Why I Love Blogging

Why I love blogging so much :)

Why blogging?

Or perhaps... Why I love blogging so much and can't get enough of it?

That's more like it!
And that's the first question I got for #BPN30dayChallenge and I just love to answer that.

Kalau bicara soal blogging, saya suka senyum-senyum sendiri.
Kenapa senyum-senyum sendiri?
Karena ada banyak cerita dan kenangan manis, plus teman-teman keren dan segudang manfaat lainnya, yang saya dapat sejak saya menasbihkan diri sebagai blogger!


Pic: pixabay

Kenangan saya kembali ke tahun 2013 saat saya bergabung di ASEAN Blogger Festival Indonesia.

Teman-teman ada yang sempat ikutan juga?
Well, saat itu lebih tepatnya saya bertugas sebagai salah satu wakil dari Direktorat HAM dan Kemanusiaan, Kementerian Luar Negeri,  untuk sharing dan berikan paparan tentang kebebasan berekspresi dan kaitannya dengan dunia blogging serta menjadi MC untuk acara pembukaan dan beberapa segmen lainnya. 
Saat itu saya masih polos.
Super polos bahkan, when it comes to blogging.


Although I have zero, - or even minus- experience on blogging, I was so intrigued to join this gathering and met those famous bloggers.
And surprisingly, with the permission from my superior, I decided to join this event, participated by around 250 bloggers, from all over ASEAN countries, gathered in a beautiful city of Solo, the spirit of Java!
Then from that moment on, perjalanan panjang penuh warna saya menjadi seorang blogger pun dimulai.

Mungkin banyak orang yang bertanya, blogger itu apa sih?
Kegiatan blogging itu seperti apa?
Dan apa untungnya menjadi blogger?
Bahkan teman-teman saya banuak sekali yang berkali-kali bertanya pada saya kenapa masih setia ngeblog di tengah kesibukan saya yang layaknya tumpukan cucian tidak disetrika berbulan-bulan. Bejibun! 

Why am I blogging?
That's the one-million-US-dollar question!
Dan ini jawaban versi My Purple World, mama Bo et Obi

Blogging itu seru dan 'menyehatkan'

Sering baca blog yang isinya curcol namun penuh pesan baik dan semangat untuk move on?
Atau baca blog yang berkeluh kesah tentang capeknya menjadi ibu rumah tangga dan berujung dengan sharing tips untuk memasak enak dan cepat serta membereskan rumah hingga kinclong? 
Atau kisah perjalanan yang penuh inspirasi atau pun konyol karena banyak kejadian lucu yang terjadi dan diakhiri dengan ajakan open trip dan kopdar bareng?
That's the beauty of blogging!

Buatku, blogging itu laksana sesi yoga atau Zumba yang sukses membuat saya berkeringat penuh semangat. Bikin sehat!
Awal mula saya suka blogging karena saya suka banget cerita.
I have so many stories to share!
Dan setelah ngobrol banyak dengan teman-teman maupun keluarga, ternyata banyak yang mau dan tertarik mendengarkan cerita saya, entah kenapa :).
Bukannya GR ya, tapi mungkin pengalaman hidup yang warna-warni membuat saya pernah menjalani banyak hal. Not always the good one, some bad and painful experience also enrich my life and make me who I am now.

Blogging membuat kita terus berpikir, memproses berbagai informasi yang masuk dan mengambil pelajaran darinya. Tentunya informasi bermanfaat bukan hoax ya.
Blogging membuatku berpikir positif dan konstruktif, serta terus menggali berbagai ilmu dan pengetahuan yang pada akhirnya membuat proses self development kita berjalan dengan baik.
Blogging bahkan menjadikan kita pribadi yang toleran dalam menerima pendapat dan masukan dari orang lain yang kerap berbeda, serta kritis terhadap informasi yang diterima.
Dengan 'latihan' yang intensif seperti ini otomatis kita pun akan 'sehat' jiwa dan raga kan!


Blogging sangat membuka wawasan dan pengetahuan

Salah satu manfaat utama yang kita rasakan saat ngeblog maupun blogwalking dan baca blog teman-teman adalah makin terbukanya wawasan dan pengetahuan saya, literally almost on everything!

