Virtual Eid Mubarak and Halal Bihalal

getting ready for virtual meet - up 
Thanks to coronavirus, we are now “forced“ to embrace the ‘new normal’.
This year‘s Eid is one of the examples.

Google Meet with my Google Local Guide Community

We are strongly urged not to go back home or do ‘mudik’ in order to curb the spread of the virus. Many of us stay at home, separated from the big family or their loved ones, and experience the first and special Eid Al-Fitr in the middle of the pandemic. And that includes us, the Frakarsas.

The link below is the video of our Eid Celebration last year.
You see.. we did it in traditional fashion. We had big gatherings, family and friends, lots of food, tons of fun! Making me missing everyone! As Lebaran day is happening only once a year and celebrated after a month-long fasting month, no wonder we won't nothing but the best during this victorious day. 


Yet, again, 2020 is super special.
There we are.. making so many adjustments in life, work and the way we conduct our activities. We are taking our Eid celebration to a new level and a new platform.

Virtual celebration.

I have several Eid celebration and ‘gathering’ going on this year. First with my mom and my brothers and our families through whatsapp group video call. Then with my aunties and big families, followed by Office colleagues, my childhood friends and families as well as my communities. Quite a busy and packed schedules that carries on till the end of the week after Eid Al-Fitr. Even on the third day (which used to be part of Eid long holidays before COVID-19), we already have meetings and webinars through zoom application as well.

our first meeting right after the Eid
 I even have back to back ‘halal bihalal’ virtual meetup with my junior high school friends and continued with my Jakarta Google Local Guides and then Women Local Guides. I ended up finish everything at 1 AM. Straight from 4 PM in the afternoon! It was crazily long but I really enjoyed it. I will share more detailed stories in another post. As you can see, we have no better option but enjoying it.

This halal bihalal continued until 11 PM 
This year, we are doing it differently as we stayed at home and did everything from home during Lebaran day. But of course, it does not mean it's not fun! You can see our lebaran celebration this year in my YouTube video as well.


So, many of us are familiar with teleconference applications such as Google Meet, Webex, Skype, Polycon, and Zoom application and therefore we use them a lot. It was fun to chat, laugh, share photos and slides with the others. Even some technical glitches can be funny during the meeting. Perhaps this is the new normal that we all have to get used to. I do have problems with the connection sometimes and from bad backache after long, straight time sitting in front of the computer. And I guess I have to check my sight again as the hours being spent in front of the computers have significantly multiplied. But out of these issues, I can say I enjoy my virtual Eid Mubarak and Halal Bihalal.

How about your Lebaran day? 
So do you have your virtual meetings with your loved one as well?
How do you like it?

35 comments:

  1. Keluarga besar kami juga ber-Lebaran pakai ZOOM, Mba :)
    Aneh sih, tapi ya udahlah yaaa.
    Harus disyukuri, Alhamdulillah semua sehat

    ReplyDelete
  2. Semoga 2020 ditutup dengan ending yang baik aamiin :D
    Idem mbak kami di rumah aja saat lebaran, apalagi emang di Jakarta (coret) hampir gak ada saudara sih jd emang gk ada yg dikunnjungi jg. Jd sama kami juga telponan, chat, dan video call sama keluarga dan teman2

    ReplyDelete
  3. Serunyaaa lebaran sama keluarganya ngezoom. Aku di rumah aja dan silaturahminya cuma via chat grup keluarga. Ga semua keluarga besar pada paham pake Zoom nih

    ReplyDelete
  4. Isn't technology wonderful? It's so great that even when we can't be together, we can still be together virtually. I've been doing my workout classes through Zoom. I haven't seen my workout ladies since March, but we're still together several days a week doing out classes together through video.

    ReplyDelete
  5. Daku hanya via WA video hehe dan WAG grup, nggak pakai zoom hiks meriah banget itu mba Indah...

    ReplyDelete
  6. Tahun ini dg penuh kesadaran kami gak pulang kampung bahkan semua keluarga yg merantau ternyata gak ada yg pulang
    Bukan krn ga sayang tp justru krn sayang sm yg di kampung
    Untungnya km bs tetep silaturahim via zoom meeting sih
    Jd alhamdulillah ttp bs ketemu secara virtual

    ReplyDelete
  7. Dalam situasi keterbatasan seperti sekarang ini, setelah sekolah, kerja dan ibadah dari rumah, halal bihalal pun dilakukan dari rumah ya mbak.. dengan kemajuan teknologi halal bihalal tetap bisa dilakukan dengan penuh suka cita secara virtual ya mba

    ReplyDelete
  8. same like me. My family and I gathered in zoom. because of technology, we all can connected each other although distance tear us apart.

    ReplyDelete
  9. Aku belum pernah pakai zoom, mbak. Lebarannya ya salat Ied di rumah bareng suami dan 2 anak. Trus ke rumah orangtua yang jaraknya 900 m dari rumahku sebentar aja. Udah pulang deh hehehe.

    ReplyDelete
  10. Aku mudiknya h-1 mba..tapi karena lintas kabupaten doang. Pas hari H nya, cuma bener2 di rumah...nggak sholat Ied juga, baru M soalnya.. Lebaran paling sepi mba tahun ini

    ReplyDelete
  11. Untuk pertama kalinya, kami merayakan Idhul Fitri tanpa mudik dan di "lock down" di rumah saja. karena di tempat tinggal kami, pintu masuk dijadikan one gate system dan ditutup selama 2 hari. Alhamdulillah, dinikmati suasana yang ada dan berlebaran secara online dengan ortu, saudara dan teman-teman. bahkan acara syawalan online via ZOOM dengan teman-teman kuliah masih bersambung sampai sekarang, jilid I, II dan jilid III kayaknya bakalan segera ada

    ReplyDelete
  12. serunya lebaran pake teknologi canggih :) bersyukur ya mbak walau nggak bisa langsung ketemu tapi seenggaknya bisa bertatap muka

    ReplyDelete
  13. Iya mbak, lebaran cuma sama orang tua aja karena rumahnya tetanggaan... Enggak ada adik, enggak ke rumah mertua, enggak keliling ke saudara-saudara... Ketemu secara virtual aja...

