WW: Indonesia’s Presidency for United Nations Security Council


May is indeed super special this year.

This is the month when the holy mont of Ramadhan starts, as well as Indonesia’s Presidency for United Nations Security Council.
Yes, Indonesia is the President of the United Nations Security Council for the month of May.

As you might know, Indonesia is elected as one of the Non-Permanent Members of the UN Security Council for 2019 - 2020. As stipulated in the rules of procedures, we are becoming the President of  UN Security Council in May, based on the alphabetical order rotation of all 15 Permanent and Non-Permanent members of this august body. Starting from the first of May, we took over the presidency.


Our Minister for Foreign Affairs, H. E. Retno Marsudi, chaired the series of first meeting during our presidency.

And you know why it's even more special?



We have delegations as well the UN Secretary General, Mr. Antonio Guterres, wore Batik and Tenun, the traditional fabrics of Indonesia.
Coming in varieties of patterns and colors, all those classic Batik are perfectly donned by ambassadors and head of delegations at the Security Council that day. 


As an Indonesian myself and avid lover of Wastra Nusantara or Indonesian traditional fabrics, I am super proud to see Batik was elegantly worn by Head of Delegations at the Security Council during the signature event of Indonesia on Peacekeeping, headed by H.E. Retno Marsudi, our one and only Foreign Minister.

The UN Security Council was chaired by Indonesian FM

Series of meetings and activities have been and will be conducted, including open debates on Peacekeeping and later on Protection of Civilians in Armed Conflict; Investing in Peace Photo Exhibition; and Arria Formula meeting on Palestine. I will be joining the meeting   in NYC on the third week of May as well


The photo exhibition
This is Indonesia for the world 🇮🇩🇮🇩🇮🇩🇮🇩 .
all pictures are taken by my colleague 📷 : @hpra76 .

Join us on (almost) Wordless Wednesday and have fun linking up 


43 comments:

  1. Bangga banget saat orang luar bisa pakai batik dan tenun di acara seperti ini ya allah..

    ReplyDelete
  2. motif batik dan tenunnya cantik. kebanggaan bangsa indonesia :)

    ReplyDelete
  3. Duh, aku ikut bangga dan terharu mba, atas terpilihnya Indonesia dan anggota delegasinya mengenakan batik dengan gembira, di forum penting..keren!

    ReplyDelete
  4. Keren, Mbak! Bangga Indonesia punya batik. :D

    ReplyDelete
  5. Bangga dan haru ya mb Indah :) Batik memang khas banget sebagai identitas Indonesia :)

    ReplyDelete
  6. Bangga dan terharu, lihat batik dipakai di forum DK PBB

    ReplyDelete
  7. Aku seneng deh kalo orang asing pakai batik Indonesia.. jadi bangga jadi WNI :)

    ReplyDelete
  8. Keren banget emang Indonesia dan Bu Retno ini. Semoga dengan terpilih jadi presiden DK PBB, Indonesia bisa membawa keamanan di negara2 lain yaa

    ReplyDelete
  9. Aku bangga banget loh ini mbak, karena sempat mengikuti beritanya. Lalu yang bikin bangga lagi bahwa mereka semua mengenakan batik, keren banget.

    ReplyDelete
  10. Terharu sekaligus bangga, ketika warisan budaya kita salah satunya batik terekspose di kegiatan delegasi internasional seperti ini

    ReplyDelete
  11. Wah salut dan bangga dengan Indonesia 😊 smkin bxk peningkatan yah, Indonesia gak dipandang sblh mata lagi

    ReplyDelete
  12. Banggaaaa banget, karena Batik semakin dikenal luas. Dan terharu sekali karena utusan negara lain juga dengan senang hati mengenakan Batik di acara ini.

    ReplyDelete
  13. Ini virallllll bangettt semua banyak yang pake batik 😍😍😍😍
    Katanya untuk menghargai Indonesia. Cakepppp

    ReplyDelete
  14. Ikut bangga batik kekayaan bangsa dan negara jadi sorotan mata dunia. Semoga pengrajin batik di daerah makin sejahtera. Amin...
    Eh, nyambung gak ya? Hehehe

    ReplyDelete
  15. Hebat banget Indonesia saat ini di mata dunia. Ibu Retno ini sepertinya memang delegator terhebat, sekali terpilih dunia langsung dibatikkan hehe. Semoga ke depannya makin banyak pemimpin yang memang bekerja untuk negara ini dengan sungguh-sungguh apalagi bisa memberi pengaruh budaya seperti batik ini ya mbak.

    ReplyDelete
  16. Keren banget mbaaa, eh apa cuman saya yang liat sekilas bu Retno ini mirip mba Indah ya? heheheeh
    Bangga ya sekarang Indonesia selalu muncul di mata dunia.
    Apalagi saat mengenakan batik pula :)

    ReplyDelete
  17. Jadi ingat, Januari lalu...

    Perasaan bangga mengharu biru, saat membaca berita Indonesia terpilih menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan tahun 2019-2020.

    Jelas ini merupakan bukti bahwa rekam jejak diplomasi dan politik luar negeri Indonesia diakui dan penting dalam pemeliharaan perdamaian dunia.

    Bertambah bangga lagi saat melihat batik hadir di tengah-tengah event sidang PBB!

    Masya Allah...

    ReplyDelete
  18. Foto paling atas itu aku taunya dari group WA hehe.
    Semuanya pakai batik, harusnya kita bangsa Indonesia bangga ya. Batik sudah mendunia.
    Btw motif batiknya beragam, cantik2.