Kalau bukan lewat blog, mana saya tau penggalan surga dan aneka tempat hits di berbagai pelosok Indonesia dan bahkan dunia yang menarik untuk dijelajahi; or jajanan dan resep-resep terkini yang membuat saya sibuk menelan ludah karena ngiler berat saat membukanya. Atau berbagai tips dan tricks bagi ibu muda, ibu menyusui, ibu dengan anak remaja, ibu dengan anak kecil, ibu bekerja dan masih banyak lagi, plus aneka tips untuk menjaga keharmonisan rumah tangga. Belum lagi berbagai inisiatif anak negeri yang benar-benar inspiratif dan membuka mata kita semua. Dan juga istilah-istilah muktahir yang dipakai teman-teman netizen sampai joke-joke terakhir yang bikin mesem-mesem. Selain itu, saya juga terpapar dengan berbagai technicalities mengenai blog itu sendiri, mulai dari teknik SEO yang mumpuni sampai driving traffic ke blog kita. 
Pokoknya, makin sering blogging makin pintar rasanya!



Blogging menambah banyak teman

Ini salah satu berkah blog yang paling saya nikmati.
Tambahan teman yang tidak sedikit dan menyenangkan hati.
Lewat blog, saya jadi punya banyak teman baru di tanah air maupun di belahan dunia lain yang kerap saya kunjungi blognya. 
Dan percayalah, teman itu salah satu harta berharga yang ada di dunia, jadi jangan disepelekan. 

Teman-teman blogger pun terbukti asyik di dunia nyata, bukan Hanna di dunia maya or dunka blogging. Saat saya berkunjung ke satu tempat, biasanya saya usahakan untuk bisa bertemu atau kopdar dengan teman-teman blogger. Terakhir ke Jogjakarta, saya sempat ketemuan dengan banyak blogger perempuan keren di sana. Bahkan di New York City, saya pun kopdaran dengan teman-teman blogger yang sedang mampir di the Big Apple. Bahagianya  tuh poll buangeeet bisa ketemu mereka.

Blogging menjadi sarana ekspresi dan aktualisasi diri 

This is another thing I love about blogging.
I feel like I can express myself clearly and do more in ensuring that I live to my potentials.
Lewat blogging, saya jadi tau dan semangat untuk mengerjakan hal lain yang saya sukai, tapi tidak bisa sella saya lakukan saat bekerja or bertugas. Sebagai seorang punggawa bangsa memang banyak masa di mana saya harus menempatkan diri dengan baik. Padahal saya punya sisi lain yang fun dan bahkan cenderung 'nyeleneh' hehehe.
Those sides of me can be actualised in my blog and I'm so happy to be able to do so.

Bahkan gara-gara ngeblog saya baru sadar kalau saya misalnya punya passion di bidang fashion, khususnya wastra Nusantara, dan juga beauty
Dulu saya ngga kebayang bakal review aneka macam lipstik favorit lho..soalnya kan aku tomboy abis! Tapi ternyata, time changes and so do I :)

Blogging bisa 'menghasilkan'

Kalau ini memang bukan rahasia lagi.
Blogging benar-benar bisa menghasilkan.
Bahkan beberapa waktu belakangan ini, saya melihat dunia blogging banyak dilirik oleh berbagai pihak karena dianggap menjanjikan dari segi materi. Dan di sini kita bicara mengenai uang dalam jumlah yang tidak sedikit plus aneka produk gratis, kesempatan jalan-jalan gratis, mencoba restoran dan hotel gratis, sampai hair di berbagai kegiatan sera yang juga bisa melibatkan keluarga. Belum lagi ketenaran sebagai blogger kondang yang ditanggap sana-sini karena sukses dengan blognya.

Buat saya, blogging tambah seru karena berbagai bentuk apresiasi seperti yang disebut di atas. Saya sendiri suka menerima blog post dengan bayaran Rupiah maupun US dollar, maupun aneka produk gratis yang saya suka. 

Tapi jangan lupa yaaa...mencari materi idealnya tidak menjadi tujuan utama kita nngeblog, in my humble opinion. Blogging idealnya menjadi sarana untuk berbagi hal baik  dan berzah  tutama lewat tulisan kita. Walaupun saya pribadi lebih banyak menolak sponsored post karena saya memang tidak sempat (baca; malas :)) dan tidak selalu mood untuk menulis satu tema yang sudah ditentukan, tapi saya senang melihat teman-teman yang banyak mendapat rezeki dari blogging.

