Welcoming Ramadhan in Wellington, New Zealand



Alhamdulillah..

Ramadhan is soon coming.

This holy month blessed with so many beautiful pahala and deeds, given to those who dedicate their niat or willingness, as well as their deeds and action only for Allah SWT the Almighty. Ramadhan is not only about refraining from eating, drinking and conducting intimate intercourse. Or stop gossiping and It is also the perfect time for us to reflect upon everything we have done and redeem ourselves, trying to be a way better person. Ramadhan will be the high time for us to restrain from unnecessary and consuming greed, to share more to others and to get closer to our Creator.




This year, we have our Ramadhan in Wellington, New Zealand.

Our first time ever.

Selalu ada saat pertama untuk banyak hal dan kali ini, kami puasa untuk edisi perdana di Wellington, Selandia Baru. Well, tentu saja hal ini menambah keistimewaan bulan penuh berkah yang selalu kita tunggu. Selandia Baru menjadi negara ke-lima untuk saya yang menjadi 'rumah' dan tempat menjalankan ibadah puasa. Selain Indonesia, alhamdulillah saya diberi kesempatan untuk menikmati Ramadhan di Melbourne, Australia; Brussels, Belgia; Geneva, Swiss; New York City, AS; dan Wellington, Selandia Baru. Along with me, Udi my hubby menggenapi pengalaman saya di 4 negara, sementara untuk anak - anak, ini kali ketiga mereka berganti tempat tinggal.  Tentu saja, tempat yang paling menyenangkan untuk menjalankan ibadah ini tak lain dan tak bukan adalah di tanah air tercinta.

Bukan bermaksud untuk sombong tapi kami benar - benar mencatat dan menikmati kesempatan yang diberikan Allah SWT kepada kami sekeluarga. Tentu saja banyak suka duka yang dialami saat menjalani ibadah di bulan suci Ramadhan jauh dari keluarga besar dan tanah air kesayangan. Ada banyak kerinduan yang terasa di dada. Nanti aku cerita lebih lanjut deh mengenai keseruannya ya, terutama dari the land of the Kiwis.

Now, let's see how Ramadhan is here in Wellington, New Zealand. Since we started it at the end of summer and the beginning of fall or autumn, the length of time for our fasting is pretty much similar to that of Indonesia. We start the fasting from 5.15 AM and end it t 6.15 PM. So more or less it's 13 hours. Really manageable. Especially since the weather here is also friendly now. Well, it's still cold but that's way better than if it is too hot. we are so privilege as we have got the experience of doing the fasting month in summer. Long hours, hot weather, regular work schedule and school were really huge challenges for us while fasting in Geneva and in New York. 

We follow the announcement from FIANZ or the Federation of Islamic Association of New Zealand. FIANZ has a special working group dealing with the sighting of new moon to confirm the start of Ramadhan. Based on FIANZ memo, Ramadhan starts on April 4th, 2022 in New Zealand. So, that's Monday for us.

So far, we don't really have preparation in particular besides making sure that we have our resolute commitment to be a much better, more righteous follower. 



Untuk puasa kali ini, kami tidak memiliki persiapan khusus kecuali meluruskan niat dan meneguhkan hati untuk bisa terus memperbaiki diri dan menjadi hamba-Nya yang lebih taat. Jujur saja, saya pribadi merasa ada begitu banyak kekurangan diri yang rasanya membuat saya malu untuk bersimpuh pada-Nya dan banyak meminta. Saya harus mengakui bahwa berbagai tanggung jawab di dunia kerap membuat saya alpa akan prioritas pada akhirat. Sementara anak - anak yang beranjak dewasa juga menyadarkan saya dan suami betapa cepat waktu berlalu dan masih banyak PR yang harus kami kerjakan sebagai orang tua sesuai ajaran-Nya dan teladan dari junjungan kita Nabi Muhammad SAW. Semoga semua niat baik, puasa, ibadah, doa, permohonan ampun dan sujud kita pada-Nya bisa menjadi peluruh dosa - dosa kita dan membuka pintu surga untuk kita kelak. 

Marhaban yaa Ramadhan.

Kami sekeluarga mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa dan mohon maaf lahir dan batin ya teman -teman. 

Have a solemn Ramadhan.


17 comments:

  1. Maaf lahir dan batin juga Mba Insav dan keluarga. Alhamdulillah masih bisa merayakan bareng keluarga meski jauh dari tanah air demi tugas negara. Semangat, menjalankan ibadah puasa do Wellington.

