Lebaran@NYC...

Alhamdulillaaaaah. ..

Tak terasa setelah 29 hari berpuasa, akhirnyaaa hari kemenangan pun tiba.
Gema takbir pun berkumandang, walaupun hanya di lingkungan rumah kami saja.

Lebaran kali ini, kami sekeluarga kembali menikmatinya di negara orang. 

Nothing to complain...ini bukan kali pertama kami harus terpisah jauh dari orang tua dan keluarga besar. Rasanya memang jauh berbeda dibandingkan di tanah air, terbersit rasa rindu akan lingkungan keluarga yang hangat dan suasana lebaran yang meriah. Hebohnya berbelanja untuk hari raya dan meresapi malam-malam terakhir Ramadhan di masjid dekat rumah. Belum lagi sujud sungkem, pelukan hangat, serta jabat tangan saat bermaaf-maafan...

Well....but life must go on :)

Alhamdulillah kemajuan teknologi juga sangat membantu memperlancar komunikasi dengan orang tua, keluarga besar dan teman-teman di tanah air. Mulai dari urusan tanya resep kue, titip bayar zakat, sampai ukuran baju bisa langsung diselesaikan via facetime, line or tango :). Nikmatnya teknologi terkini terasa sekali...

So, dengan niat dan tekad bulat untuk menikmati hari kemenangan, kami sekeluarga pun bersuka cita menyambutnya. Including here in our new home.

Usai taraweh terakhir, kami pun berbenah rumah. Kebetulan barang barang kiriman dari Indonesia baru tiba. Penuh semangat kami membongkar box-box tercinta. Tujuan utama, cari mixer hehehe..biar bisa bikin kue :). Mencoba realistis, saya hanya buat kue keju yang memang jadi kesukaan anak-anak dan ibunya. Jadilah ngadon dan manggang sampai jam 1 pagi sajaaa ♡♡. Karena semangat, rasanya ngg capek tuh, walaupun suami sudah bolak-bolak mengingatkan kalau besok sholatnya pagi-pagi di masjid :).


kaastengels...favorite keluarga :)
Siangnya, untuk buka puasa terakhir, sambal goreng ati dan sayur santan pun sudah siap. Yah, Hawa lebaran mulai terasa memaaang... Walaupun sempat berpikir untuk tidak memasak makanan lebaran, rasanya kok ada yang kurang. Apalagi menengok kulkas yang isinya masih penuh aja, jadilah ati ayam, kentang, buncis, wortel dan bahan lainnya disulap menjadi dua makanan favorit kami ini.


si sambal goreng ati nan bersahaja...
ada yang ikut begadangan malam takbiran :)...
Pagi harinya, bergegas kami menuju Masjid Al-hikmah, yang didirikan oleh komunitas Indonesia di NY. Dari pengumuman yang disampaikan di website masjid ini, kami tau bahwa sholat akan dimulai pukul 9 pagi waktu NY. Pukul 8.45 pagi kami tiba di area seputar masjid dan perjuangan mencari parkir pun dimulai :). Bukan rahasia kalau urusan parkir memang tidak mudah. Untungnya 2 blok kecil dari masjid kami dapat satu spot parkir. Tinggal satu spot dan sepertinya memang rezeki Bo et Obi. 

Saat berjalan menuju masjid, kami pun mengumandangkan takbir. Rasanya sesak..karena kembali rindu akan semua dan merasa begitu kecil di hadapan-Nya. Semoga bisa bertemu di Ramadhan berikutnya.

Tiba di masjid, tempat sudah penuh sesak dengan umat muslim dari berbagai penjuru dunia. Walaupun masjid ini didirikan oleh komunitas Indonesia,  Namun jamaahnya beragam... Paling tidak saya bertemu rekan- rekan muslim dari Bangladesh, Pakistan, Mesir, Maroko, Turki, bahkan Ukraina di tempat ini. Luar biasa melihat semua keragaman yang tunduk pada kuasa-Nya. Saya dan Obi kebagian di basement, sementara Bapak dan Bo di atas.

salam dari Obi :)
Tepat pukul 9 pagi..sholat dimulai dan dilanjutkan dengan khotbah Idul Fitri yang kembli mengingatkan bahwa hari kemenangan harusnya dapat membuat kita menjadi orang yang lebih baik sepanjang tahun, sepanjang masa...

suasana menjelang sholat..di basement...

Seperti di Indonesia, usai sholat pun kotak amal diedarkan di antara jemaah. Namun satu hal yang yang berbeda, di sini anak-anak yang ikut sholat mendapat goodie bag :). Yuuuup...isinya banyaaaak aja..berbagai penganan kecil yang disuka anak-anak terutama. So Bo et Obi pun happy :)..

kok obi manyun yaaaa....
basement pun dibuka...
Selesai sholat dan khotbah, kami pun saling bermaaf-maafan. Kenal tidak kenal, jabat tangan dan ucapan maaf serta Eid Mubarak terus bertebaran. Alhamdulillah. .bertambah teman dan keluarga di hari yang fitri.


tapi itu belum selesai lhooo.....karena di area belakang masjid, panitia sudah sibuk menggelar makanan khas hari raya. Ya, ada lontong dan gulai kari ... plus kerupuk. Beberapa meja di gelar untuk semua umat yang hadir. Sayang kami tidak sempat mencicipi, karena akan segera lanjut ke acara open house di Konsulat Jenderal RI di New York.



