Sebelum Road Trip, Ini Persiapan Yang Harus Dilakukan


Cheers from Bo et Obi ..posing at the Canadian side of the Niagara Falls furing our road trip

Sebelum Road Trip, Ini Persiapan Yang Harus Dilakukan

Road trip bagi seorang petualang bukanlah merupakan suatu hal yang baru dan biasanya dilakukan bersama teman- teman yang memiliki hobi yang sama. Tidak hanya bersama dengan teman-teman saja, road trip dapat dilakukan bersama keluarga.

Sebelum melakukan road trip ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan. Apalagi, jika dalam anggota keluarga harus mengajak bayi atau balita dan belum terbiasa untuk melakukan perjalanan jauh. Kamu harus memastikan persiapan dan kesiapan peserta road trip, agar nantinya perjalanan berjalan lancar, nyaman, dan aman.

Langsung saja simak lima hal penting berikut yang harus kamu persiapkan ketika hendak road trip :

1.     Menentukan Tempat Tujuan
Terlebih dahulu kamu harus merencanakan dan mengatur persiapan road trip dengan matang. Hal ini perlu dilakukan, mengingat kamu akan pergi berlibur bersama dengan anggota keluarga dan juga mengajak anak. Rencana ini dapat kamu mulai dari menentukan kapan road trip tersebut akan dilaksanakan, mencari rute perjalanan dari yang terdekat dan menyiapkan akomodasi secara tepat.

Selain itu, kamu juga harus mengutamakan faktor keamanan, seperti pemilihan jalur yang aman. Kamu juga harus memilih hotel yang bersih dan aman serta menyediakan berbagai fasilitas untuk anak-anak.

Sebelum road trip dijalankan, lebih baik kamu mencari tahu beberapa informasi dan juga membuat itinerary perihal tempat mana saja yang akan kamu datangi bersama keluarga dan anakmu. Kamu juga dapat memulai terlebih dahulu dari jarak tempuh yang paling dekat menuju destinasi dengan jarak yang paling jauh.

Kamu juga perlu harus mencari tahu tentang tempat destinasi liburan yang akan kamu kunjungi tersebut seperti apa, kegiatan seperti apa yang akan kamu lakukan dan nikmati bersama keluargamu setiba di tempat tersebut. Dengan rincian yang sudah sangat matang tersebut, kamu dapat mengerti persiapan dan barang apa saja yang harus kamu bawa untuk menunjang liburan yang nyaman dan menyenangkan tersebut.


Our car in NYC...during winter..

2.     Cek Kendaraan
Jika selama road trip kamu menggunakan mobil pribadi, kamu harus memeriksakan kendaraan tersebut ke bengkel. Sebelum road trip dimulai, kamu harus memperhatikan keadaan fisik dari kendaraan tersebut seperti kondisi mesin, kestabilan suhu ban, keamanan fungsi rem dan juga alat penerangan mobil kamu.  Mobil yang akan digunakan harus dalam keadaan layak untuk melakukan perjalanan jauh. Hal ini dilakukan agar road trip kamu berjalan dengan lancar, nyaman dan aman.

3.     Siapkan Bekal dan Perlengkapan Untuk Anak
Jika menempuh perjalanan jauh selama road trip, kamu tidak bisa sembarangan untuk berhenti di rest area atau restoran. Untuk mengantisipasi hal tersebut, kamu dapat membawa bekal makanan (berat maupun ringan) dan minuman agar mengganjal perut kamu dan keluarga saat lapar.
Di samping itu, perlengkapan seperti pakaian ganti, mainan dan selimut merupakan barang penting yang harus dibawa. Kamu juga harus memberitahukan kepada anakmu mengenai perjalanan yang akan kalian tempuh dengan gembira, agar anakmu juga antusias untuk melakukan road trip tersebut.

4.     Siapkan Kotak P3K
Kamu harus memastikan bahwa mobil yang kamu gunakan terdapat kotak P3K yang masih dapat digunakan dan juga tidak kadaluarsa. Menyiapkan Kotak P3K ini berguna pada pertolongan pertama saat kejadian tidak diinginkan terjadi.
Contohnya, jika di lokasi wisata anakmu terjatuh dan tiba-tiba merasa tidak enak badan dan lainnya. Selain perlengkapan pertolongan pertama, kamu juga harus menyiapkan obat-obatan untuk meredakan sakit perut, demam dan sakit kepala.

5.     Proteksi diri
Salah satu hal penting yang harus disiapkan agar road trip kamu berjalan lancar dan menyenangkan adalah proteksi. Proteksi dalam bentuk asuransi akan melindungi kamu dan juga seluruh keluargamu yang dalam road trip tersebut. Asuransi menjadi sebuah perlindungan risiko yang tak terduga saat road trip, seperti mengalami sakit saat dalam perjalanan, mengalami hotel yang bermasalah, dan juga kasus pencurian.
Lifepal adalah salah satu marketplace yang menyediakan asuransi dengan kisaran produk yang luas dan membantu kamu untuk memilih produk sesuai kebutuhan. Marketplace ini menyediakan asuransi sederhana dan juga terjangkau dan dilengkapi oleh layanan kesehatan bagi para pengguna.

