Cheese and veggie Bitterballen

Heloooo everyone ..

How is your holiday?
I hope everyone isenjoying one's break in this festive month. Spending lovely time with family and friends, doing all the things you love :).

We have some friends coming at the end of this year and it was great meeting up with them after quite some times. After exploring NYC in its drizzling Christmas day, we decided to sit down at home and just relax.

And time for delicious munchies :).
Waktunya untuk  menikmati camilan ringan tapi enaaaak :)


I have been trying to use more veggies in my cooking, especially for the kids. Then with a little mixing here and there, I managed to make veggie and cheese Bitterballen. Yummy and easy for everyone to enjoy.

Untuk mereka yang sudah sering dan biasa membuat bitterbalen, pasti tau bahwa resep bitterbalen klasik adalah campuran daging giling, keju, susu, dan tepung yang bersalut telur dan tepung panir. Cemilan yang berasal dari Negeri Kincir Angin ini memang sudah menjadi salah satu resep andalan di keluarga saya.Namun kali ini saya mengganti daging dengan aneka sayuran seperti wortel, kacang polong, jagung dan buncis, supaya anak-anak lebih banyak asupan sayurannya. Sedangkan bahan yang lainnya sama, yaitu susu, keju (berhubung persediaan keju di rumah sedang melimpah, saya mencampur parutan keju Edam dan Gruyere plus Parmesan bubuk), tepung, garam, lada dan sedikit bubuk pala jika suka. Plus telur dan tepung panir untuk pelapisnya sebelum digoreng. Ternyata meskipun isinya sayuran namun rasanya enak jugaaa :).

So, let's cook..

Here are the ingredients:

Mixed veggies - 2 cups. I used carrots, corns, green peas and green beans. You're indeed welcomed to use other favorite veggies of yours :)
Onion - a half, thinly sliced
Flour - approximately 2 cups or as needed
Milk - 1 cup 
Cheese - I used a mixture of grated edam, gruyere and parmesan
Eggs - 2, beaten
Breadcrumbs
Vegetable oil
Salt and pepper 
Nutmeg powder - if desired.

How to cook:

Put the onion in the hot pan and cook it together with mixed veggies. 
Once it's ready, pour the milk as well as salt, pepper and nutmeg powder, then slowly add the flour and cheese, little by little until everything is well mixed and no longer sticky. 
Then shape the mixture into small balls, dip them into beaten eggs then roll them in a plate of breadcrumbs. You can do that twice or three times until the layers get thicker. 
Deep fry it until golden brown and you can enjoy cheese and veggie bitterballen with mustard, mayo, or hot sauce. I even eat it with fresh chili :).  




Cara memasaknya gampaaang bangeeet. Pertama tumis bawang hingga harum, lalu masukkan sayuran dan masak sebentar hingga agak layu, tapi tidak terlalu matang. Masukkan susu, garam, lada dan bubuk pala lalu aduk. Sedikit-sedikit masukkan tepung dan keju ambil terus diaduk hingga adonan tercampur rata dan kalis, tidak lagi lengket jika dipegang. Setelah adonan agak dingin, ambil satu sendok dan dibentuk bulatan. Masukkan ke dalam telur yang dikocok dan gulirkan di atas tepung panir hingga semua permukaan tertutup. Ulangi 2 kali jika ingin lapisannya agak tebal. Goreng dengan api sedang hingga kecoklatan dan Bitterballen siap disantap. Jangan lupa sambal atau cabe rawit untuk pelengkap buat yang suka pedas seperti saya :).

See.. I guess it's pretty easy for everyone to try it at home and I hope you enjoy it as much as we do :).

Happy cooking...

40 comments:

  1. Udah lama ga bikin ini, mau bikin ah :)

    ReplyDelete
  2. Aku selalu suka bitternallen mama bo

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama dooong mbaaa...aku musti ngerem niih, doyang bangeeet soalnyaa hehehe

      Delete
  3. gampang banget, lumayan buat weekend nanti nih, aku buat ah. Makasih resepnya mbak

    ReplyDelete
  4. gampang banget, nyoba ah buat cemilan Marwah di rumah. Thanks ya mbak resepnya

    ReplyDelete
  5. udah lamaaa bgt pingin bikin bitterballen, tp blm berhasil eksekusi. hohoo... itu buatanmu looks so yummy mama bo

    ReplyDelete
  6. aku mau nyontek resepnya ya maak ...
    rapi buatannya, ukurannya sama gedenya

    ReplyDelete
  7. Ini kroket! Hihihi aku pengen bikin ini tapi wacana mulu. Baca ini jadi pengen bikin deh mak ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo cobain wiiin...tapi agak beda dengan kroket sih hehehe

      Delete
  8. rasa sayurnya kentara gak mba?? anakku kena rasa bawang dikit aja langsung dilepeh :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dirajang kecil-kecil dan ngg terlalu banyak ngg begitu kerasa kok mba

      Delete
  9. Mau coba ah pake cheese sama veggie juga. :)))

    ReplyDelete
  10. okeh tampaknya gampang...layak dicoba. Emak males repot hehehehe

    ReplyDelete
  11. These look really tasty! We are trying to do more veggies here too. I'll have to try these soon!

    ReplyDelete
    Replies
    1. It's so simple and the kids like it, too, Theresa..

      Delete
  12. Oh YUM! These sound so good. I need to make these so I can try them!

    ReplyDelete
  13. Mba Indah, kok bisa halusbegitu ya bitterbalennya, cakep. Aku lebih sering bikin yang bahan bakunya kentang mba, atau nama laiinya adalah kroket kentang.
    Cemilan enak, penuh gizi. Kapan-kapan nyoba resep ini ah

    ReplyDelete
  14. Ih saya baru tahu resep ini Mba, mau nyoba. Bahan2nya juga gak susah ya :)

    ReplyDelete
  15. Waaaah iya ya, pake sayur aja biar Jiwo jadi makan sayur yaaa.. aaak makasih idenya nteee :D

    ReplyDelete
  16. These would be great to make for the New Year. They looks so good!

    ReplyDelete
  17. Kelihatannya lezat mbak, sayang saya laki-laki jadi gak seneng masak, ya alternatif terakhir paling cuma minta tolong adik buat masak kayak gini.

    ReplyDelete
  18. 03.27 am memandangi Bitterballen dari layar komputer, rasanya sedih hiksss... kirim salam aja untuk bola - bola sedap itu ya mba... hikssss

    ReplyDelete
  19. keliahatan enak, walaupun saya laki tapi saya suka masak, bisalah lain kali di coba :D

    ReplyDelete
  20. Wah kliatan enak apalagi siang-siang gini jadi laper.
    Ntar bilang ke istri ah biar dibuatin. Eh, tapi saya kan belum nikah...

    ReplyDelete
  21. patut dicoba resepnya buat camilan nonton bola malem2 lapar...

    ReplyDelete
  22. izin nyoba resepnya ya bun. . .

    ReplyDelete
  23. Kelihatannya enak mbak, sayang saya gak jago masak, dan bahan-bahannya juga cukup asing, karena saya laki-laki jadi paling minta tolong ibu.

    ReplyDelete

Soooo happy to have you all here :D....
Thanks for visiting my blog and feel free to comment but all direct links will be deleted.

Link hidup akan langsung saya hapus ya.

Enjoy!