Idul Fitri di the Big Apple

Eid Mubarak :)

Gema takbir berkumandang dari bibir para jemaah masjid Al-Hikmah, Astoria, New York City, pagi itu.

Haru terselip di setiap kata yang terucap, teringat akan banyaknya kekurangan yang belum tergenapkan dan senyum tulus keluarga tercinta, nun jauh ribuan kilometer di seberang lautan.

Lebaran telah tiba.

Tahun ini, tiga kali sudah kami merayakan Ramadhan dan Idul Fitri di the big apple. 
Istimewa?
Pasti.

Di mana pun berada, curahan rahmat dan ampunan-Nya lah yang membuat semua terasa begitu spesial. Meski jauh dari sempurna, semoga Ramadhan bisa mencuci hati dan jiwa kita dari iri, dengki, dendam dan penyakit hati lainnya.

Saatnya menyambut hari kemenangan.

Di manapun kita berada.

Pagi itu New York City bermandikan sinar matahari. Sejak subuh saya sudah tidak bisa tidur lagi, meskipun jam baru menunjukkan pukul 4 pagi. Semua sudah disiapkan untuk rencana kami hari ini.
Sholat Idul Fitri di Masjid Al-Hikmah - membantu acara Open House di kediaman Watap/Dubes RI untuk PBB - silahturahmi dengan keluarga besar perbankan di NYC.
Hanya 3 acara tapi pasti sehari penuh.

Waktunya merayakan Idul Fitri di the Big Apple.

Pukul 6.30, anak-anak pun sudah bangun. Usai bersiap dan sarapan secukupnya, kami pun menuju masjid. Pagi menjelang pukul 8, kami sudah harus  berjuang menuju masjid dan langsung mencari tempat parkir :). Alhamdulillah dapat dan tidak jauh dari tempat kita shalat. Harap maklum, urusan parkir di NYC memang luar biasa rempong dan mahal, apalagi kalau sampai kena fine alias denda yang starting from $100 (kan mendingan buat beli Kate Spade :)). 


keseruan di Masjid

Masjid Al-Hikmah penuh dengan jemaah Indonesia dari berbagai bagian negara New York maupun states berbeda dan negara lainnya yang bersama merayakan hari raya Idul Fitri. Semarak dan meriah, masjid terlihat begitu penuh warna.


1 jam sebelum shalat dimulai :)

Usai shalat, kami bergegas pulang, berganti baju dan langsung menuju Wisma Indonesia New Rochelle. Perjalanan yang ditempuh dari Astoria hingga Pelham Manor, New Rochelle, cukup lama karena macet di beberapa ruas jalan. Namun Alhamdulillah kami bisa segera tiba di tempat tujuan.

Tahun ini saya diminta membantu bagian konsumsi. Pas banget memang tukang makan model saya bertanggung jawab untuk seksi konsumsi, jadi tau makanan enak macam apa yang diharapkan di acara open house seperti ini :). 

nuansa silver tahun ini :)

Setelah sehari sebelumnya kami berbenah untuk aneka hiasan khas Indonesia, di hari H semua makanan kahs Indonesia yang sudah disiapkan pun tertata rapi di empat sudut meja yang tersebar di sepanjang wisma.

menunya lengkap ajaaa :)
Mau tau menu apa saja yang tersedia?
Mau dooong ...

Ketupat komplit dengan sayur labu kuah santan, opor ayam, dan sambel goreng kentang daging printil. Plus kerupuk, sambal dan acar. Menu luar biasa ini adalah hasil kolaborasi chef wisma, mas Gandi Latif, dan chef andalan PTRI, tante Unggu. Hasilnya seperti bisa dilihat...They make me drool instantly.


Ketupat lebaran lengkap, lho :)



inside the Residence

Di meja 'cemilan', tersedia mie bakso dan gulai kambing maupun sapi. Kompor portable yang ada di meja pastikan kuah bakso dan kuah gulai selalu hangat sehingga menikmatinya pun bisa penuh perasaan.


salah satu pojok yang paling ramai :)

Kids' corner menyediakan halal hot dog, chicken nuggets dan mie goreng. 


kids just can't stay away from here ..