Kalau sudah begini, blogging tambah menarik kan!

Blogging menjadi terapi jiwa 

Ada masa di mana blogging buat saya menjadi lebih dari sekedar platform untuk berbagai cerita,pengalaman, atau sekedar foto dan resep terkini serta lipstick favorit.
Blogging terbukti menjadi terapi jiwa! Ini saya rasakan saat saya tengah menjalani 16 kali kemoterapi dan rangkaian pengobatan yang saya lakukan sejak didiagnosa sebagai pengidap kanker payudara di pertengahan tahun 2014.

Blogging menjadi terapi jiwa untuk saya yang kesehatannya tengah terpuruk akibat proses kemoterapi yang saya jalan cukup lama. Supaya tidak down karena kondisi badan yang super duper ngga enak dan kondisi letih yang tidak memungkinkan saya mondar-mandir superti biasa, blogging membuat saya semangat untuk lekas sembuh dan kembali ke kondisi sedia kala. Thanks to blogging, saya bisa tétap mengikuti berbagai perkembangan terkini dan bahkan bisa berbagi tentang segala proses pengobatan yang saya jalani serta ternyata membawa manfaat bagi banyak orang yang tengah berjuang seperti saya.

Blogging menjadi terapi jiwa? Bisa banget!

Blogging takes me to places

Gara-gara blogging, my itchy feet pun makin merajalela dan membuat saya dan The Frakarsas, my blessed petite famille, makin semangat melanglang dunia. 
Saya jadi ngga bisa diam di rumah karena ke mana pun kita pergi pasti bisa menjadi bahan tulisan di blog LOL.  Setiap ada tempat baru atau saat pindah ke negara baru, kami pun semangat untuk menjelajahinya dan membaginya di blog. Alhamdulillah, satu per satu doa kami untuk mengeksplorasi bumi ciptaan-Nya pun dikabulkan. Hasilnya? baca di blog www.indahnuria.com ya.

Apalagi suamiku juga kan seneng banget fotografi...jadi bener-bener klop untuk aku yang suka berbagai cerita dengan ditunjang foto-foto cantik!  Beberapa kali saya pergi ke suatu tempat karena predikat blogger saya juga lho. Saya yakin, one day, saya akan pergi menjelajahi dunia lebih jauh lagi karena profesi saya sebagai blogger.
Ngebayanginnya aja udah asyik ya!

Blogging makes me happy!

Perhaps that's the most important part!
Ngeblog bikin saya super bahagia!

Saya masih belum tau persis kenapa tapi mungkin perpaduan kesenangan berbagi cerita dan rekam jejak perjalanan hidup, dipadu interaksi seru dengan teman-teman dan aneka kompensasi yang saya dapatkan dari ngeblog yang membuat saya makin cinta blogging. 
Plus aneka manfaat yang saya dapatkan, seperti dituliskan di atas.
Yang pasti, seperti layaknya cinta, I just can't explain why I love blogging but I DO feel that I love it sooo much! Dan kalau sudah cinta, pasti kita akan semangat menjalaninya kan?


pic; pixabay

You see, with all the benefits I have mentioned above, you know why I love blogging so much. 
How about you?
Do you love blogging as well?
What makes you like it?


So, for sure, in so many occasions, I proudly introduce myself.
Nama saya Indah Nuria Savitri dan saya seorang blogger!

see you on the next post!



48 comments:

  1. What a happy post.
    Blogging punua banyak banget efek positif yang menyenangkan yaa. Aku setuju sama semua poin yg mbak tulis.
    Keep spreading the good ambience mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you and I hope you enjoy your blogging experience as well

      Delete
  2. So many benefits we can get from blogging y, mbak
    :)

    ReplyDelete
  3. I started blogging at first to keep a modern day baby book for Isaak 10 years ago. It's become so much more than that.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Indeed Alissa.. I started it as my journal and look at it now ;)

      Delete
  4. Ah aku belum pernah merapel berapa banyak benefit yang didapatkan dari menjadi seorang bloger. Semoga drakor yang menceritakan tentang bloger selalu mengambil sisi-sisi positif ya.
    *Eh ini komen kenapa malah mengarah ke drakor ya? hmmm