 

Di KJRI,  kami pun merasa seperti di rumah sendiri :). Kembali bertemu dengan wajah-wajah familiar, juga teman lama dan teman baru. Bahkan saya reuni dengan teman SMP di sini...padahal waktu di Indonesia mau ketemu susahnya minta ampun :)..





Menu yang disajikan pun akrab di lidah...ada sayur godok, rendang, opor ayam, bakso, asinan jakarta dan kue-kue. Pokoknya bahagiaaaaa dan rasa kangen akan rumah sedikit terobati :). 

Tidak terasa, hari sudah merangkak sore...Silahturahmi yang seru memang membuat waktu berlaku dengan cepat. Walaupun tergoda untuk berpiknik ria di Central Park yang  hany 2 blok dari KJRI, namun kami memilih pulang karena Bo et Obi sudah capek ikut keliling sejak pagi. Dan besok, sudah banyak rencana untuk menikmati libur lebaran :).



Tak lupa...photo session ;)

Yuuuup...foto sana, foto sini, senyum sana senyum sini...pokoknya cerah ceriaaaaa :)




our mini reunion @ NYC :)

Alhamdulilaaah. ..it was a wonderful Eid Al-fitr for us.
Wherever we are
, akan selalu ada keluarga dan teman-teman tercinta untuk merayakan hari nan fitri ini.  And that's one of the the essences of celebrating this glorious day with your loved ones..
Lebaranmu bagaimana? Pasti seru juga kaaaan...

21 comments:

  1. Mak Indah... Happy Eid Mubarak yaaa! Mohon maaf lahir dan batin. Duh, seru sekali rasanya mengikuti 'reportase'mu.... lebaran di negeri orang dan menjadi kaum 'minoritas' pun tak mengurangi khidmad dan serunya lebaran, ya, Mak? Thanks for share. It's awesome! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasiiiih maaak..iya, kami menikmati menjadi kaum minoritas :)...Happy eid yaaaa...

      Delete
  2. uwaaaaaaa kebayang seruya,meski nan jauh disana tapi sangat menyenangkan ya mak..ya ampun obiiii,napa gelantungan gitu sih hahahaa,lucu bangettt :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya maaak....tetap harus dinikmati, apapun kondisinyaaaa,...neng obi sih biasaaa...sibuk jugaaa :)

      Delete
  3. selamat idul fitri mbak. maaf lahir batin ya...
    seru ya idul fitrinya. terima kasih sudah berbagi kisah lebaran di negeri lain :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama yaaa..maaf lahir batin juga :)...pasti lebih seruuuu di tanah air :)..makanya kangen :)

      Delete
  4. serunya lebaran di negeri orang :) met lebaran ya Mama Bo, maaf lahir dan batin. salam untuk keluarga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf lahir batin juga mak uniek....seru dan kangeeen tanah air judulnya...

      Delete
  5. mohon maaf lahir batin ya mak....keep happy blogging always..salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama yaaa...maaf lahir batin dan happy blogging always :)...cheers...

      Delete
  6. Rame ya, mama boo. . .
    Rame orang dan makanan. :D

    Mohon maaf lahir dan batin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa IDaaah...alhamdulillaaaah :)..maaf lahir batin ya cantiiik :)

      Delete
  7. The food looks so yummy, and everyone looks so happy.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Indeed they are delicious Alissa..and this special occasion really brings smiles to everyone :)

      Delete
  8. Selamat LEbaran Mbak..menyenangkan lebarannya mbak..ituh kastengelnya bentuk2nya lucu2 ..dan anak2 unyu2 bgt deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama yaaa mbaaaa...makasiiiih..itu buat kaastengelsnya dirushin anak2, makanya bentuknya bintang dan bunga :)

      Delete
  9. ternyata tak seperti bayanganku yg bakal sepi lebaran disana, ternyata rame ya, Mak Indah..

    taqaballahu minna wa minkum, minal aidin wal faidzin. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf lahir batiiiin ya maaak :)..iyaa, alhamdulillah rameee...

      Delete
  10. I am drooling over all that yummy looking food.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha...you're not the only one Robin :)....me, too ...this is a kind of event that you've been waiting for..only once a year..

      Delete
  11. Minal aidin wal faidzin ya, Mbak..
    Mohon maaf lahir dan batin.. ^^

    ReplyDelete

Welcome! Thanks for visiting My Purple World. I am delighted to have you all here in my blog.
If you like what you read, feel free follow this blog through the button on the right side of the blog and hope you can leave some comments too. Nevertheless, all comments with direct links will be deleted.

Terima kasih sudah mampir ke blog aku ya. Selamat menikmati dan semoga suka. Komentar akan sangat dihargai, tapi link hidup dan spam akan langsung saya hapus ya.

Happy Blogwalking and enjoy 😘