Frappucino, anyone...??

Ceritanya Desember yang musim ujan, tapi somehow Jakarta tuh pannaaaas pagi dan siang, baru hujan badai kalau malem...

well, global warming is indeed hereee...

Yang ada, panas-panas begini pengennya minum yang nyeees dingin (tinggal siap siaap batuuuk..)

Kalau begini, langsung deh inget resep hasil kerja di one of the biggest coffee cafe chains, SB...jaman sekolah di Melbourne dulu...Yuuuup, FRAPUCCINO...



Berhubung frapucinno yang dijual banyak banget modelnya, mulai dari chocolate chip, java chip, sampe green tea et banana etc etc, mungkin aku bisa kasih resep dasar untuk chocolate frapucinno. Btw, ini resep modifikasi pribadi juga ya, jadi tidak ada maksud untuk mereveal rahasia dapur warung orang lain 
So, here it is..

Bahan dasar:

Susu cair (boleh full cream, skim, soya..susu beruang, dsb :D) 200cc
Susu kental 100cc
Coklat bubuk secukupnya
Kayu manis (jika suka)
Sirup vanilla (jika suka)
Gula (jika perlu, hehehe..)

Catatan: untuk rasio campuran silahkan dimodifikasi sesuai hati dan lidah :D, demikian juga gula (karena susu kental tuh udah maniiiis sekali)..Semua bahan dasar dicampur dan diaduk rata secara manual (paling bagus pake kocokan adonan kue, tapi manual yaaa...), tidak perlu diblender (karena nantinya bakal diblender lagi, hehehe…)

Catatan lagi: kalo SB punya campuran bahan dasar yang sudah jadi, jadi mungkin disitu rahasianya, hehehe…but I suspect isinya campuran susu dan coklat bubuk dan rempah-rempah seperti kayu manis.jadi again, silahkan dimodifikasi…kebanyakan perasa yang dipakai di warung kopi dalam bentuk sirup or sari buah, jadi bentuknya cair et kental.

Kalau bahan dasar sudah jadi, tinggal dicampur dengan chocolate chip, green tea powder or potongan strawberry et pisang (sesuai rasa yang ingin dicicipi), ditambah es batu secukupnya lalu diblender.  Pokoknya, semakin banyak es, semakin ‘dry’ campurannya, karena isinya es semua :D. Kalo bisa jangan terlalu banyak esnya so campurannya pas, not too dry not to runny…

To make it complete, jangan lupa ditambah whipped cream di atasnya et ditaburi chocolate powder untuk pemanis…plus sirup caramel biar tambah heboh (di SB gratis lho, hehehe…)

Kalo dah jadi…bagi-bagi ya…selamat menikmati :D


1 comment:

  1. Asiikkk nemu resep yg segeeerrr nih ...
    Thanks for sharing ya mba :)

    ReplyDelete

Welcome! Thanks for visiting My Purple World. I am delighted to have you all here in my blog.
If you like what you read, feel free follow this blog through the button on the right side of the blog and hope you can leave some comments too. Nevertheless, all comments with direct links will be deleted.

Terima kasih sudah mampir ke blog aku ya. Selamat menikmati dan semoga suka. Komentar akan sangat dihargai, tapi link hidup dan spam akan langsung saya hapus ya.

Happy Blogwalking and enjoy 😘