    ReplyDelete
  5. Mbak Indah ini kan orang sibuk, ya. Kadang-kadang saya suka penasaran dengan segala kesibukannya masih aktif ngeblog dan blogwalking. Dari tulisan ini sepertinya saya mendapatkan jawaban. Mungkin karena blog sudah menjadi passion juga. Semoga tebakan saya gak salah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul bangeeet mba.. rasanya ada yang kurang kalau ngg ngeblog hehehe

      Delete
  6. iyesss setuju mbak, meskipun kadang kalau di dunia nyata aku masih malu malu mau bilang kalau aku blogger

    ReplyDelete
  7. duh, kalau ngumpul sama blogger tuh berasa sedang berada di ladang ilmu. mereka banyak sekali yg bisa dibahas. apalagi menyangkut penulisan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul bangeet mba.. aku pun rasanya seneeeng banget ketemu mereka

      Delete
  8. Blogging makes me happy too. Hehehe iya ternyata banyak alasannya kenapa jadinya ngeblog bikin happy termasuk jadi tau blog mba indah ini

    ReplyDelete
  9. betul yah mba, BW ini makin kena' banget ke saya, saya jadi banyak pengetahuan loh. biasanya kita googling karena pengen tahu, ini tanpa googling tapi BW yang jadi gak tau jadi tau.. duhhh.. banyak banget manfaatnya dan saya bangga jadi blogger.

    ReplyDelete
  10. Setuju dengan pernyataaan bahwa blogging is a therapy! Kalau buat aku therapy dari drama di kantor mba hehehehe. Semoga sehat2 terus mba! :)

    ReplyDelete
  11. Dari blogging aku banyak mengenal inspiring people, salah satunya mba Indah :)

    Oh ya, semenjak jadi blogger aku juga jadi melek teknologi, melek drakor, melek urusan skincare, aah i love blogging so much :)

    ReplyDelete
  12. Kalau aku pertama kali bikin blog karena ada tugas KKPI waktu jaman masih SMK tahun 2011. Setelah itu nggak pernah ngeblog sama sekali. Baru akhir-akhir ini mulai rajin nulis di blog. Mbak Indah keren banget walaupun sibuk banget tapi masih tetep bisa ngeblog.

    ReplyDelete
  13. Waktu ASEAN Blogger aku belu bisa pergi2 jauh mbak, soalnya Alvin masih kecil

    ReplyDelete
  14. Setuju mba menjadi Blogger bisa membuat saya happy. Entah kenapa menulis blog dan blogwalking membuat mood saya bisa berubah happy.

    ReplyDelete
  15. Frankly speaking blogging makes me stay "young at heart" and senility doesn't touch me at my earliest time. Thanks to Allah, that's due to the blogging activity. I agree with you, Indah, blogging makes us happy.

    ReplyDelete
  16. aaaahhh.... baca ini kok entah kenapa hatiku senang aja gitu ya hihihi...
    happy blogging mba :)

    ReplyDelete
  17. several times come to this blog, I think this is the longest writing that you made, Mbak.. and I really believe that you really love this activity. happy blogging, Mbak :)

    ReplyDelete
  18. Iyesss mba, blogging itu memang seru dan menyehatkan ya, hahaaa

    ReplyDelete
  19. Salut banget dengan mba Indah, kegiatannya padat banget, selalu tugas wara-wiri jauh,tapi tetap aktif ngeblog, nulis blog dan blog walking, keren banget, deh

    ReplyDelete
  20. Setuju banget kalau ngeblog tuh memang membuka wawasan banget. Banyak informasi apapun bisa aku peroleh dari ngeblog. Dan hebat mba Indah maish tetap ngeblog walaupun sibuk kerja :)

    ReplyDelete
  21. Blogging jd sarana terapi jiwa, iyaa, aku merasaman bgt manfaat yg inii

    ReplyDelete
  22. Aku bangga banget jadi blogger mbak, wawasan jadi luas..ibarat buku blog itu jadi jendela dunia. Sayang nya kalau tetangga nanya kegiatan ku apa dan aku jawab aku blogger banyak yang nggak tahu blogger itu apa :)

    ReplyDelete
  23. Aku juga sejak ngeblog jadi suka dandan dan pakai baju cantik. Dulu mah sebodo amat wkwk...

