And I'm a fighter...

Hidup memang penuh dengan misteri...


Kokak, panggilan sayang kami untuk kakek dari pihak papa, punya suara yang serak-serak basah. Khas sekali. 

Ketika kecil, kami yang hidup dekat dengan kokak seringkali merasa ngeri kalau mendengar kokak bicara. Karena terkesan galak...ditambah dengan profesi kokak yang memang tentara, anggota Angkatan Darat. Salah satu anggota barisan pejuang kemerdekaan RI yang turut bergerilya dengan Pak Karno dan para pejuang lainnya di tanah Jawa.

Indah kecil selalu ceriwis bertanya. Kenapa kokak suaranya serak seperti itu? sementara kok papa suaranya bagus dan pinter nyanyi? 
Beragam jawaban didapat...Karena kokak pernah dioperasi..karena kokak perokok berat...karena kokak terkena kanker pita suara. 
Dan layaknya anak kecil, pertanyaan lanjutan pun muncul..
Kanker itu apa? kenapa bisa begitu? apakah kokak sudah sembuh dari kankernya? terus kita bisa ketularan ngg? can we live with it...


Berpuluh tahun kemudian, Indah kecil - yang tidak lagi kecil dan telah tumbuh dewasa - kembali mendengar penyakit yang lama terlupa di keluarga besar yang lebih familiar dengan riwayat diabetesnya.

Kanker...

Dan kali ini, pertanyaan itu ditujukan kepada dirinya sendiri...

Tidak lama setelah tiba di tempat baru bersama keluarga untuk menjalani tugas berikutnya, saya menyempatkan diri untuk periksa ke general practicioner  di NY. Sudah menjadi bagian dari kebiasaan kami untuk selalu melakukan general check-up saat tiba di tempat baru. Selain cek kesehatan biasa, kali ini saya khusus berkonsultasi karena merasa ada benjolan di payudara kanan. Saat di Indonesia, saya sudah merasakan ada yang lain di bagian tubuh tersebut dan baru sempat menjalani pemeriksaan dengan sonogram atau USG yang memang mengkonfirmasi bahwa ada sesuatu di sana. Meanwhile, I feel perfectly okay, nothing else to complain...everything is normal.



Setelah di NY, saya melanjutkan proses pengecekan dengan GP. Pemeriksaan fisik dokter kembali menemukan benjolan tersebut, sehingga saya direkomendasikan untuk  melanjutkan pemeriksaan dengan USG dan mamogram. Mungkin teman-teman sudah pernah mendengar atau melakukannya. USG kurang lebih sama dengan yang kita lakukan saat sedang hamil untuk melihat dan mengetahui kondisi bayi. Hanya kali ini, pemeriksaan difokuskan di daerah payudara. Sementara mamogram dilakukan dengan alat khusus, menggunakan low-energy x-ray yang dilakukan dengan meletakkan payudara di plat film untuk difoto. Banyak yang bilang mamogram sakit karena payudara kita ditekan sedemikian rupa untuk mendapat hasil foto x-ray yang sempurna. Tapi buat saya, sepanjang kita mengikuti instruksi technologist yang mengoperasikan alat ini, rasa kurang nyaman tidak begitu parah kok. Beneran :)..

Meskipun agak jauh dari kantor, pemeriksaan saya lakukan di sela-sela jam istirahat. Hanya satu kali naik subway dari Grand Central, saya tinggal jalan 2 blok menuju Lenox Hill Imaging Center tempat sonogram dan mamogram akan dilakukan.

Enaknya, radiologist yang stand-by di imaging center tempat saya melakukan USG dan mamogram bisa langsung melihat hasil foto dan merekomendasikan langkah selanjutnya. Dan saya hanya perlu menunggu kurang lebih 10 menit setelah mamogram dan USG. Radiologist saya langsung bilang bahwa mereka melihat perkembangan yang mengkhawatirkan dan menyarankan untuk melakukan biopsy atau pengambilan sampel sel yang dicurigai karena bersifat abnormal tersebut. 

hasil mamogram payudara kanan...did you see the bright spots? those were the abnormal cells...
Diindikasikan ada 3 area yang mencurigakan. Saya sempat kaget, karena yang terasa hanya satu, tapi setelah dicek ternyata ada 3. Duh gusti, dari situ saya sudah merasa khawatir. Sempat terpikir apakah karena ada jeda 1.5 bulan sejak saya pertama merasa ada benjolan dengan saat saya memeriksanya. Apakah secepat itu penyebarannya? berarti selnya ganas? berarti..... Begitu banyak pertanyaan yang berkecamuk dan semuanya saya tanyakan kepada radiologist saya tersebut. 

And this is what I really appreciate from him. Semua pertanyaan saya dijawab namun tetap menenangkan. Ditekankan bahwa terlalu dini untuk menyimpulkan apapun sebelum seluruh rangkaian pemeriksaan dilakukan. Saya pikir, diplomatis sekali jawabannya...tapi memang benar, lebih baik dicek dan dipastikan dengan baik daripada menduga-duga.

