A Visit to Historical Gedung Pancasila, Jakarta




Welcome to Gedung Pancasila

Have you visited Gedung Pancasila or Pancasila building before?

To those who occasionally drive around Gambir or Pejambon, the area where my office is located, you probably have seen this majestic building on the left side. Easily recognized from its columns, Gedung Pancasila is truly a beautiful architecture.


Located at Jl. Taman Pejambon no. 6, Central Jakarta, this historical building is situated inside of the building complex of the Ministry of Foreign Affairs of the Republic of Indonesia.

I have to say this building is o
ne of the beautiful, well-preserved historical buildings in Jakarta.

Gedung Pancasila, as the name suggested, is the very place where Pancasila, the Indonesian State philosophy consisting of 5 principles, was born and inaugurated by our first President, Soekarno. Panca means 5 in Sanskrit, while Sila means pillars. Pancasila itself has a long, interesting story. I guess I can share that later.

Built in the beginning of 1830s, this neoclassic building is famous for its 8 columns and used to serve as the residence of the Royal Dutch Army General, Mr. Hertog Bernhard. Considering how wonderful this building is, we can imagine how rich and powerful the army general at that time. As suggested by various literatures, the surrounding areas near Pejambon used to be filled with Dutch - Indie governmental offices. Later, the building was sold (please correct me if I'm wrong as some open sources indicated that) and it functioned as Volkstraad gebouw or Volkstraad building. Volkstraad itself is like representative council where, for the first time, Indonesian representatives were included.


Fast forward, when the Dutch lost the war to Japan, this building was turned into the headquarters of Badan Penyelidik Usaha - usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPKI) or literally translated as Investigating Committee for Preparatory Works for Independence. These important people discussed at length all the necessary groundworks for Indonesia's Independence. 

Members of BPUPKI

This historical building is listed as one of the national ‘cagar budaya’ or cultural heritage and well-maintained by the Ministry of Foreign Affairs of Indonesia.

It is still actively used for formal occasions and sometimes opened for public on special event, like during the annual press statement of the Minister for Foreign Affairs in the beginning of the year.

Inside is beautiful and has lovely settings for meetings and/or dining. If you asked, one of my favorite spots here is  the President Soekarno’s painting inside.


I was lucky to join a mini tour of this building.
Check out my YouTube video for that.


So, what do you thing?
Do you want to know more about this historical building?
I will share more here so stick around!

One thing for sure, this building is indeed worth a visit!


58 comments:

  1. Wah awesome.
    Such a good experience. .
    I will make this such a nice place in my note to visit

    ReplyDelete
  2. Udah lihat youtube nya karena penasaran hehe.
    Wah senangnya kalo bisa ikut tur Gedung Pancsila ini dan mendengarkan cerita sejarahnya. Patut dikunjungi nih, apalagi untuk anak-anak muda.

    ReplyDelete
  3. Belum pernah ke Gedung Pancasila. Lihat yotubenya aja ini disini saja hehehe
    Kapan yuk Blogger ngadain acara mengunjungi gedung bersejarah tersebut? ☺️

    ReplyDelete
  4. Aku belum pernah ke Gedung Pancasila, Mam. Malah baru tau dari tulisanmu ini. Kudu tour ke sana ya kapan-kapan pas ke Jakarta lagi. Dekat Gambir ya?

    ReplyDelete
  5. Aku mauuuu kapan² dolan k siniii.
    Di Jkt buanyaakk spot yg bs nengajarkan nasionalisme utk anak² ya

    ReplyDelete
  6. Enjoy after reading the article thank you nice information... :)

    ReplyDelete
  7. Aku belum pernah berkunjung di Gedung Pancasila, mbak. Jadi penasaran malah, karena dekat Gambir harusnya bisa nih datang lebih awal biar bisa mampir sebelum pulang ke Semarang kalo pas di Bogor.

    ReplyDelete
  8. Aku belum pernah berkunjung ke sana mba Indah. Lucky you bisa berkunjung dan ada mini tournya juga

    ReplyDelete
  9. akh gak pernah masuk kedalam nih hhee, tapi kalah ke jakarta suka penasaran sama isinya

    ReplyDelete
  10. Wah, aku belum pernah ke Gedung Pancasila nih mbak Indah. Pengeeeen, pulangnya mampir ke kantor mbak Indah buat ngintip2 hahaha

    ReplyDelete
  11. Aku malah belum pernah ke sini mba. Ke Geudng pancasila belum pernah. Padahal bagus banget dan nilai historisnya berasa banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan rencananya mau ke sini ah ajak anak. Kayaknya dia senang sekali kalau jalan jalan bernilai historis ini :)

      Delete
  12. Huaa kau belum pernah kesini mba Indah, liat youtubenya jadi pengen kesini deh.

