Combro - Spicy Tempe and Grated Yucca Fritters

Haloooo.. Apa kabar semuaaa?
Bagaimana liburannya?
Semangat tahun baru, semangaaat juga beraksi di dapur :).

How's your winter break?
I sincerely hope you all have a wonderful time with your loved ones.
And now we better get ready for brand new days with renewed spirit and determination!
To a fabulous 2016 :)

And I guess, one of my (silent) resolutions for 2016 is bringing more Indonesian tradisional food and recipes here in my blog. I do wish I can fulfill that :). 


And to start with, today I have Combro, spicy tempe and grated yucca fritters :).
Combro with C, not K.
One of my favorite all-time favorite, mood-lifting, comfort food :). I know, I have a looooong list of favorite munchies and more than happy to share it with you all.

Kalau di Indonesia, beli combro memang gampang aja. Saya ingat kalau selalu punya andalan tukang gorengan yang buat combro enak di mana pun berada. Di Lampung, di Jakarta, bahkan di kantorku. Tapi memang makin lama makin susah dan makin sedikit yang jualan combro. Mungkin karena membuatnya relatif lebih ribet dibandingkan bakwan, cireng atau tahu isi ya? Atau oncom dan singkong makin mahal harganya? Hmmm. Perlu survey lagi nih :).

Combro, or the abbreviation of oncom di jero, or oncom inside in Sundanese, is believed to be originated from West Java.  The authentic combro is using oncom, or fermented soybean leftovers, which is a common staple food in Indonesia. But since we don't have oncom in NYC, I use tempe, another Indonesian traditional ingredient, that you can easily find here in the USA. Since both are made of soybeans, they have similar taste and perfect for this recipe.

Berhubung oncom ngg ada di NYC (sampai sekarang belum ketemu yang jual oncom di sini hehe), jadi isi combronya kita ganti dengan tempe ya. Rasanya enak jugaaa kok :).

Here are the ingredients:

Cassava or yucca - 2 big ones, grated
Tempe - 1 package, beaten or cut into small cubes
Chilies - 2 or 3, depending how spicy you want it to be, if desired
Onion - medium 1, thinly sliced
Shallot - 1,  thinly sliced
Garlic - 2, crushed
Vegetable oil for frying
Salt, sugar and pepper - as desired
Coriander powder - if desired

Bahan-bahan yang dibutuhkan tidak banyak kok, hanya singkong, oncom atau tempe sebagai pengganti, bawang merah, bawang putih, cabe, garam, gula dan lada untuk membumbui. Plus minyak goreng untuk menggoreng.

How to cook:

First, we get the filling ready. Put the thinly sliced onion and shallots plus crushed garlic on a hot skillet, cook them until fragrance and put the chilies and tempe then saute it. Put it aside and let it cool.

In a mixing bowl, put the grated yucca or cassava, salt, pepper, a bit of sugar and coriander powder (if you like) and mix them well. Then get a spoonful of the mixture, flatten it in your hand, put a teasponful of filling then cover it with the mixture and shape it oval or as desired. then the last thing to do is deep fry it until golden brown. And Combro is ready :). Feel free to eat it with fresh chili or hot sauce if you like.

ready to eat Combro :)
Memasaknya juga super gampang.
Pertama kita siapkan dulu isinya. Tumis bawang merah, bawang putih dan cabe hinga matang dan wangi, campur tempe dan jangan lupa bewi garam, sedikit gula, lada dan bubuk ketumbar kalau suka. Saya suka bangeeet dengan ketumbar karena wanginya khas :). Setelah isi jadi, tiang siapkan adonan singkong yang telah diparut dan juga diberi sedikit garam. Bentuk oval dengan tempe atau oncom di tengahnya dan rapikan bentuknya. Lalu tinggal digoreng deeeh :). Dan combro hangat siap dinikmati, apalagi jika ditemani cabe rawit segar dan teh hangat. Aaah bahagiaaa judulnya.

Dan kalau melirik jam dinding, proses membuatnya juga cepat kok. Less than 1 hour, ngga sampai satu jam. Oke kan :)

Hope you enjoy Combro, the spicy tempe and grated yucca fritters, as much as I do and happy cooking.