Dua hari kemudian saya melakukan biopsi di tempat yang sama. Kalau teman-teman yang tau seperti apa biopsi, mungkin sudah terbayang ya. Saya belum pernah :)...jadi saat persiapan usai ganti baju dengan hospital gown, saya dijelaskan prosedur biopsi. 

Intinya, area di payudaya yang dicurigai diberi tanda, lalu dijelaskan bahwa saya akan di berikan anastesi lokal dan alat-alat yang akan digunakan di tunjukkan pula. Ada semacam alat suntik besar yg digunakan untuk mengambil sel, sifatnya seperti vacuum. Panjang jarum ada 3 macam, termasuk yg paling panjang sekitar 20cm. Nyeremin yaaa...tapi saya santai aja, karena yakin anastesi atau bius lokal akan bekerja. Sayang saya ngg sempat foto:). Yang pasti biopsi dilakukan bersama dengan ultrasound yang memastikan posisi sel. Sebentar saja biopsinya..Tidak sampai 30 menit, biopsi di 3 area selesai.  Saya pun diinformasikan bahwa akan ada rasa tidak nyaman setelah biopsi, bruises atau memar, dan tidak boleh mandi dengan menggunakan shower hingga besok harinya. Saya juga diberikan ice pack dan di ingatkan bahwa kalau perlu meminum obat penghilang rasa sakit, saya hanya bisa meminum Tylenol karena obat lain di khawatirkan justru akan memperparah pendarahan. 

Dan, menunggu hasil biposi pun tidak lama. Dari 3 hari maksimal yang dijanjikan, 24 jam kemudian saya mendapat telpon dari GP saya. Yang mengabarkan bahwa saya positif menderita kanker payudara.

Kanker payudara...


Hari itu, 11 Juli 2014, saya dinyatakan positif menderita kanker payudara.

Breast Cancer...

What do you have in mind when you heard those words? 


Let me get back to you and share my story...


Artikel ini diikut sertakan pada


63 comments:

  1. Makkkk,,,,,T_T...beneran nih??? semoga lekas sembuh ya mak,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan fiksi mak...tapi perjalanan hidup yang penuh cerita :)...makasiiih doanyaaa...

      Delete
  2. Replies
    1. peluk mak irma jugaaaa......sama2 pejuang kita mak :)

      Delete
  3. Mak Indah....semoga lekas pulih dan diangkat penyakitnya, aamiin *peluk*

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiiin aamiiiin YRA....makasih ya maaak...

      Delete
  4. Semoga cepet sembuh ya mak... peluk,, tetap semangat yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. insya Allah....semangaaaaat pastinya...ikhtiar tiada henti..makasiiiih maaak..

      Delete
  5. mak Indah, strong! :))
    Allah Maha Segalanya.. Semoga sgera membaik ya. Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti! Allah maha segala...ikhlas dan semangat terus mak..

      Delete
  6. tetap kuatt ya makk buat bo et obii *peluk

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti maaaak...those angels are my sourceeee of strength :)

      Delete
  7. keep strong mama!!!!!
    Allah maha penyembuh segala penyakit..insyaalah....aamiin..peluk mama

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan hanya pada-Nya aku memohon...makasih makgurcil...insya allah semangaaaat...

      Delete
  8. What do you have in mind when you heard those words? => kalau hal itu ditanya ke saya 3 tahun yang lalu... Saya menangis sejadi-jadinya, Mak. :)

    Salah satunya pernah saya ceritain di sini. Semoga tetap kuat dan ceria, ya, Mak *berpelukan

    http://myraanastasia.blogdetik.com/2014/08/03/sehat-karena-pikiran/

    ReplyDelete
    Replies
    1. mak Myraaaa...makasih sudah berbagiii...peluuuuuuk....apapun pilihan kita, sehat adalah tujuan utama..ikhlas memang selalu berbuah manis ya mak..insya allah...

      Delete
  9. Stay strong, mak Indah.
    Salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga mak...makasih sudah mampir dan keep the spirit! ....

      Delete
  10. Tetap semangat mak Indah. Semoga lekas membaik, selalu berdoa kepada Tuhan YME mak :((

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiiiin...will dooo mak...doa minta kemudahan pada-Nya

      Delete
  11. Mak...kita sama...sy sejak 2012 operasi..divonis std 3B dan...skrg naik tingkat jd std 4... sy masih berjuang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kami semua berdoa juga buat mak Dessy. Stay strong ya, mak. Peluk

      Delete
    2. Mak Deasy, insya `allah semua perjuangan kita akan dibantu oleh sang Maha Kuasa..semoga semua lancar ya mak....dan kita bisa sehaaat kembali seperti sedia kala...