    ReplyDelete
  14. seru banget ya mbak, acara halal bihalalnya meskipun lewat zoom. pasti akan menjadi kenangan yang tak akan terlupakan :-)

    ReplyDelete
  15. Kami juga berlebaran via whatssApp video call, kak Indah.
    Lucunya kalau pas ngomong bareng, jadi pada bingung. Kan masalah sinyal juga yaa..
    Memang harus perbanyak bersabar di masa-masa pandemi begini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga segera setelah pandemi ini berakhir, bisa segera mudik yaa, kak Inda...
      Kangen tulisan travelling eh, kerjanya kak Indah.

      Delete
  16. Wohoo jadi seperti silaturahmi tahun sebelumnya meski online tetap berseri2 ya.. dan bisa mengunjungi banyak kolega dan keluarga.. mom and dad tetap yg pertama ya..

    ReplyDelete
  17. Seru mama boobi zooman banyak bisa silaturahmi ke banyak orng walau di rumah saja. Suka semangat positifnya 😍😍

    ReplyDelete
  18. Kalo silaturahmi ama generasi milenial sih pada pake zoom, mbak. Tapi ama generasi baby boomers ya pake chat ama telepon. Nggak semua bisa pake zoom soalnya. hehe

    ReplyDelete
  19. Sama nih sy juga silaturahmi virtual.tp sm keluarga di kampung halaman aja. Walaupun kurang puas melampiaskan kangennya tp gmn lagi ya...smg pandemi ini segera berakhir

    ReplyDelete
  20. seru banget ini halal bihalalnya online hihihi, walaupun belum bisa silaturahim secara langsung, untungnya jaman udah semakin canggih yaaa

    ReplyDelete
  21. Alhamdulillah masih bisa silaturahmi meskipun melalui media online ya mam. Tetap harus dijaga nih komunikasi dengan teman dan saudara. Keep updated.

    ReplyDelete
  22. sama mba, lebaran spesial ya kali ini, bersabar gak mudik, lebaranan via video call, alhamdulillah masih bisa ketemu walau secara virtual

    ReplyDelete
  23. Waktu Lebaran pertama, karena hanya sama keluarga inti, silaturahmi Idul Fitri dengan video call WA, di hari kedua baru pakai zoom karena pesertanya lebih banyak, lebih dari 10 orang, nggak cukup kalau video call saja.
    Idul Fitri 2020 bakal tak terlupakan :)

    ReplyDelete
  24. Lebaran tahun ini beda banget ya mbak, saya pun hanya bisa vidcall dengan saudara-saudara nun jauh disana karena enggak bisa kemana-mana. Tapi seru juga sih bisa ngobrol bareng gitu secara online

    ReplyDelete
  25. maasyaallah kebayang ini keseruan virtual eid mubarak dan halal bihalal kamu mba.. hehehe aku baru aja selesai halal bihalal sama teman-temen kajian

    ReplyDelete
  26. Sungguh kangen ya sama masa2 ssbelum corona menginvasi bumi. Walo pelan2 uda mulai diaktifkan kembalk, ttp merasa was-was deh

    ReplyDelete
  27. Minal aidzin walfaidzin mbak. Emang ya pandemi ini bikin kita makin kreatif. Waktu lebaranpun keluarga besar halal bihalal virtual.

    ReplyDelete
  28. Minal aidzin mbak, seru ya lewat virtual sekarang halal bihalalnya hehe semoga pandemic ini cot selesai yaaaaa . Kangen juga nih kumpul keluarga langsung hihi

    ReplyDelete
  29. Karena zoom jdi masi bisa silaturahmi online ya.. Meski ga bisa ketemu kluarga besar tapi malah bs ketemu online sama teman2 yang lain jg ya

    ReplyDelete
  30. Selamat lebaran mba mohon maaf lahir dan batin. Lebabaran tahun ini sama, aku jg pake vcall whatsapp untuk halal bihalal nya ����

    ReplyDelete
  31. Minal aidzin wal faidzin Mbak, samaan nih lebaran tahun ini aku sekelurlarga kumpulnya via online aja hihi

    ReplyDelete
  32. senang banget ya mbk bisa silaturahmi dengan keluarga walau pakai zoom bersyukur juga di zaman pandemi ini sudah ada teknologi canggih

    ReplyDelete
  33. Betapa era digital mampu melampui batas yang ada. Sehingga meski di rumah aja tetap bisa silaturahmi virtual dengan zoom

    ReplyDelete
  34. Waah iya musim pandemi gini acara silaturahim idul fitri dan halal bihalal ganti pakai zoom semua ya. Lebih praktis sih dan masih bisa ketemuan juga

    ReplyDelete

Thanks for visiting My Purple World. I am delighted to have you all here :D....
If you like what you read, feel free follow this blog through the button on the right side of the blog and hope you can leave some comments too. Nevertheless, all comments with direct links will be deleted.

Terima kasih sudah mampir ke blog aku ya. Selamat menikmati dan semoga suka. Komentar akan sangat dihargai, tapi link hidup dan spam akan langsung saya hapus ya.

Happy Blogwalking and enjoy 😘