    ReplyDelete
  13. Wah beruntung nih bisa masuk ke dalam. Aku malah ga ngerti kalo bisa untuk umum

    ReplyDelete
  14. Lampunya warna unguuuu! Ini Mbak Indah kayaknya seneng banget lihat lampunya :)

    ReplyDelete
  15. Penampakan Gedung Pancasila keliatan elegan dan megah ya, Mbak.
    Kalau soal sejarah gedung ini, saya baru tahu sejarahnya. Malah lebih dulu tahu rumor penampakan sesuatu di sana hehehe

    ReplyDelete
  16. Belum pernah ke gedung itu, malah baru tau ada gedung bernama Gedung Pancasila setelah baca tulisan ini. Di Jakarta Pusat kayaknya banyak gedung yang arstekturnya bagus, ya. Mungkin isinya juga bersejarah.

    ReplyDelete
  17. Kalau ga salah zaman SD pernah tidur ke sini bareng2 temen sekolah deh..

    ReplyDelete
  18. Belum pernah ke sini. Padahal sekitar gambir aja ya. Gedungnya cantik banget.

    ReplyDelete
  19. Aku belum pernah ke sana nih, mba. Padahal banyak banget nilai sejarah yang bisa kita dapat. Jadi pengen ke sana deh..

    ReplyDelete
  20. So lucky bgt bisa kesana dan liat liat.. aku belum pernah kesana.. gedung nya menarik jg ya dlm nya..

    ReplyDelete
  21. aku belum pernah kesana nih mba, ternyata indah ya dan banyak juga sejarahnya :) kapan2 mau nyempetin ke sana ah

    ReplyDelete
  22. Nggak pernah ehh menjejakkan kaki ke Ibu kota belum pernah ding
    Cuman bisa nonton Gedung Pancasila dari tayangan yg ada di berita atau via Yotube aja nihh, Mbak hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayuk hayuuuk kapan yuk ke JKT kitaaahh
      --bukanbocahbiasa(dot)com--

      Delete
  23. Aku menanti liputan lebih lanjut isi dalamnya nih mba Indah. Karena takjub banget sama isinya yg bagus

    ReplyDelete
  24. Wah keren, ada mini tournya juga ya? Kalau ada turis yang lagi di Jakarta biasnya mereka suka ya Mba ikut mini tour dan apalagi dapat gratis begitu.

    ReplyDelete
  25. waaah aku belum pernah ke sanaa, dan bahkan baru tau ada tempat ini hihi jdi pengen ke sana juga deh

    ReplyDelete
  26. Ih jadi mupeng deh pengen masuk ke dalamnya. Sejauh ini cuma tahu depannya aja. Kalo pun tahu isinya, dari buku sejarah. :D

    ReplyDelete
  27. Kak Indaaah...
    Mau lagi tur-tur gedung situs sejarah di Jekarda.
    Terutama yang ada kaitannya dengan Kementerian Luar Negeri.

    Menarik sekali melihat blog kak Indah dengan aktivitasnya.
    Baru kali ini, aku liat kak Indah pakai seragam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa gedung Pancasila ini dibuka untuk umum juga?
      Akutu jadi ngebayangin kalo ketemu kak Indah mesti ada pengawalnya gitu gak siih...hehehe...

      Delete
  28. Duluuu waktu jaman SMP kayaknya ke Gedung Pancasila ini. Sebab ada mata pelajaran PMP hehe udah lama banget kaann.

    ReplyDelete
  29. Kalau masuk ke tempat seperti ini perlu ijin ga ya mba? Kalau sendirian ke sini kok saya ga berani ya, hehehe.

    ReplyDelete
  30. Aku tuh pengen sekali deh, sesekali mengagendakan untuk keliling museum gitu deh sehari. Apalagi banyak banget yang bisa dipelajari ya mbak.

    ReplyDelete
  31. kayaknya aku blm pernah ke sini deh, tempatnya klasik ala Eropa banget ya. keren

    ReplyDelete
  32. pernah liat di youtube sudut istana tentang gedung pancasila ini , liat di youtube aja udah kagum apalagi kalau liat langsung kayak mam indah ini yaaaa.. super keren nan takjub

    ReplyDelete
  33. Lukisan Pak Karnonya memancarkan aura negarawan banget ya mam. Memang luar biasa nih presiden pertama kita tuh. Bagian lain dari Gedung Pancasila ini juga bagus banget. Sayang aku belum pernah berkunjung ke sana.

