Happy 77th Anniversary of Indonesia's Independence from Aotearoa New Zealand

 Happy 77th Anniversary of Indonesia's Independence from Aotearoa New Zealand


๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ  M E R D E K A.. ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ 

Happy 77th Anniversary of Indonesia's Independence.

Auguat 17th, 2022.

I woke up feeling so excited.
Wellington has been freezing, windy and wet for the last 2 weeks.
Well, probably for the last 2 months, as winter hit this capital city.

There was no wind outside at 6 AM so I thought we would be able to celebrate the 77th Anniversary of Indonesia's Independence outside, with flag-hoisting ceremony.
I had everyone woke up and got ready to head to the Embassy, where the celebration would take place. Breakfast was ready, so were all the uniforms, kebaya, and suites for my gentlemen.

Yet, at 7 AM, it started drizzling and the rain got harder by the time we arrived at the Embassy at 8.30 AM. Nevertheless, our spirit is still soaring high as this is the day when we celebrate the 77th Anniversary of Indonesia's Independence!

Di KBRI Wellington,  Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-77 pada tanggal 17 Agustus 2022 berlangsung secara khidmat dan meriah. Meskipun Wellington diguyur hujan dan angin dingin sejak pagi, namun itu semua tidak mengurangi semangat kami untuk datang dan menghadiri upacara penting ini. Demikian pula beberapa masyarakat yang bahkan datang dari tempat yang lumayan jauh seperti Whanganui, Tawa, dan sekitarnya. Sayangnya, karena hujan, upacara yang biasanya dilakukan di luar terpaksa dilakukan di dalam ruangan untuk tahun ini.


Acara syukuran kali ini memiliki makna yang istimewa karena merupakan acara syukuran yang digelar untuk pertama kalinya bagi Dubes Fientje Suebu sejak beliau menjabat di awal tahun 2022. 

Untuk kami The Frakarsas, acara kali ini pun super istimewa karena selain ini kali perdana kami merayakan hari jadi Indonesia di Aotearoa, tahun ini my baby bunny Nadine terpilih menjadi salah satu anggota PASKIBRA or pasukan pengibar bendera. Bangga rasanya melihat gadis kecilku terlihat gagah dan penuh konsentrasi saat latihan menjadi Paskibra. Way to go, Obi!



Being chosen as one of the members of the flag raising troupe is indeed an honor and it requires a lot of discipline, responsibilities and perseverance. Together with 2 other boys, Herald and William, the three of them have undergone quite a rigorous training in order to prepare for the big day. So kudos fo you three!



Too bad due to the unfriendly weather, we did it in the room instead of outside. We had the practices outside and the general rehearsal had been done outside as well. Nevertheless, it's been a rewarding experience for Nadine and us all.


my baby bunny Nadine


Sebanyak kurang lebih 100 peserta yang terdiri dari WNI dan sahabat Indonesia di Selandia Baru turut meramaikan jalannya acara. Cukup banyak yang datang dan banyak yang hadir dengan mengenakan busana bernuansa merah putih. Warna sakral bagi bangsa Indonesia. 

Aku sendiri untuk upacara bendera mengenakan kebaya brokat merah kutu baru hiasan mote yang dipadu dengan selendang warna emas dan kain Songket Bali. 


Later, I changed my top with Batik Chic's elegant embroidery top in royal blue. I reall love it!






Usai upacara peringatan detik - detik proklamasi yang berlangsung kurang lebih 30 menit, acara dilanjutkan dengan syukuran. Awalnya, kami merencanakan untuk menyelenggarakan Pesta Rakyat dengan menghadirkan banyak pertunjukan dan hiburan, termasuk Band KBRI yang baru dibentuk dan beranggotakan keluarga besar KBRI Wellington. Namun mengingat KBRI masih dalam suasana berduka karena kehilangan salah satu anggota keluarganya, maka pesta rakyat pun disederhanakan dan acara hanya fokus pada perayaan detik - detik proklamasi dan syukuran bersama. 