Kue khas Indonesia diwakili lapis Surabaya dan lumpia. Di meja dalam juga tersedia kue khas lebaran seperti nastar, kue keju dan lidah kucing. Juga aneka kerupuk dan rempeyek. 


can't get enough o the lumpia :)


Belum lagi aneka buah segar dan es buah. Pokoknya makanan Alhamdulillah berlimpah. Sambil posting foto ini, serasa pengen nyomot aneka makanan sedap ini :).


buah segar favoritku..

But delicious Indonesian food is not the only thing that we're after. Menjaga silahturahmi yang paling utama.



Tak heran sepanjang hari celoteh seru warga negara Indonesia, dengan segala kemedokan dialek daerah asalnya (beneran lho) terdengar di sana sini. Gelak tawa dan lelucon khas daerah pun terlontar di banyak sudut. Belum lagi pakaian khas Indonesia yang penuh warna dan corak. Kalau sudah begini, tidak terasa kalau kita sedang berada di New York. 

Tapi itulah indahnya silahturahmi. Jauh dari tanah air justru melekatkan hati kami. Perasaan senasib sepenanggungan memperkental persaudaraan komunitas diaspora Indonesia yang jumlah ribuan tersebut.


colorful...

Belum lagi selfie tiada henti.


cheers to you all...

Dan aneka ekspresi.


with my dearest colleagues in Politik II :)

Yang ditutup dengan foto bersama keluarga besar PTRI New York.




Dan memang, hari kemenangan terasa makin 'manis' ketika kita merayakannya bersama keluarga besar.

Saya, Rudi, Bo et Obi benar-benar menikmati kebersamaan ini. We might have left our family back home, but we've found more lovely families here in NYC. Meskipun jauh dari kelaurga besar yang juga merayakan lebaran dengan seru di Lampung, namun kami tetap bahagia berfacetime ria dengan mereka dan lanjut makan ketupat lengkap di NYC :). 
Merci ya Rabb, untuk kecanggihan teknologi dan segala kemudahan yang Engkau berikan kepada kami di hari nan fitri ini.

Idul Fitri di the Big Apple  memang seru :).

So glad that the gathering was a success. It was a fantastic day well-spent with wonderful people and great food. 


Salam dari the Big Apple.
Bagaimana dengan cerita lebaran teman-teman?

16 comments:

  1. Selamat Idul Fitri ya Mbak, maaf lahir & batin.

    Itu mie baso & gulai termasuk camilan ya .. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama ya teeeh... Hihihiii iyaaa camilannya berat yaaaah

      Delete
  2. selamat lebaran , mohon maaf lahir batin. walau jauh dari keluarga di sana juga banyak orang indoneia yang bagai keluarga sendiri ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih ya mbaaa.. Iya betul, banyak ketemu keluarga baru :)

      Delete
  3. Selamat lebaran yaa kak

    aku belum makan sambel goreng ati #Pengen

    ReplyDelete
  4. Aku nunggu2 banget postingan Lebaranmu mbak. Pasti seru NY rasa Indonesia. Selamat Lebaran.

    ReplyDelete
  5. Replies
    1. it's one of the most appealing dishes we have over the year..

      Delete
  6. Seru yaaaaa :D
    Selamat Lebaran tante!eh Mbak :D
    Semoga diaspora-diaspora lainnya di luar sana juga merasakan kekeluargaan seperti di NYC ya.. :)

    ReplyDelete
  7. Selamat hari Raya Idul Fitri ya... Bener, bukan soal makanannya yang utama tapi kebersamaannyaaa... *etapi kl smp gak ada yg dicemil kan laper juga nantinya... teteup protes *

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebersamaan penting bangeet..makan bersama terutama hehehehe

      Delete

Welcome! Thanks for visiting My Purple World. I am delighted to have you all here in my blog.
If you like what you read, feel free follow this blog through the button on the right side of the blog and hope you can leave some comments too. Nevertheless, all comments with direct links will be deleted.

Terima kasih sudah mampir ke blog aku ya. Selamat menikmati dan semoga suka. Komentar akan sangat dihargai, tapi link hidup dan spam akan langsung saya hapus ya.

Happy Blogwalking and enjoy 😘