    ReplyDelete
  34. MasyaAllah indah banget ini mba Indah.
    Aku pengen bisa juga main dan masuk ke sini, mengenal tempat-tempat yang ada di Gedung Pancasila. Luar biasa megah dan ada aura berbeda gitu semacam bangga dan bahagia Indonesia akhirnya merdeka

    ReplyDelete
  35. Selain bersejarah dan sangat menarik, saat malam juga mengeluarkan warna ungu ya. Seperti kesukaan mba indah, hihihi

    ReplyDelete
  36. Pengin mba, bisa tur ke ke gedung Pancasila biar paham sejarahnya.

    ReplyDelete
  37. Pengin ke Gedung Pancasila..apakah dibuka untuk umum seperti layaknya museum Mbak?

    ReplyDelete
  38. Did you ask them to light it up with purple light just for you? Just kidding.

    It is such a pretty building.

    ReplyDelete
  39. Lukisan pak Soekarno gagah nian. Sayang di masa tua beliau tak segagah ini. Abis liat film dokumenternya, liat lukisan beliau di gedung pancasila ini...jadi sedih

    ReplyDelete
  40. Kalau ga karena baca blog ini malah ga tau kalau bisa berkunjung ke gedung pancasila. Pengin bisa ke sini dan membaca sejarahnya.

    ReplyDelete
  41. Wah pernah lewat tapi tidak tahu kalau ini gedung bersejarah, mba indah, asyik kalau bisa mini tour dengan pemandu ya jadi lebih paham tentang sejarah dan seluk beluk gedungnya

    ReplyDelete
  42. Wah, harus segera diagendakan buat berkunjung ke Gedung Pancasila nih, biar gak kalah sama mbak Indah dong *anaknya suka gak mau kalah* hehehe

    ReplyDelete
  43. Wah bertahun-tahun tinggal di Jakarta belum pernah kesana saya Mak. Bagus ya gedungnya.

    ReplyDelete
  44. Aku belum pernah ke gedung pancasila mbak. Kalau ke jakarta nanti pingin juga melihat historical building spt gedung ini

    ReplyDelete
  45. Belum pernah ke sini... Sarat sejarah ya gedung ini. Bagus juga kalau ajak anak buat eksplor gedung2 bersejarah di Jakarta dan sekitarnya...

    ReplyDelete
  46. Perlu dicoba nih berku ju g ke gedung Pancasila.. belum pernah pdhl udh 3rhn di Jakarya wkwk

    ReplyDelete
  47. Menyenangkan banget ya, Mbak, bisa ikut tur ke Gedung Pancasila. Sebuah bangunan yang bersejarah dan memiliki arsitek yang sangat bagus.

    ReplyDelete
  48. Aku belum pernah ke Gedung Pancasila, padahal disini bisa belajar juga ya. Pengen deh tour kesana.

    ReplyDelete
  49. Ah Jakarta
    Cuma pernah ke TMII sama Mall Gandaria City
    Selebihnya cuma di rumah Om yang berlokasi di Tanah Abang

    ReplyDelete
  50. Di Jakarta banyak tempat wisata yang historical. Salah satunya Gedung pancasila ini, semoga suatu hari bisa eksplore wisata sejarah ke Gedung Pancasila ini dan tempat bersejarah lainnya di Jakarta, termasuk Monas (berasa udiknya saya bahkan belum pernah ke Monas)

    ReplyDelete
  51. You always share some of the most awesome photos. That building is gorgeous. Especially beautiful when lit up at night. Thanks for sharing and thanks for co-hosting at #omhgww

    ReplyDelete
  52. baru tahu malah gedung Pancasila ini belum pernah nih ke sana apa aku yang lupa ya wkwkwk

    ReplyDelete
  53. Belum ... eh ini terbuka untuk umum seperti museum gitu? Btw, Galeri Nasional punya banyak event keren selama sebulan ini lho.

    ReplyDelete
  54. Aku belum pernah ke sini. Tapi setelah baca tulisan ini, jadi pingin. Kapan-kapan ah mampir :)

    ReplyDelete
  55. Kurang banyak kak, foto2nya. Hahaha.. Aku baru denger ada museum ini. Kapan2 musti ajak anakku museum tour kayaknya.

    ReplyDelete

Thanks for visiting My Purple World. I am delighted to have you all here :D....
If you like what you read, feel free follow this blog through the button on the right side of the blog and hope you can leave some comments too. Nevertheless, all comments with direct links will be deleted.

Terima kasih sudah mampir ke blog aku ya. Selamat menikmati dan semoga suka. Komentar akan sangat dihargai, tapi link hidup dan spam akan langsung saya hapus ya.

Happy Blogwalking and enjoy 😘