Let's Have Fun at Mutun Beach, Lampung


Hi everyone..

Hope all is well and I know that this pandemic is still around but we have to be able to stay safe, happy and healthy.

Do you miss traveling around?
I do. I certainly do.
And the beach is one of the places I am craving for.

Born and raised in Lampung, I am blessed to be given the opportunity to enjoy lines of beautiful beaches dotting Lampung and Semangka Bay and beyond. One of them is called Mutun beach.

Mutun Beach is  one of the people's favorite beaches in Lampung.  Located in Lampung Bay and a part of Pesawaran, this place is a favorite because of its location which is relatively easy to reach. It has clean and powdery, white sand shore and its facilities are quite complete.

If you are familiar with Bandar Lampung, the route to reach this beach is almost the same as the other beaches in the vicinity. We can reach this place by car, heading to  Hanura and Ketapang Markets, via Jl. Raya Way Ratay. Indeed, we are often blocked by traffic because the road is rather small and it has heavy traffic due to many crowded fish markets, as well as beautiful beaches around it.  

Mutun beach is quite clean and spacious as it has a long coastline. 
But when it is crowded, it can be filled with many visitors, especially during holidays (before the Corona pandemic). 

The entrance ticket is IDR 25000 per car (including passengers in it) and you will have to pay in the gate.

Here we can swim, enjoy various water sports (there is a banana boat) and rent a boat to go around on the small islands around it. We can also rent boats for hop on and hop off to Tangkil island, Pahawang island, Kelagian, or even Tanjung Putus. 

Boat at the Mutun Beach, Lampung

There are bamboo houses  or huts that can be rented for IDR 100K for one visit. 
There are also many sellers of food and souvenirs and swimming equipment for those who need them.  Usually we bring our own food for a picnic here. Or you can also buy food at various Padang restaurants and other food stalls that are along the road to this beach. If you want to buy food in the beach area, they mostly sell  instant noodles in the cup, meatballs and rujak or fresh cut fruits with sweet peanut and chili sauce.  and they have lots of fresh coconut, too.

Fresh coconut sold on Mutun Beach, Lampung


The parking lot is safe and spacious. Usually we give extrar tip (if you want to) to the parking attendants who were there.  

Here's the video we made on our visit to Mutun Beach, Pesawaran, Lampung.


The beach is open again with health protocol being strictly observe.

Enjoy the beach and please, please, please, stay safe, happy and healthy


Pantai Mutun juga menjadi salah satu pantai yang kerap dikunjungi wisatawan yang mampir ke Lampung. Terletak di Teluk Lampung dan menjadi bagian dari Pesawaran, pantia ini menjadi favorit karena letaknya yang relatif mudah dijangkau, pasir putihnya yang halus, lautnya yang lumayan bersih dan fasilitas yang cukup lengkap .

Rute untuk mencapai pantai ini hampir sama dengan pantai lain yang berada di sekitarnya, yaitu menuju Pasar Hanura dan Ketapang, lewat Jl. Raya Way Ratay. Memang kita kerap terhadang macet karena jalan yang agak kecil dan lalu lintas padat karena banyak pusat keramaian seperti tempat pelelangan ikan dan pasar, serta pantai - pantai cantik yang ada di sekitarnya.


Mutun Beach, Pesawaran, Lampung

Pantainya cukup bersih dan luas, namun kalau sedang ramai bisa dipenuhi banyak pengunjung, khususnya saat libur (sebelum pandemi Corona). Tiket masuk Rp 25000 per mobil (termasuk penumpang di dalamnya). Di sini kita bisa berenang, menikmati aneka olahraga air (ada banana boat) serta menyewa kapal untuk keliling di pulau - pulau kecil di sekelilingnya. Kit juga bisa menyewa kapal untuk hop on dan hop off ke pulau Tangkil, pulau Pahawang, Kelagian, atau bahkan Tanjung Putus. 





Tersedia rumah panggung atau hut yang bisa disewa Rp 100K untuk sekali kunjungan. Banyak juga penjual makanan dan souvenir maupun perlengkapan berenang bagi mereka yang membutuhkan.

Biasanya kami membawa makanan sendiri untuk piknik di sini. Atau bisa juga membeli makanan di aneka restoran Padan dan warung makan lainnya yang ada di sepanjang jalan menuju pantai ini. Kalau ingin membeli makanan di dalam kawasan pantai, yang banyak dijuali adalah mie instan kemasan, bakso dan rujak. 

Lahan parkir  yang tersedia pun aman dan luas. 
Biasanya kita memberikan tip lagi (jika berkenan) kepada para tukang parkir (dadakan) yang ada di sana.

Btw, pantai ini sudah dibuka juga untuk umum selama masa new normal ini. Tapi tetap jangan lupa pakai masker, jaga jarak dan rajin cuci tangaaan ya.