    ReplyDelete
  2. Pengalaman Ramadhan di negeri orang banyak sekali ya dialami mb Insav & family. Awaiting your story about suasana Ramadhan selanjutnya di Wellington. Btw aku bw habis sahur. Disitu sahur jam berapa?

    ReplyDelete
  3. Selamat menunaikan ibadah puasa mbak. Apalagi di Wellington pasti menyenangkan dengan suasana yang berbeda dengan Indonesia ya.

    ReplyDelete
  4. Selamat berpuasa ya Mba.. meskipun di negeri orang tapi kalau bareng keluarga tetap happy yah. Aku tunggu cerita selanjutnya.

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah waktunya hampir sama dengan di Indonesia ya Mba... Di beberapa tempat lain malah sampai 18 jam an bahkan ada yg lebih. Anakku juga beberapa tahun ini waktu puasanya panjang..

    ReplyDelete
  6. wah puasa perdana di NZ yaa mba, gimana menu makanannya di sana mba Indah? Apa masih tetep makan nasi kah or menyesuaikan dengan yang ada aja di NZ? Penasaran akutuh soalnya

    ReplyDelete
  7. Jadi momen seperti ini dijadikan kesempatan untuk intropeksi dan merenung ya mbak, itu bagus sekali. semoga yang diniatkan tercapai mba

    ReplyDelete
  8. Selamat menjalankan ibadah puasa di New Zealand ya Mbak Indah. Pengalaman yang luar biasa. Semoga sehat selalu. Aamiin...

    ReplyDelete
  9. Seru mbak bisa merasakan berpuasa di negara yang berbeda2, jd banyak pengalaman ya, khususnya buat anak2, pasti akan lebih memahami banyaknya perbedaan dan belajar sabar, khususnya jika waktu puasanya lbh panjang :D

    ReplyDelete
  10. Selamat menjalankan ibadah puasa di rantau ya mba... Luar biasa nih pengalaman menjalani Ramadan di berbagai negara, tentu saja dengan adaptasi di masing-masing tempat. Warm regards for The Frakarsas ya mba...

    ReplyDelete
  11. marhaban ya ramadhan mba Indah sekeluarga, meski jauh di rantau semoga semuanya dimudahkan ya mba demikian juga saya. Ramadhan kali ini berbadan dua untuk kali pertama, saling mendoakan semoga senantiasa sehat selalu ya kita mba

    ReplyDelete
  12. Bismilah mba. Mba Indah sekeluarga orang yang dipilih Allah untuk ml berkesempatan menjalankan ibadah di beberapa tempat di dunia. Pengalaman yang luar biasa menakjubkan

    ReplyDelete
  13. ternyata durasi berpuasanya tidak begitu jauh ya. Selamat menjalankan ibadah puasa juga yaa mbaa

    ReplyDelete
  14. selamat menjalankan ibadah puasa ya mba indah, semoga ramadhan tahun ini membawa keberkahan untuk kita semua

    ReplyDelete
  15. Kak Indah..
    Suka sekali dengan tulisan Ramadan di Wellington, Selandia Baru.
    Berbagi pengalaman dan bercerita mengenai kisah sehari-hari seorang duta besar Indonesia, tentu bukan sombong, tapi menguatkan kita semua bahwa ada banyak profesi yang ditekuni seorang wanita tanpa meninggalkan kebahagiaan mereka di rumah, bersama anak-anak dan keluarga.

    Salut sama kak Indah yang masih selalu berbagi kisah di sela-sela kesibukannya.
    Semoga sehat selalu di Wellington dan bisa beribadah dengan penuh cinta bersama keluarga.

    ReplyDelete
  16. Hope ur Ramadhan this year will be the most beautiful and blessed.
    Aamiin

    ReplyDelete
  17. Selamat menjalankan ibadah puasa mba, semoga mba Indah dan keluarga sehat selalu. Ditunggu cerita-cerita seru tentang ramadan di Wellington. Selalu amaze dengan niat kuat mba Indah menyisihkan waktu untuk bercerita melalui blog di sela-sela kesibukan. Senang membaca kisah-kisah mba Indah di luar negeri baik melalui blog ataupun IG

    ReplyDelete

Welcome! Thanks for visiting My Purple World. I am delighted to have you all here in my blog.
If you like what you read, feel free follow this blog through the button on the right side of the blog and hope you can leave some comments too. Nevertheless, all comments with direct links will be deleted.

Terima kasih sudah mampir ke blog aku ya. Selamat menikmati dan semoga suka. Komentar akan sangat dihargai, tapi link hidup dan spam akan langsung saya hapus ya.

Happy Blogwalking and enjoy 😘