tumpeng of the day


Acara syukuran diawali oleh pemotongan tumpeng yang diberikan kepada 3 wakil sesepuh yang tinggal di Wellington dan para anggota Paskibra. Selain itu, ada pertunjukan Tari Persembahan dari Bali yang ditarikan dengan gemulai oleh mba Putu Evie Suyadnyani dan penampilan Tari Sajojo oleh Perwakilan Masyarakat Indonesia di Whanganui.
They are indeed amazing! Mba Evie, my dance mentor and gamelan guru, gracefully performed Tari Persembahan which marks the special occasions, while Sajojo dance, one of the popular social dance from Papua, the homeland of our Ambassador, were energetically performed by 5 members of Indonesian communities and their Kiwi families from Whanganui. Senang rasanya bisa berkumpul dan melihat antusiasme masyarakat yang cukup tinggi dalam mensukseskan jalannya acara dan menunjukkan kebanggaan mereka terhadap budaya dan keindahan tanah air.

Meskipun singkat, acara makan siang bersama dengan nasi kuning komplit dan kue - kue khas Indonesia seperti pastel, lapis ketan, lemper dan kue ku membuat suasana menjadi makin istimewa. 


So, in a more serious note, 77 years of Independence and we are progressing!

The pandemic has been a huge stumbling block for everyone but we sincerely hope we can continue to fight, recover stronger and prosper together. 

77 tahun and masih banyak pekerjaan besar yang menanti untuk mewujudkan Indonesia yang adil, makmur, sentosa dan maju sebagaimana dicita-citakan para leluhur dan pejuang yang telah mendahului kita. 

Bangga bisa menjadi bagian dari bangsa besar ini… menjadi salah satu punggawa penjaganya hingga titik darah penghabisan. 

Semoga cinta, semangat, dan pengabdian kita semua bisa memberi manfaat untuk bangsa dan tanah air tercinta, INDONESIA ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ. 
Dirgahayu, Indonesiaku ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ 




47 comments:

  1. Masya Allah Obi, dulu gadis kecil yang manis, sekarang sudah menggenakan seragam paskibraka, yang membuat orang tua manapun masih terharu.

    ReplyDelete
  2. Proud of you Nadine, baby girl has been grow up. Happy indonesia independence day for you and wellington people

    ReplyDelete
  3. Wah keren Nadine bisa mengibarkan bendera merah putih di negeri orang. Ternyata di sana jg sedang musim hujan ya mbak. Untung gedungnya besar jd upacara bisa dilakukan indoor tanpa mengurangi kekhidmatan yaa. Kyknya kalau upcara di LN tu beda yaa, lbh terasa khusyuknya krn pastinya kangen banget sama kampung halaman :D

    ReplyDelete
  4. Keren, Obi! Merayakan hari kemerdekaan di negara orang lain rasanya lebih mengharubiru ya, Mbak? Berasa jadi makin kangen sama negara sendiri :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada berbagai perlombaan khas Agustusan juga gak, Mbak? Seru kayaknya bikin lomba kalau di negara orang, ya ^_^

      Delete
  5. Masya Allah ngak kalah seru ya mbak disana. Keren banget Obi jadi paskibra. Tumpeng ya nggak nguati euy, pasti buat rebutan ya

    ReplyDelete
  6. Lebih haru ya rayain kemerdekaan di negero orang . Selamat Nadine kepilih jadi pasukan pengibar bendera

    ReplyDelete
  7. Perayaan sederhana tapi tetap hikmat ya, Mbak

    Di mana pun kita berada, tetap Indonesia. Semoga jadi lebih baik di bertambahnya usia negara ini

    ReplyDelete
  8. Meriah sekali perayaan hari kemerdekaan RI ini mbak
    Semoga 77 tahun merdeka Indonesia makin makmur dan sejahtera ya mbak

    ReplyDelete
  9. Mpo bangun siang saat kemerdekaan Republik Indonesia. Karena jadi panitia anak-anak . Jadi lomba setelah mereka upacara bendera di sekolah. Jam 9.30 wib

    ReplyDelete
  10. Waah seru sekali, merayakan kemerdekaan RI di negeri orang setelqh sekian tahun off karena pandemi.

    Mbaak Indah setauku Tantowi Yahya menjabat di Wellington yaa. Gatau masih gak sih mba?