Kamu juga dapat memilih sesuai dengan kebutuhan kamu, misalnya dalam hal ini kamu memilih asuransi dengan tujuan liburan dengan melakukan road trip. Asuransi kendaraan terutama asuransi TLO maupun  yang kamu pilih tersebut akan memberikan perlindungan jika terjadi kerusakan pada kendaraan yang cukup parah selama perjalanan.




21 comments:

  1. Petua hebat, Indah, terutama #2.

    And don't forget to check if the date of travel coincides with a public holiday. Once, I was stuck in traffic for 8 hours on a road trip to Ipoh - it was supposed to be a two-hour journey!

    ReplyDelete
    Replies
    1. So truuueee Ibu.. traffic can be super horrible indeed!

      Delete
  2. Persiapan sebelum melakukan perjalanan itu emang wajib harus dilakukan bagi saya. Apalagi kemana mana saya hampir selalu bawa anak. Meski rempong, tapi kalau persiapan sudah matang, perjalanan akan terasa lebih menyenangkan...

    ReplyDelete
  3. Penting untuk persiapkan rencana yg matang dan bekal yg cukup sebelum travelling ya mbak

    ReplyDelete
  4. Benerrrr bangeeett mba Indah.
    Road trip, apalagi bersama keluarga atau sahabat, seharusnya jadi perjalanan menyenangkan.
    tapiii, kalo persiapannya berantakan, acara road trip bisa berubah horrible :D
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  5. Wiih betul itu, proteksi diri pun perlu ya jika ingin road trip.
    Rencana pun harus matang.

    ReplyDelete
  6. Memang banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum road trip ya. Bawa bekal itu wajib sekali jika perjalanan bersama anak, apalagi yang masih kecil. Keamanan mobil pribadi juga penting, jika kita bawa mobil pribadi.

    ReplyDelete
  7. Persiapan harus maksimal ya, mba biar perjalanannya sesuai dengan rencana.
    Proteksi diri untuk jaga-jaga dengan hal yang diluar perkiraan juga sangat2 penting, biar tenang selama road trip.

    ReplyDelete
  8. Traveling, apalagi bareng keluarga, memang persiapannya harus matang. Jangan sampai kita bingung sendiri kalau terjadi hal2 di luar ekspektasi kita.

    ReplyDelete
  9. salfok sama air terjun niagaranya mba Indah.. bagusnya.. berdoa semoga suatu saat nanti bisa kesana.. aamiin.. well noted mbak, sebelum road trip memang kita sebaiknya melakukan berbagai persiapan ya.. mulai dari cek tujuan, kendaraan hingga persiapan asuransi ya mbak

    ReplyDelete
  10. mbakk itu saljunyaaa seteball itukahhh??? adduhh nggak kebayang :D

    ReplyDelete
  11. Wkwkw saya kalau misal mau road trip, selalu mastiin kalau kendaraan aman sih, takut kenapa-kenapa, apalagi kalau malem, duh :D

    ReplyDelete
  12. Bener nih biasanya road trip bagian cek kendaraan suami, saya mah mesti nyiapin perlengkapan anak & suami biasanya udah dari lama heboh nentuin pake baju apa aja 🤭

    ReplyDelete
  13. kalo mau road trip emang harus super mempersiapkan segalanya..repot kalo ada yang tertinggal

    ReplyDelete
  14. Aku paling hobi road trip bareng anak. Kebiasaan dari keluarga dulu, berasa lebih deket dan nyaman aja.
    Awalnya segala perintilan dibawa, tapi semenjak sering pergi2, jadi tahu apa aja yg penting dan yang nggak :D

    ReplyDelete
  15. Persiapan untuk perjalanan itu sangat penting sekali ya, mbak :)
    Apa lagi harus membawa anak2, itu persiapannya lebih lama dan banyak banget bawaannya. :)

    ReplyDelete
  16. Senang banget bisa jalan bareng keluarga mbak, apalagi bawa anak-anak pastinya perlengkapannya pun harus siap sedia.

    ReplyDelete
  17. Woww roadtrip Mba Indah mah jangan ditanya ya, mainnya jauh huhu semoga suatu hari aku bisa roadtrip jauh jauh seperti Mba Indah

    ReplyDelete
  18. Bener banget nih Mbak sebelum road trip sebaiknya persiapan sudah harus matang, termasuk untuk proteksi diri itu juga penting ya.

    ReplyDelete
  19. Iya mbak, terutama kalau masih ada bayi dan balita, harus bener bener diset agar perjalanan menyenangkan. Kalau gak, mungkin anak anak gak bakalan mau lagi diajak jalan jalan karena kapok hihi

    ReplyDelete
  20. That waterfall area is so pretty! I wish I were there right now.

    ReplyDelete

Thanks for visiting My Purple World. I am delighted to have you all here :D....
If you like what you read, feel free follow this blog through the button on the right side of the blog and hope you can leave some comments too. Nevertheless, all comments with direct links will be deleted.

Terima kasih sudah mampir ke blog aku ya. Selamat menikmati dan semoga suka. Komentar akan sangat dihargai, tapi link hidup dan spam akan langsung saya hapus ya.

Happy Blogwalking and enjoy 😘