Selamat menikmati pantai ini dan jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan ya.

45 comments:

  1. I've ever lived in Lampung for three months in 2013. I enjoyed being there, Mbakk. I also strolled to beaches and Mutun is one of them. Reading this makes me miss so much with Bandar Lampung. I wish I can go there again someday.

    ReplyDelete
  2. the traditional boat is similar with here in my town...we use it to go to Penyengat island. Small island near the town

    ReplyDelete
  3. Jadi kangen ke Lampung mba. Waktu itu ke lAmpung ke Pahawang dan kayaknya berhara p bisa kesana :)

    ReplyDelete
  4. Waaah bersih sekali pantainya ya ... pengen deh bisa ke sana. Kapan ya saya bisa ke Lampung ...

    ReplyDelete
  5. Tersedia rumah panggung yang bisa disewa juga? Aihh, ini sih aman kalau bawa niniknya anak-anak. Beliau jadi bisa dudukduduk selonjoran atau bahkan tiduran dengan tenang. Jadi penasaran ih pengen traveling ke Pantai Mutun..

    ReplyDelete
  6. Lihat tulisan ini aja ujame udah seneng, bund.. Saking kangennya sama travelling :)

    Mutun bakalan masuk list kami kalo ke Lampung. Pantainya bersih dan tenang yaaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya aku juga pengen nih menginjak Sumatera, kyknya Lampung akan jadi start yang menyenangkan nanti usai pandemi aamiin

      Delete
  7. Udah mulai bisa bolak balik Lampung lagi sekarang ya mbak. Ke Mutun aku belum pernah nih

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah sudah bisa menikmati kembali keindahan alam di Lampung ya dengan tetap melakukan perlindungan diri sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku.

    ReplyDelete
  9. Lihat kelapa mudahnya kok ya pengen nenggak sama es sirip uwuuwwuuwu

    ReplyDelete
  10. Kak Indah, happy holiday.
    Kalau sewa rumah bambunya, sudah include sama makan gak?
    Hihii...jadi inget survival.

    ReplyDelete
  11. Wah enak kalau piknik sama keluarga bisa sewa aja rumah pangungnya trus gelar tikar dan makan di sana rame2 ya mbak.
    Kadang pantai terbuka parkirnya rada nyeremin tapi kalau parkirnya enak dan aman jd betah berlama2 ya di sana TFS

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sudah dibuka ya pantainya. Yup bener mbak tetep pakai masker, jaga jarak sama pengunjung lain ya supaya utk pencegahan.
      Duh liat kelapa mudanya aku jd pengen sekali minum degan mbak :D

      Delete
  12. Enaknya pantai , aku sangat suka pantai yg ada di seluruh indonesia...rasanya pengen berkunjung satu2

    ReplyDelete
  13. Emang nggak ada yang bisa nandingin makan kelapa segar di pinggir pantai! Duh pengeeenn

    ReplyDelete
  14. Jadi kira kira bujet yang harus saya siapkan kalau berempat ke sini kisaran berapa ya Mama Bo?
    Mupeng banget jadinya...

    ReplyDelete
  15. I definitely miss travel and really miss the beach. We've been to a small lake a few times, but not the beach this year. I am not sure we will go until our Covid numbers start going down. I don't think that will be any time this year, sadly. Stay safe and enjoy those beautiful beaches enough for the both of us ♥

    ReplyDelete
  16. saya juga kangen travelling mba, tapi sementara ini saya memilih di rumah dulu aja, nanti mungkin akhir tahun baru hunting destinasi liburan kalau sudah mereda pandeminya

    ReplyDelete
  17. Jujur sih aku belum pernah main di Lampung, siapa tau nanti bisa kesana dan mencoba beberapa destinasi wisata yang direkomendasikan oleh mbak Indah.

    ReplyDelete
  18. Pantaaaaiiiii!
    Beneran sakaw buat ke pantai
    Trus sambil minum es kelapa muda, cleguk cleguk sedaappp

    ReplyDelete
  19. The Mutun Beach Lampung is open again with health protocol being strictly observe....Noted!
    BEACH: Best Escape Anyone Can Have...Hmm, I miss the beach so much!

    ReplyDelete
  20. Wow masya Allah Mutun Beach ini pantainya bersih ya ...
    ASyiknya rekreasi di pantai sembari minum kelapa muda.

    ReplyDelete
  21. Udah kangen banget jalan-jalan ke pantai. Suatu hari semoga bisa kesini cz belum pernah ke lampung juga.

    ReplyDelete
  22. Mak, akutuh paling males maen ke pantai karena takut item hahaha (tambah item tepatnya). Tapi baca postingan ini kok jadi pengen maen ke sana ya

    ReplyDelete
  23. Indah juga pantainya. Aku pernah ke lampung tapi cuma sampai pahawang doang. Hehe.