    Mbaak Indah

    ReplyDelete
  11. Dirgahayu Indonesia
    Merdeka!
    Mbak Indah dan keluarga pasti sangat berkesan ya berada di luar negeri. Semangat patriotisme nya pasti terasa beda dibandingkan kita yang biasa ada di kampung halaman

    ReplyDelete
  12. Whua seru banget perayaan 17-an di NZ. Kebayanya mama Bo juga cakep banget. Seneng melihat perayaan 17- WNI di sana

    ReplyDelete
  13. Seru sekali perayaan 17 Agustus di KBRI Wellington. Makin kangen tanah air nggak sih, Mbak? Semoga sehat-sehat selalu yaa di sana.

    ReplyDelete
  14. Baca artikel ini berasa lagi ikut ngerayain tujuhbelasan di sana. Kok jadi ikut haru ya..Btw salfok nih ama batik birunya mbak insav.. cakep banget sih.

    ReplyDelete
  15. seru juga perayaan di sana kumpul pakai baju nuansa adat dan merah putih ya mbak
    pasti lebih kerasa indonesianya saat di luar daripada di negeri sendiri

    ReplyDelete
  16. As usual, tampilan mba Indah selalu cetaaaar. Aiih, meski ga jadi outdoor karena cuaca, tetap berkesan ya upacara indoor. Tumpengnya mauuu dong mbaaa....

    ReplyDelete
  17. MashaAllah~
    Barakallahu fiik, kak Indah. Ikut seneng dengan terpilihnya Nadine menjadi anggota paskib perwakilan untuk KBRI Wellington.

    Meriahnya perayaan 17 Agustus di Wellington menambah keceriaan dan rasa nasionalisme ketika jauh dari tanah air.

    ReplyDelete
  18. Seru banget ya upacara detik-detik proklamasi kemerdekaan di sana. Dan wow, surprise banget lihat Obi yang jadi petugas pengibar bendera merah putih. Obi udah besar. Cantiiiik ๐Ÿ˜

    ReplyDelete
  19. Kerasa banget ya semangat kemerdekaan walaupun di Negara orang. Ditambah cuaca yang kurang mendukung tapi situasi tetep kondusif.

    ReplyDelete
  20. Semangat, suka lihat pengibaran bendera di kbri berharap suatu saat adalah bagian dr tanah air Indonesia

    ReplyDelete
  21. Ini pengibaran benderanya indoor? Keren banget kostumnya sampai bawa ganti juga ya.

    ReplyDelete
  22. Iya, pekerjaan besar untuk Indonesia masih banyak. Semoga perlahan bisa terwujud ya. Btw, suka sama outfit Mbak Indah. Dari kebaya merah lalu ke batik. Cakep

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju sama Jiah..
      OOTD kak Indah mashaAllah~
      Suka banget karena Indonesia banget tapi juga modern.

      Delete
  23. Happy 77th Anniversary of Indonesia. A very special day indeed for you and family and those taking part in the celebration. You have such a beautiful smile.

    ReplyDelete
  24. Happy 77th anniversary of Indonesia. A very special day for you and family and for those participating in the celebration. You have a beautiful smile.

    ReplyDelete
  25. Dirgahayu Indonesiaku yang ke-77. Senang ya perayaan kemerdekaan Indonesia bisa dilaksanakan di luar negeri. Selamat Kak Nadine terpilih jadi anggota Paskibra. Semoga Indonesia cepat pulih, bangkit dan lebih kuat

    ReplyDelete
  26. Wah seru sekali ya 17-an di Wellington. Apalagi Nadine jadi paskibra. Keren! Saya salfok sama kebaya2nya Kak Indah cakep2 banget

    ReplyDelete
  27. Obii! Congrats mommy Insav's little girl - now it is your turn (like mother like daughter!)

    ReplyDelete
  28. Obi...sudah jadi paskibra, wah hebatnyaaa. Mamanya pun cantik luar biasa dengan kebaya dan tenun Balinya!
    Senangnya bisa memperingati HUT RI untuk pertama kalinya di Wellington Mba Indah dan keluarga. Semoga seluruh keluarga besar KBRI dan masyarakat Indonesia di sana selalu semangat dan sehat!

    ReplyDelete
  29. Yeay Dirgahayu RI ke-77 Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat! Tagline tahun ini sangat menguatkan dan memberikan secercah harapan untuk bangkit bersama

    ReplyDelete
  30. Merdekaaaaaa. Serunya melihat anak gadis jadi paskibraka ya mba. Obi goodjob
    Terpancar rasa haru dan bangganyaa.. aw ootdnya cakep mba. Amiin moga Indonesia semakin majuu lagi rakyatnya merata sejahtera..

