Menangani isu multilateral sangat menyenangkan....

Dini hari, saat iseng-iseng browsing, I found this 2008 article that I wrote for Tabloid Diplomasi ..

It was about my first posting as Third Secretary at the Indonesian Mission to the United Nations Office in Geneve, World Trade Organization and other International Organizations...






How I miss Geneve....





Anyway....I don't even remember this article, but it certainly thrilled me :D...one of my early, amateur pieces of writing :D...as I re-read it, I just realized that I was involved in so many organizations during that time...Precious time indeed, with invaluable experiences and great circle of friends...


Assembly Hall, Palais des Nations, UN Office in Geneve...
Wanna check it out? here it is...


Indah Nuria Savitri

Sekretaris III PTRI JENEWA

"Menangani Isu Multilateral Sangat Menarik"Saya resmi bertugas di Perwakilan Tetap RI (PTRI) Jenewa sejak tanggal 24 November 2007. Sehari setelah tiba dari Indonesia, saya langsung bertugas untuk mengikuti sidang 30th International Conference of ICRC. Tugas dan tanggung jawab utama PTRI Jenewa adalah mewakili kepentingan Republik Indonesia di PBB, WTO dan organisasi internasional lainnya di Jenewa. Isu-isu yang menajdi tanggung jawab PTRI antara lain menyangkut isu keamanan internasional; perlucutan senjata; hukum internasional; hak atas kekayaan intelektual; hak asasi manusia, sosial dan kemanusiaan; ilmu dan teknologi; ekonomi perdagangan dan pembangunan; lingkungan hidup; kerja sama Selatan-Selatan; perdagangan internasional; kesehatan; ketenagakerjaan; migrasi; telekomunikasi dan meteorologi.

PTRI juga terlibat secara aktif pada beberapa organisasi internasional di mana Indonesia memiliki kepentingan dan komitmen yang sama, seperti ASEAN melalui ASEAN – Geneva Committee, G-15, G-33, G-20, ITCB, Gerakan Non-Blok dan Organisasi Konperensi Islam. Pada intinya PTRI menangani isu multilateral dan hal ini yang membedakan PTRI dengan KBRI, karena KBRI menangani isu bilateral dengan negara terkait.

Sebelum ditugaskan di PTRI saya bertugas di Direktorat Diplomasi Publik, jadi tidak memiliki pengalaman multilateral yang merupakan core task dari PTRI Jenewa. Tapi justru di situ sisi menariknya bertugas di PTRI Jenewa, karena saya harus belajar semua dari awal. Seperti punya pacar baru, you are eager and thrilled to learn the rope. Another interesting thing here is your circle of friends. Saat ini posisi saya sebagai Sekretaris Ketiga untuk Politik II, yang antara lain bertugas menangani isu HAM dan kemanusiaan, di antaranya Dewan HAM dan seluruh special procedures dan mechanism, UNAIDS, UNOCHA dan mekanisme PBB lainnya di bidang kemanusiaan dan bencana alam.

Perwakilan Tetap RI Jenewa (PTRI) memiliki tugas utama menangani isu-isu multilateral di bidang Hak Asasi Manusia (HAM) dan Kemanusiaan pada Dewan HAM (DHAM) termasuk seluruh special procedure dan mechanism terkait, UNAIDS, UNOCHA, UN CERF, ICRC dan UNISDR. 


Bidang Politik II pada prinsipnya menangani isu Hak Asasi Manusia (HAM) dan kemanusiaan, yang dibahas di berbagai forum PBB maupun organisasi internasional lainnya. 

Sepanjang tahun 2007 – 2008 bidang politik II telah melaksanakan tugas-tugas diantaranya mempersiapkan bahan pernyataan, intervensi maupun dokumen terkait untuk Delri dalam berbagai sidang sesi regular maupun sesi khusus DHAM dan seluruh special procedures dan special mechanism yang terkait di dalamnya, the Joint UN Programme on HIV/AIDS (UNAIDS), UN Office for the Coordination of Humanitarian Affairs (UNOCHA), termasuk Relief Web, IRIN, dan UN Central Emergency Relief Fund (CERF), International Committee of the Red Cross (ICRC), serta UN International Strategy for Disaster Reduction (UNISDR).

Di samping itu, kami juga harus menghadiri dan berpartisipasi dalam berbagai pertemuan formal, informal, maupun side events yang diadakan dalam kerangka DHAM, termasuk segmen Universal Periodic Review (UPR), Durban Declaration and Plan of Action (DDPA), Durban Review Conference (DRC); Special Procedures, termasuk CEDAW, CAT, Convention on Disabilities, serta optional protocol; the Joint UN Programme on HIV/AIDS (UNAIDS), UN Office for the Coordination of Humanitarian Affairs (UNOCHA), termasuk Relief Web, IRIN, dan UN Central Emergency Relief Fund (CERF),serta UN International Strategy for Disaster Reduction (UNISDR).[]



Batiment A, Palais des Nations, Geneve

3 comments:

  1. Blognya keren mbak. Jadi minder der der...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mbaaa....waah kenapa...masih banyak blog-blog lain yang kereeen abis...yang penting hobi tersalurkan :D...salam kenal lagi dan makasih sudah mampir....sering-sering yaaa :D...

      Delete
  2. Cita-cita yang tidak kesampaian, jadi mupeng :(

    ReplyDelete

Welcome! Thanks for visiting My Purple World. I am delighted to have you all here in my blog.
If you like what you read, feel free follow this blog through the button on the right side of the blog and hope you can leave some comments too. Nevertheless, all comments with direct links will be deleted.

Terima kasih sudah mampir ke blog aku ya. Selamat menikmati dan semoga suka. Komentar akan sangat dihargai, tapi link hidup dan spam akan langsung saya hapus ya.

Happy Blogwalking and enjoy 😘