul mirip cuma genre sain untuk anak terbitan Erlangga, alam semesta, lucu juga model lift the flap gitu.

    Kalau yang dongeng ini sepertinya wajib punya ya untuk anak2 muslim, thanks reviewnya mbak indah ��

    ReplyDelete
  7. Bagus banget ya bukunya, kita jadi bisa mengajarkan anak kebesaran Allah lewat ciptaan-Nya di bumi. Semoga obi makin pinter ya

    ReplyDelete
  8. Aku belum punya seri buku cerita tentang alam nih mba, di rumah masih seputar budi pekerti, rasul dan cerita ringan lainnya. Jadi pengen beliin seri alam ini apalagi juga ada pembahasan ayat Al-quran. InsyaAlloh pengen masuk list buku ini bulan selanjutnya, bulan ini udah beli buku lain buat anak hehehe

    ReplyDelete
  9. Gambar ilustrasi di bukunya bagus dan menarik, anak-anak pasti suka baca buku ini. Btw itu Obi, baca bukunya terlalu deket, karena terlalu asyik & serius tuh baca bukunya haha

    ReplyDelete
  10. Penyampaian ilmu pengetahuan ke anak-anak dengan cara yang menyenangkan ya lewat buku dongeng seperti ini.
    Ilustrasi yang menarik bikin anak akan senang mempelajari alam semesta berdasar pada ajaran agama.
    Jadi mupeng beli buat anak-anak juga

    ReplyDelete
  11. Sama pertanyaannya dengan anak anak saya ketika kami baru saja kembali dari Malaysia. Tears of water? Xixixi air

    Bagus ya bukunya. Memang penting ini untuk anak anak agar tercipta keseimbangan alam semesta

    ReplyDelete
  12. mashaa allah buku dongern anak muslim tentang alam ini pastinya bisa bikin anak kita jadi makin paham dan bersyukur atas semua karunia dari Allah swt ya mba

    ReplyDelete
  13. Kami belum punya nih Mbak. Kayaknya harus beli. Apalagi anakku udah banyak tanya macam-macam tentang alam semesta. Butuh jawaban yang masuk di anak usia 9 tahun.

    ReplyDelete
  14. Anakku demen banget dengan pengetahuan alam semesta, khususnya tentang benda-benda angkasa Mba. Katanya semuanya menakjubkan :)

    ReplyDelete
  15. Kalo udah punya anak, saya wajib masukin list buku yang harus dipunyai. Selain mempermudah cara penyampaian kepada anak, kita pun diingatkan kembali tentang kuasaNYA Allah dalam penciptaan alam semesta ini. Bagus banget bukunya yah mak

    ReplyDelete
  16. Buku dongeng yang wajib dipunya ini mba. Anakku suka banget didongengin gitu. Banyak tanya jadinya kalo udah diceritain

    ReplyDelete
  17. Udah banyak yg bahas buku ini. Anakku jg sempat menunjuk ingin beli buku ini pas di toko buku. Jadi penasaran deh pingin baca langsung isinya

    ReplyDelete
  18. MasyaAllah ini bukunya memberikan ilmu banget ya Mba Indah
    nggak hanya usaha dan kerja keras, tetapi doa-doa
    ada juga ayat-ayat yang melegkapi dan menegaskan dalam buku ini
    wajib dipunyai

    ReplyDelete
  19. Wah, bukunya Fita, ya. Pastinya isinya bagus. Salah satu penulis yang aku kagumi nih Fita ini. Jadi kepengen punya. Mana temanya kesukaan anakku yang nomor 3 pula. Nyari aaah...

    ReplyDelete
  20. Bagus bukunya. Sekarang makin banyak buku anak Islami bergambar yang kontennya bagus dan mudah dipahami anak.

    ReplyDelete
  21. Lucunya Obi, hihi. Sepertinya bukunya menarik bnget buat anak2 ya mbak. InsyaAllah mau belikan juga buat si bungsu Rara yang lagi seneng-senengnya baca

    ReplyDelete
  22. Ya Allah, bagusnya. Rabu besok aku mau kr pameran buku, Mbak. Buku ini bisa jadi referensi nih. Semoga saja besok nemu.

    ReplyDelete
  23. Tertarik pengen belikan buku dongenv anak muslim ini untuk si Bunay. Thanks fir rekomendasi bukunya mbak. Nanti saya coba cari bukunya kalau ke Toko buku atau gramedia.