    ReplyDelete
  19. ternyata giliran ya jadi ketua di UN Security Council.
    oya, bangga banget ngeliat batik dipakai oleh banyak orang. semoga membuat mereka berkunjung ke Indonesia dan membeli batik di penduduk lokal di Indonesia :D

    ReplyDelete
  20. Batik tenun nya cakep bgt dipake para petinggi Mba, jd makin bangga sama batik Indonesia

    ReplyDelete
  21. So proud to be Indonesian citizen lihat Batik mendunia dan dipakai oleh orang-orang penting dari negara lain.

    ReplyDelete
  22. Aku selalu suka lihat konten2 mba indah yang selalu update kegiatan seperti ini. banggaaa

    ReplyDelete
  23. Batik mendunia, suka kalau orang-orang luar memakai batik apalagi dalam pertemuan penting ya. Sekarang sudah banyak juga modelnya

    ReplyDelete
  24. very exicited to read your activity kak, from your blog, I know what happened there and can imagine how's busy you are. proud of Indonesia.

    ReplyDelete
  25. Ya ampun pake batik semua yaa. Keren banget, merinding akutuuu.

    ReplyDelete
  26. Dimplomasi batiknya keren banget. Sungguh mencuri perhatian dunia internasional dan di dalam negeri juga. Indonesia beneran luar biasa keren :)

    ReplyDelete
  27. Seneng banget batik sudah mendunia ya mbak, para petinggi negeri lain juga bangga memakainya

    ReplyDelete
  28. ya Allah bangganya liat bule-bule itu pakai Batik dan Tenun Indonesia *_* terutama UN Secretary General, Mr. Antonio Guterres ituu~~ Cool!

    ReplyDelete
  29. Itu bapak-bapak bule jadi tambah ganteng ya mbak pakai batik :)

    ReplyDelete
  30. Batik sudah menjadi icon yang melekat bagi masyarakat Indonesia ya mbak....jadi ketika melihat baju batik dikenakan pada acara internasional rasanya ikut bangga atas hasil karya anak bangsa. Semoga batik tetap jaya menjadikan Indonesia makin dikenal dunia.

    ReplyDelete
  31. Akhirnya aku baca juga postingan tentang pemakaian batik oleh diplomat dan utusan pejabat di PBB. Waktu nonton TV, aku sempat berpikir ada mba Indah nggak ya di sana, hihiii... Ikut senang Indonesia menjadi pemimpin DK PBB selama bulan Mei ini mbak, semoga kinerja Ibu Menlu dan jajarannya membawa nama harum bangsa kita. Makasih ya mba, udah menuliskan cerita yang aku tunggu-tunggu ini

    ReplyDelete
  32. Keren dan bangga lihat batik dipakai oleh seluruh delegasi UN dalam sidang ini. Batiknya keren2 pula...

    ReplyDelete
  33. Wah batik dipake para bule tampak elegan ya...aku suka batik n bangga memakainya..

    ReplyDelete
  34. Wuih, bangga deh rasanya ngelihat para petinggi dunia pun pada pakai batik. Masa kita kalah ya sebagai empunya batik :D

    ReplyDelete
  35. Bahagia yaa Indonesia bisa makin dikenal dunia karena kebudayaannya, apalagi motif batikIndonesia banyak banget macamnya :)

    ReplyDelete
  36. Waktu baca berita jni aku ngerasa bangga banget lho ,, terharu juga ternyata mereka disana memakai batik untuk menghormati Indonesia.

    ReplyDelete
  37. Kalau konferensi, selalu pakai ruangan ini yaa, kak?
    Aku ingat sekali foto kak Indah sama lukisan besar ituu...

    ReplyDelete
  38. Wahhh semua delegasinya pakai batik yaa, Mba. Jadi gak ada alasan bagi kita untuk gak cinta dan gak bangga pakai batik yaa :)

    ReplyDelete
  39. Mama Bo memang paling rajin soal WW nih.
    Lihat orang-orang Indonesia pakai batik, jadi bangga kalau mereka nerada di tengah-tengah orang barat. Budaya kita makin dikenal.

    ReplyDelete
  40. bahagia sekaligus bangga melihat pertemuan internasional menggunakan kain khas Indonesia seperti Batik dan Tenun, suatu kerhormatan buat Indonesia sebagai negara berkembang yang terus belajar untuk menjadi negara maju.. salut dan bangga.

    ReplyDelete
  41. Ikut bangga nih Sekjen PBB aja pake batik. Luar biasa memang batik ini, elegan di saat apapun dan dikenakan oleh siapapun. Kayaknya sekarang orang luar negeri udah mulai suka pake batik di acara2 formal dan non formal ya.

    ReplyDelete
  42. Kalah melulu main di agen lain?
    mari coba disini F4ns Bett1ng (WA +855 96315624)^^

    ReplyDelete
  43. Bangga, ya, semakin banyak yang mengenal batik dan menggunakannya di ajang internasional.

    ReplyDelete

Thanks for visiting My Purple World. I am delighted to have you all here :D....
If you like what you read, feel free follow this blog through the button on the right side of the blog and hope you can leave some comments too. Nevertheless, all comments with direct links will be deleted.

Terima kasih sudah mampir ke blog aku ya. Selamat menikmati dan semoga suka. Komentar akan sangat dihargai, tapi link hidup dan spam akan langsung saya hapus ya.

Happy Blogwalking and enjoy 😘