      Delete
  12. Mak, stay strong! Stay strong! Tetap semangat seperti Mak Indah Nuria Savitri yang aku kenal. Kami semua berdoa untukmu, Mak. *peluk erat sahabat*

    ReplyDelete
    Replies
    1. peluuuk mak hayaaaa....semangat mak, masih banyak cita-cita yang ingin dicapai...insya Allah dikabulkan-Nya ya

      Delete
  13. Cepet sembuh dan tetep kuat Mak, mungkin harus ikutan pola makan tertentu Mak, coba FC Mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku FC mak :)...mudah-mudahan bisa sembuh total :)

      Delete
  14. semoga diangkat penyakitnya ya mak.. T_T peluk mak indah :)

    ReplyDelete
  15. Semangat ya mak indah :)) mak.ngga sendiri.. Ada banyak orang yang Akan terus mendukung dan menguatkan emak . Pelukkkkkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. so true...the support is sooo enormous..alhamdulillaah..makasih ya maak

      Delete
  16. Replies
    1. makasiiih chaaa...echa juga semangaaat...we're both survivors :)

      Delete
  17. Tanteeeee :''(
    Segera kembali haha hehe kayak semula yaaa :'')

    ReplyDelete
  18. Tetap semangat ya mak Indah. Tak ada yang tak mungkin ditangan Allah. Berusaha dan berdoa utk kesembuhan ya mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. ammin..insya Allah selalu semangat dan berdoa mak, minta kesembuhan pada-Nya :)

      Delete
  19. Hiks... mbak Indah .... #hugs
    So sorry to hear that. Tetep kuat menghadapi ujian ini ya mak,semoga Allah segera mengangkat penyakit itu darimu mbak. Tidak ada yg mustahil dihadapan Allah mak.. keep praying n fighting

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiiin amiin yra...setujuu mak..ikhlas dan semangat terus pokoknya, semoga disehatkan ...

      Delete
  20. Tetap semangat ya Mak...ikuti prosedur pemeriksaan..insyaAllah diberikan olehNya jalan yg terbaik utk sembuh...

    ReplyDelete
  21. smoga diberikan kesembuhan,smangat ya mak :)

    ReplyDelete
  22. karena terdeteksi dini, semoga cepat bisa diatasi yaa mbak Indah, Semangat!

    Terimakasih sudah berbagi di Bloggers Cares Cancer Campaign *peluuuk!

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiin...betul mba, semoga bisa cepat teratasi :)..best..

      Delete
  23. Shock begitu mendengar kabar ini. Lebih sedih membaca tulisan ini. Aku belum bisa membayangkan bagaimana perasaanmu saat mengetahuinya mak. Aah, semoga itu sel nggak muncul lagi. Cepat pulih ya, mak Indah. Hug

    ReplyDelete
    Replies
    1. I'm doing fine mak Mira...yang penting semangat...makasih doanya yaaa...peluuuuk :)

      Delete
  24. Mak..makasih udah ingetin. Harus nya saya juga biopsi wkt divonis infeksi kelenjar getah. Tapi..karena cape bolak balik ga ada yg jaga anak, saya milih berobat herbal. Tetap semangat ya mak and GWS..

    ReplyDelete
    Replies
    1. semangat maaak..apapun metode pengobatan yang dipilih, yang penting positive thinking dan semangaat...

      Delete
  25. Yes, let us join hands to fight cancer !!

    ReplyDelete
  26. Satu kata ...
    FIGHT !!!

    You can do it ... Dengan pertolongan dari Allah yang maha penyayang

    Salam saya Mak Indah
    (22/8 : 24)

    ReplyDelete
  27. Ya Allah.. semoga segera Allah angkat penyakitnya yaaa Mak Indah :) Amiin...

    ReplyDelete
  28. Ah...speechless...
    InsyaAllah ada jalan utk sembuh dan pulih. Berjuang dan berdoa Mak Indah...
    *hug*

    ReplyDelete
  29. Mbak Indah, aku baru baca cerita dan berita nya. Really speechless, you're very calm about this, its amazing. Turut mendoakan dari sini semoga Allah SWT memberikan kekuatan dan kesembuhan untuk Mbak Indah...

    ReplyDelete
  30. Mak, semoga diangkat segera segala penyakit. Ganbatte mak indah. *peluk kenceng*

    ReplyDelete
  31. Maha Suci Allah dengan segala karunia-Nya..
    Semua sdh di atur-Nya.... Yang Sabar dan Kuat ya makkkk..
    Semoga Allah cepat memberi kesembuhan dan mengangkat semua penyakit mak Indah.... Syakillah...
    Pelukkkkkkk...

    ReplyDelete
  32. kaget saya bacanya mak, terus gimana keadaannya sekarang. bagaimana dengan pantangan makan? apa masih bisa beraktivitas? get well soon ya mak

    ReplyDelete
  33. What you have in mind when you hear those words?
    Sama dgn mak myra anastasya katakan..kalau ini ditanyakan pd bunda 3thn yg lalu...pastinya stress, denial n down
    Tapi...ternyata dgn mndptkan cancer ini, Tuhan menunjukkan betapa ada kekuatan yg tersembunyi utk fight dlm diri ini...
    Yuuk....kita sama2 perangi ca ini...dan yakin kita akan menang mak indah... #kissnhugs...

    Salam

    ReplyDelete
  34. Lamaa gak bw baru tau mbak Indah terkena kanker.Fight..

    Semangat mbak.

    ReplyDelete

Soooo happy to have you all here :D....
Thanks for visiting my blog and feel free to comment but all direct links will be deleted.

Link hidup akan langsung saya hapus ya.

Enjoy!