    ReplyDelete
  24. Bagus bukunya, jadi pengen beliin juga buat Vito deh. Hehehe. Makasih rekomendasinya ya Mba Indah. Obi pasti suka banget.

    ReplyDelete
  25. AKu dah punya bukunya mbak, kapan hari datang ke acaranya launchingnya pas di gramedia Depok :D
    Bukunya bagus dan sepertinya bisa jd cara mudah menjelaskan mengenai alam ke anak2 gtu :D
    TFS

    ReplyDelete
  26. jadi penasaran pengen baca buku ini juga lalu menceritakannya ke anak-anak nih Mbak.
    kayaknya banyak yang suka cerita Rahasia Lebah itu yaah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk kalau penasaran dibeli mbak Diah hehe :D
      Udah ada di semua gramedia di seluruh Indonesia katanya, beli online jg bisa :D

      Delete
  27. Di rumah aku punya beberapa karyanya Fita Chakra, dan semuanya bagus.
    Klo yang buku alam semesta ini pas banget sepertinya buat anak TK yang lagi tahap kritis2nya ya mna...

    ReplyDelete
  28. Wkwkwk.. Anakmu mba lucu banget. Eyes of the water katanya. Pengen nyubit2 pipi deh aku jadinya. Haha. Bukunya Fita Chakra ini mmg bagus2 ya mba. Edisi yg ini kyknya keren. Bikin mau beli jg. Ngebahas alam semesta sm anak ga ada habisnya soalnya ya, jd selalu seruu.

    ReplyDelete
  29. Bagus bukunya mba, ini semacam buku-buku bekal nanti kalau pas aku udah punya anak lalu ditanya macem-macem bisa jawab haha. Pengen punya juga deh :D

    ReplyDelete
  30. Sepertinya bukunya menarik sekali ya, Mama Bo et Obi ��
    Bahkan kita yang dewasa pun bisa menikmati buku ini dengan asyik. Pengen beliin buat anak-anak ☺️

    ReplyDelete
  31. hihihi ada yg ngumpet di balik buku :D
    bukunya mak fita emang selalu keren yaa

    ReplyDelete
  32. Wah... Jadi penasaran sama buku dongen anak muslim yang ini, ini beli di Gramedia adakan ya mbak? Atau ada pemesanan khusus?

    ReplyDelete
  33. Aku udah punya buku ini Mam, memang bagus banget dibaca anak-anak sembari memahami betapa hebatnya semua ciptaan Allah yang tersebar di alam semesta ini.

    ReplyDelete
  34. bukunya menarik ya, mba...dari gambar dan tata letaknnya aja pasti anak-anak udah tertarik dan pengen baca :)

    ReplyDelete
  35. Dengan banyak membaca, selain bisa menambah kosa kata baru, kita juga bisa menyisipkan nilai-nilai yang baik melalui cerita ya, Mbak

    ReplyDelete
  36. Duh, bukunya bagus banget ya. Anakku pasti suka nih. Bukunya mendidik tetapi juga srkaligus memghibur lewat gambar-gambarnya.

    ReplyDelete
  37. Buku dongengnya bagus mba, anak-anakku pasti senang puya buku seperti ini. Aku mau cari buat anak-anak yang senang baca dongeng.

    ReplyDelete
  38. Setuju banget, kak Insav..
    Anak-anak mengenal Al-Qur'an melalui kisah-kisah amazing yang ada di sekitarnya.
    Dan aku rasa, ini yang paling mengena.

    ReplyDelete
  39. Ini buka emang bagus banget mba. Banyak yanf ngerekomendasikan buku ini

    ReplyDelete
  40. Dear Obi and Bo, happy reading! Hope you like it. :)

    ReplyDelete
  41. Buku karya Fita ini bagus banget ya. Anakku yang bungsu belajar banyak dari buku ini. Dibaca berulang kali :)

    ReplyDelete

Welcome! Thanks for visiting My Purple World. I am delighted to have you all here in my blog.
If you like what you read, feel free follow this blog through the button on the right side of the blog and hope you can leave some comments too. Nevertheless, all comments with direct links will be deleted.

Terima kasih sudah mampir ke blog aku ya. Selamat menikmati dan semoga suka. Komentar akan sangat dihargai, tapi link hidup dan spam akan langsung saya hapus ya.

Happy Blogwalking and enjoy 😘