41 comments:

  1. kreatif juga ya mbak oncomnya di ganti tempe, tapi itu masih satu keluarga kedelai kan hehehe jadi rasanya mirip lah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya beneeer..abis oncom ngg ada dis ini :)

      Delete
  2. Mbak Indah bisa bikin combro tempe ini buat kasih ke teman-teman di sana ya. kalau orang sana suka gak sih combro mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. temen-temen lokal banyak juga yang suka kook mba..soalnya yucca alias singkongnya orang latin juga suka dibuat aneka kreasi makanan :)

      Delete
  3. Combro itu makanan sederhana namun gurih dan enak banget ya Mba, gak ngebosenin di lidah.. Btw, keren deh Mba Indah biarpun di negeri orang tetep aja gak lupa masakan Indonesia dan bikin sendiri pula.. sip..sip..

    ReplyDelete
  4. Wuih, kreatif sekali Mbak Indah. Kagum sama semangatnya mengenalkan cemilan Indonesianya. Ngiler juga saya lihatnya :-9

    ReplyDelete
  5. Dirimu sempat aja. Great mom. Hayo jualan combro di NY. Kasih merk biar kyk cupcakes hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus disempetin mbaaa....kesukaan soalnyaa :)

      Delete
  6. kebayang bahagianya bisa bikin combro disana mak hehe...

    ReplyDelete
  7. Combro, makanan mahal di sana kayaknya yah. Hihihi mahal karena susah beli nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa...makanya kalau buat serius ajaah hehehehe

      Delete
  8. kesukaaan saya jg nih mba, mba Indah pake tempe ya isiannya??? rasanya gmn mba?? sy biasanya sekalian bikin missro yg isinya gulmer buat anak2. klo comronya buat emak bapaknya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. rasanyaaa enak bangeeeet :)..yang misro anak-anak suka juga :)

      Delete
  9. eeh iya ya, di NYC org pd kenal oncom ngga ya, wkwkwk... klo isi diganti tempe, jadinya tempro doong :p

    ReplyDelete
  10. Mbak Innn, gak usah jauh-jauh di NYC, di Surabaya aja gak ada oncom hehe.. Saya yang tinggal di Indonesia ini, makan combro pas di Bandung. Sekali aja makannya. Dan ternyata enaaakkk hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanyaaa mbaaa...enak bangeeet ya rasanyaaa hehehe

      Delete
  11. These sound so good! I want to try it.

    ReplyDelete
  12. These look so good! I am really looking forward to more of your Indonesian food features here!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wish me luck so I can come up with more and more recipe :)

      Delete
  13. Hidup di NYC kangen makanan khas Indo juga ya mbak, emang bikin ngangenin makanannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bangeeet kangennya hehehe...makanan Indonesia memang juaraa deh..

      Delete
  14. jadi pengen ke Bekasi banget jadinyaaa


    di Kesesi nggak ada inii :(

    ReplyDelete
  15. Belum pernah cobain Combro :( Eh tapi kalau diperhatikan, makanan dari Jawa Barat ini emang pada disingkat gitu ya namanya :D Combro,Cilok,Cimol,Batagor,Cireng.. terus apalagi ya? Saya tau namanya aja, makannya gak pernah.

    ReplyDelete
  16. combro..salah satu makanan kesukaan mertua-ku, beliau bahkan membuatnya sendiri kalau lagi pengen makan combro....
    maaf baru sempat mampir ke blog super keren ini, keep happy blogging always, salam dari makassar-banjarbaru :-)

    ReplyDelete
  17. aku curiga besok besok ada yang buka kantin ngopi ngopi cantik or ganteng di NY

    ReplyDelete
  18. Nyari oncomnya dimana? Toko orientalkah?

    ReplyDelete
  19. What a great use of yucca which my family loves to eat. Never thought of using it in fritters. Thanks for sharing & co-host wonderful Wednesday.

    ReplyDelete
  20. It is really a nice and useful piece of information. I am glad that you shared this helpful information with us. Please stay us up to date like this. Thank you for sharing.www.businessinthornton.net |

    ReplyDelete
  21. Thanks so much with this fantastic new web site. I’m very fired up to show it to anyone. It makes me so satisfied your vast understanding and wisdom have a new channel for trying into the world.businessinthornton |

    ReplyDelete
  22. ngomong - ngomong combro itu bhs inggrisnya apa ya ... orang bule banyak yang suka lho

    ReplyDelete
  23. wahh,,enak nie combronya, jadi pengen nyoba buat dirumah. buat suami deh dirmh..heheh nie namanya tips terkini banget soal masakan

    ReplyDelete

Soooo happy to have you all here :D....
Thanks for visiting my blog and feel free to comment but all direct links will be deleted.

Link hidup akan langsung saya hapus ya.

Enjoy!