    ReplyDelete
  24. The water is very clean and clear. Intriguing me to jump and dive inside 😍

    ReplyDelete
  25. Waah rekomendasi pantai di Lampung, aku mau balik ke Lampung dan menikmati pantainya. Rindu laut....

    ReplyDelete
  26. Cakep banget pantainya, Mbak. Jadi kangen main di pantai. Selain tiket masuk, berapa biaya yang harus dikeluarkan kalau mau main banana boat dan sewa kapal untuk keliling pulau, Mbak?

    ReplyDelete
  27. Belum pernah ke Lampung aku Mba Indah, dan pengen banget bisa main ke pantainya di sini. Indah banget airnya jernih, nggak kayak di sini eheheh. Semoga bisa main ke Mutun. Aamiin

    ReplyDelete
  28. wuah pantai Mutun ini tuh indah banget ya mbaa. Di Lampung banyak bgt wish list pantai yg mau aku datengin, dan memang belum pernah ke Lampung atau wilayah Sumatra lainnya nih

    ReplyDelete
  29. beberapa hari yang lalu sempat bahas sama keluarga mau ke lampung jika pandemi ini usai, karena banyak tempat wisata menarik yang bisa didatangi ya

    ReplyDelete
  30. Lampung kampung halamannya nenek aku, tapi sayangnya belum pernah menginjakan kaki disana, jadi ingin melihat keindahan pantainya setelah membaca blog ini

    ReplyDelete
  31. tiket masuknya masih sangat terjangkau ya kak, semoga pandemi segera usai jadi bisa nyobain juga kesana.

    ReplyDelete
  32. Ga sangka yah indah nih Lampung sayang banget 3 hari ke Lampung ga bisa eksplor karena kerjaan sih hahaha

    ReplyDelete
  33. perfect sudah...klo ada pantai, pasir yang lembut, debutan ombak, angin semilir, daaan air kelapa muda... I need Vitamin Sea euy...

    ReplyDelete
  34. Teman posting tempat wisata di Malang, pingin ke Malang. Ada yang posting tempat wisata di Bandung langsung kangen Bandung, lalu mbak Indah posting pantai di Lampung ngiler lagi mau ke Lampung, hi-hi-hi Saya banyak maunya, sayang belum bisa jauh-jauh jalannya, masih harus hati-hati dengan pandemi ini.

    ReplyDelete
  35. mutu, the unique name. i think there is unique beach too. Thanks for your sharing, is make me know about this.

    ReplyDelete
  36. Nama pantainya unik yaa, Mutun. Saya belum pernah sama sekali menginjak Pulau Sumatra. Semoga ada kesempatan suatu saat nanti, ke Lampung, dan gak lupa ke Pantai Mutun ini.

    ReplyDelete
  37. Wah sudah ada yang buka ya.. disini juga gt kak.. Gapapa sih wisata dan jalan2 asal tetep sesuai protokol kesehatan yaaa

    ReplyDelete
  38. Main ke pantaiii...senangnya~
    Merasakan hangatnya matahari, pasir dan deburan ombak di bibir pantai.
    Kalau sewa perahu, gak harus banyakan orangnya, kak Inda?
    Perorangan mau gak yaa..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sejujurnya, aku belum pernah menginjakkan kaki ke Sumatera lagi setelah lahir dan besar di Medan, kak Indah.
      Jadi rindu keindahan alam Sumatera, Lampung terutama.

      Delete
  39. Kapan hari pas ke Lampung dulu itu enggak mampir ke Pesawaran. Hanya jelajah Tanggamus, itu pun enggak semua. Diajaknya kayaknya ke tempat-tempat yang masih rintisan gitu. Suatu saat kudu balik lagi ke Lampung nih yaaa

    ReplyDelete
  40. Suasana pantai emang ngangenin dan khas banget dengan coconut gitu yaaaa enak segerrr

    ReplyDelete
  41. Lampung emang kata temenku yang tinggal disana, Lampung itu banyak pantai ya mba. Tapi btw aku baru denger pantai Mutun iniii

    ReplyDelete
  42. Walaupun belum bisa jalan-jalan, aku senang mbak Indah nulis tentang Pantai Mutun ini. Setidaknya bisa mengobati rasa ingin pergi jalan-jalan. Semoga nanti pas ke Lampung bisa mampir ke pantai ini .

    ReplyDelete

Thanks for visiting My Purple World. I am delighted to have you all here :D....
If you like what you read, feel free follow this blog through the button on the right side of the blog and hope you can leave some comments too. Nevertheless, all comments with direct links will be deleted.

Terima kasih sudah mampir ke blog aku ya. Selamat menikmati dan semoga suka. Komentar akan sangat dihargai, tapi link hidup dan spam akan langsung saya hapus ya.

Happy Blogwalking and enjoy 😘