    ReplyDelete
  24. blogging itu menyehatkan du du duh, iya banget Mbak. Kalau saya menemukan artikel yang mengulas tentang kesehatan, mau ndak mau saya juga pasti terinspirasi dong untuk lebih memfokuskan kesehatan. Apalagi di blog Mbak Indah ini, menyehatkan mata bangeeet, banyak foto-foto menarik tentang perjalanan yang dilakukan oleh Mbak Indah

    ReplyDelete
  25. Blogging itu seru dan menyehatkan! Setuju banget..suka kangen n berasa ada yg kurang kalau nggak ngeblog / blog walking..hehe... Salam semangat, mba Indah..

    ReplyDelete
  26. Alhamdulillah ya, Mbk Indah. Ada banyak manfaat yang dapat diperoleh dari ngeblog. Dan karena hal ini juga yg bikin nggak bisa berhenti ngeblog.

    ReplyDelete
  27. Mama Bo aku juga nih merasa beruntung banget kenal dunia blogging. Bisa ketemu banyak temen hebat dan merasa bermanfaat meskipun cuman untuk diri sendiri

    ReplyDelete
  28. Setuju dengan semua alasan yang mba utarakan.
    Karena blog aku tentang Beauty, aku jadi harus baca baca jurnal dulu sebelum ngetik, apalagi saat bahas skincare.

    ReplyDelete
  29. Saking sehatnya, saya terkadang bingung mau rebahan karena terlalu bersemangat untuk nulis, haha

    ReplyDelete
  30. Barokallah ya mba Indah, dengan ngeblog, blogging mendatangkan hal yang nggak pernah kita sangka-sangka. Jalinan silaturahmi yang indah, apalagi adanya blogwalking jadi mengenal satu sama lainnya. Berkah banget

    ReplyDelete
  31. Waaw~
    I totally agree with those point.

    Terlebih saat mba Inda bilang...
    "Sejatinya menulis bukan hanya materi semata"

    Nyeess...
    Rasanya berasa disiram air dingin.

    So Wise.

    ReplyDelete
  32. bener banget, ada segudang manfaat blogging yang kalau diungkapin semua rasanya ga selese 1 tulisan ya makk, hehe. Keep blogging!

    ReplyDelete
  33. Just the same as you mentioned, Mam, I love blogging with all these reasons ;) I'm a super happy blogger.

    ReplyDelete
  34. Saya setuju bagian mencari materi sebaiknya gak dijadikan tujuan ngeblog, namun kyknya skrng banyak org tertarik ngeblog krn hal itu. Sbnrnya gak salah, cuma sebaiknya didahului dengan semangat berbagi dulu, bukan sekadar menuntaskan kewajiban, insyaAllah rezeki mengikuti (walau gak melulu berupa uang :D )

    ReplyDelete
  35. Sukaaaa banget bacain cerita tentang why blogging dari teman-teman blogger.Jadi ketularan semangatnya, dan tentu saja happy nya ya Mba!
    Thanks to BP for #BPN30DayChallenge :)

    ReplyDelete
  36. Setuju mbaaa sekarang makin suka karena ketemu banyak teman yg punya hobi sama

    ReplyDelete
  37. Betul mbak, ngeblog bisa menjadi aktualisasi diri. Sehingga skill yang kita miliki bisa diaktualkan lewat tulisan. Syukur kalau tulisannya bermanfaat akan berkah hingga akhirat.

    ReplyDelete
  38. iya sepakat. aku juga nggak pernah nyesal memilih untuk menjadi blogger karena ternyata menjadi blogger itu menyenangkan banget dan banyak memberi manfaat buat aku.

    ReplyDelete
  39. dan lewat blogger aku bisa kenal banyak orang juga, termasuk dirimu Indah. dan juga embak ceria... lalu dapat lipstik gratis akibat kuis2 seru yang kita adain. semua itu karena aku seorang blogger.

    ReplyDelete
  40. Blogging gak ada matinya yaaa Mbak, kayaknya dengan ngeblog kita udah dapatin paket lengkap apa saja yang kita inginkan :D

    ReplyDelete
  41. I love blogging because of the wonderful people I have met over the years. It also challenges me to learn new things, and that keeps me on my toes.

    ReplyDelete

Thanks for visiting My Purple World. I am delighted to have you all here :D....
If you like what you read, feel free follow this blog through the button on the right side of the blog and hope you can leave some comments too. Nevertheless, all comments with direct links will be deleted.

Link hidup dan spam akan langsung saya hapus ya.

Happy Blogwalking and enjoy 😘