    ReplyDelete
  31. Indonesia independence day party in wellington is awesome. not different from what held in this country, so indonesian people is happy too.

    ReplyDelete
  32. Ikut surprise, mbaaak... Obi udah jadi anak gadis dan mengemban tugas sebagai petugas Paskibraka. Pasti Mama dan Dady nya bangga nih yaaa. Obi dan Bo udah gede semua, meski ngikutin sebatas cerita di sini, tapi berasa ikut nemenin, hihiii. Seru ya mbak, peringatan 77 Tahun Kemerdekaan Indonesia. Meski nggak bisa lebih heboh namun membaca cerita di sini tetap mengantarkan keseruan dengan tarian, dan seremoni yang sederhana dari Wellington.

    ReplyDelete
  33. Perayaan elegant, sederhana dan penuh makna. Di negara orang. Selamat ya mbaa, putrinya berani tampil bedakah

    ReplyDelete
  34. Keren Obiiii. Proud of you, too. Semoga perayaan 17an tahun depan lebih seru dan bisa dirayakan di luar dengan cuaca yang bersahabat

    ReplyDelete
  35. waaaa keren jadi paskibraka, ga sulit cari bajunya ya mbak selamat ya nak, abis ini paskibra di istana negara <3

    ReplyDelete
  36. Perayaan Hari Kemerdekaan di Wellington seru juga ya mbak
    Btw kebaya mbak Indah, cantik cantik
    Apalagi yang biru

    ReplyDelete
  37. Semakin hikmah ya kalau di luar negeri, semua rangkaian acara jadi sangat bermakna. Eh seru juga nih balon merah putih, tumpengan lanjut menyantap kue tradisional wah jadi seperti di negeri sendiri

    ReplyDelete
  38. Merayakan HUT negara sendiri di negeri orang, pasti feelnya beda ya mba
    Nasionalisme nya lebih kerasa. Apalagi buah hati jadi salah satu petugas pengibar bendera. Semoga indonesia segera bangkit, pulih dr pandemi ya mba

    ReplyDelete
  39. Wah seru makan2 nasi kuning lengkap ya mbak, walaupun msh dalam suasana duka krn kehilangan salah seorang rekan. Ada hiburan2 berupa penampilan2 yang pastinya bikin kangen Indonesia yaa :D

    ReplyDelete
  40. Duh mbak saya tuh merinding lihat Obi pakai seragam paskibra
    Sudah besar sekali anak ini ternyata
    Sudah makin cantik dan pinter seperti ibunya
    Ah, semoga Salfa bisa banyak belajar dari pengalaman kakak Obi juga nanti ya

    ReplyDelete
  41. Ah senangnya jadi bisa ikutan menyaksikan perayaan HUT RI di negeri orang. Semoga suatu saat bisa menyaksikan langsung kayak Mba Indah.

    ReplyDelete
  42. Dirgahayu RI ke-77. Salam kemerdekaan, Mbak Indah.
    Bahagia ya bisa merayakan hari kemerdekaan Indonesia dengan baik di Wellington. Apalagi kak Nadine jadi paskibra. Kerennn!

    ReplyDelete
  43. Seru sekaliiii.. selamat hari kemerdekaan mak Indah.. Wah liat kakak Nadine dalam seragam paskib, super duper keren! Alhamdulillah masih bisa merayakan kemerdekaan di NZ ya Maaaak

    ReplyDelete
  44. senangnya baca pengalaman mba rayakan 17-an di Wellington, btw outfitnya mba Indah keren sekali suka sama warnanya dipadu padankan dengan kainnya :)

    ReplyDelete

Welcome! Thanks for visiting My Purple World. I am delighted to have you all here in my blog.
If you like what you read, feel free follow this blog through the button on the right side of the blog and hope you can leave some comments too. Nevertheless, all comments with direct links will be deleted.

Terima kasih sudah mampir ke blog aku ya. Selamat menikmati dan semoga suka. Komentar akan sangat dihargai, tapi link hidup dan spam akan langsung saya hapus ya.

Happy Blogwalking and enjoy ๐Ÿ˜˜