7 Tipe Penumpang Kereta Api Paling Menyebalkan


Do you love traveling with trains?
I love it!
And I kinda miss it as I have not done that for a long time now.
I know my kids will love the ride as well.
No, wait. I do take subways everyday!
And subways are train, right :).
Then I do enjoy taking trains on daily basis as well as visiting some cities in distance, like I used to do back home in Indonesia.
 

But, taking trains can be a bit problematic if we meet some annoying passengers.
Wanna hear more about it?
I have the list of 7 type of super annoying train passengers here!

7 Tipe Penumpang Kereta Api Paling Menyebalkan

Berbicara tentang kereta api di masa lalu, Anda tentu masih ingat akan antrean tiket yang panjang, membludaknya penumpang di setiap gerbong, hingga pedagang asongan yang ikut menambah sesak sarana transportasi tersebut.

Namun kini KAI sudah banyak berbenah diri. Berbagai fasilitas terus diperbaiki secara bertahap. Mulai dari penambahan unit kereta/gerbong, rute dan lintasannya, hingga sistem pembelian tiketnya. 

Kalaupun ada beberapa hal yang masih kurang nyaman, biasanya disebabkan oleh oknum-oknum tertentu, termasuk diantaranya ulah sejumlah penumpang yang tidak tertib dan mengganggu kenyamanan.

Untuk memastikan bahwa Anda tidak termasuk dalam kategori tersebut, berikut ini 7 tipe penumpang kereta api paling menyebalkan yang wajib Anda ketahui.

1.   Menggunakan Dua Tempat Duduk Sekaligus


Kursi Kereta - Pixabay

Sebal kan kalau ada penumpang model begini!
Some passengers like to take two seats altogether indeed.
 
Saat melihat tempat duduk yang ada di sebelahnya tidak ditempati oleh siapa pun, penumpang tentunya akan merasa senang karena memiliki ruang lebih banyak dan bisa leluasa bergerak, meletakkan barang-barang, bahkan tidur sambil menyelonjorkan kaki.
Padahal bisa saja di beberapa stasiun selanjutnya ada penumpang lain yang akan naik dan ingin duduk di kursi tersebut. Hal itu tentunya mengganggu dan menyebalkan bagi orang lain.

2.   Berisik (Bersuara Terlalu Keras dan Terus Menerus)



Berisik - Pixabay

Naik kereta dalam waktu yang lama terkadang bisa memunculkan rasa bosan. Untuk itu, sebagian penumpang biasanya memilih untuk bercakap-cakap dengan teman satu rombongan, mengobrol dengan penumpang di sebelahnya untuk saling belajar dan berbagi, atau menelepon seseorang.

Saat sedang bertelepon atau bercakap-cakap dengan orang lain, mereka terkadang lupa untuk mengontrol volume suara. Tentu saja, hal itu bisa mengganggu penumpang lain yang sedang beristirahat, membaca, atau membutuhkan ketenangan—misalnya saat sedang menidurkan anaknya.

So please, noise control, people!

3.   Membawa Terlalu Banyak Barang




Koper - Pixabay

Pulang kampung atau liburan dengan kereta api tentu menyenangkan. Namun jika harus membawa banyak barang, tentu akan mengganggu para penumpang lain. Terlebih jika barang tersebut diletakkan di sekitar tempat duduk, seperti di bawah kaki atau di area lorong yang digunakan untuk hilir mudik penumpang kereta.

4.   Menyetel Musik Keras-keras



Menyetel Musik - Pixabay

Setiap orang biasanya memiliki lagu favorit dan musik kesukaan. Saat berada di dalam gerbong kereta, beberapa penumpang ada yang kerap menyetel musik dengan volume keras.
Baginya, musik tersebut mungkin bagus dan banyak yang suka. Padahal kenyataannya, tidak semua orang menyukai musik yang sama. Hal tersebut justru mengganggu dan juga menyebalkan.

Not everybody enjoy your super loud song list, mind you!

5.   Terlalu Lama di Antrean Pemesanan Tiket




Antrian - Pixabay

Lining up can be problematic as well!

Saat ingin memesan tiket kereta api, sebagian orang lebih memilih mengantre di loket pemesanan. Calon penumpang yang baik biasanya sudah menyiapkan kartu identitas diri, jadwal yang akan dipilih, serta uang untuk membayar pemesanan tiket.
Namun sayangnya, masih ada saja orang-orang yang belum menyiapkan semuanya, bingung mencari-cari kartu identitas diri yang entah terselip di mana, atau bahkan belum menentukan tanggal yang pasti. Akhirnya, antrean pun terasa lama sehingga membuat orang-orang di belakangnya merasa kesal.

Untuk menghindari antrean yang lama, calon penumpang kereta bisa melakukan pemesanan secara daring (online). Selain tidak perlu antre, cara pemesanan ini juga lebih praktis. Misalnya, saat pesan di Traveloka, Anda bisa melakukannya melalui ponsel pintar.
Setelah mengisi identitas penumpang, memilih jadwal dan tempat duduk, Traveloka akan mengirimkan notifikasi melalui email. Usai melakukan pembayaran via transfer, calon penumpang pun akan mendapatkan kode booking tiket kereta api sesuai jadwal yang diinginkan. Anda pun hanya perlu datang ke stasiun untuk mencetak tiket tersebut, paling tidak 2 jam sebelum keberangkatan.

6.   Bertanya Hal-hal Pribadi pada Orang yang Baru Dikenal


Percakapan - Pixabay

Mengenal orang-orang baru tentu bisa memberikan pengalaman tersendiri. Namun terkadang saat berkenalan, banyak penumpang kereta kerap terbawa suasana sehingga tidak mampu mengontrol pembicaraannya. Sejumlah pertanyaan-pertanyaan yang cukup pribadi pun terlontar dan membuat penumpang lain tidak nyaman.

7.   Membawa Sesuatu dengan Bau Menyengat



Durian - Pixabay

Hampir seluruh rangkaian gerbong kereta api di Indonesia saat ini sudah dilengkapi dengan pendingin udara. Jadi, seluruh pintu dan jendela harus ditutup saat kereta berjalan.
Jika ada penumpang yang membawa sesuatu dengan bau menyengat—misalnya minyak urut, durian, atau bahkan bau badan, penumpang di sekitarnya tentu akan mudah menciumnya. Tidak jarang, aroma tersebut membuat penumpang lain merasa pusing, mual, atau bahkan ingin muntah. 
Such strong bad odors will certainly make people a bit nausea or even sick :(.
So please be considerate and avoid bringing something which have strong smell and will definitely disturb people around you.
 
Nah, Itu tadi 7 tipe orang paling menyebalkan di dalam kereta api. 
Jika Anda tidak ingin menjadi penumpang yang dianggap menyebalkan, sebaiknya hindari melakukan hal-hal tersebut ya. 
I hope I am not one of them!

So, happy traveling :)

 

17 comments:

  1. hahaha...I can imagine how annoying it can be! But traveling with train is great..beautiful sceneries..

    ReplyDelete
    Replies
    1. I just remember the golden route in Switzerland!

      Delete
  2. paling sebel adalah yang serakah pake dua tempat sekaligus giliran aku mau duduk dia yang langsung bete *laaahhh org aku juga bayar kok wkwkwk
    dan yang lama diantrian juga aku pernah alami makanya bener banget mending beli online mba :) mudah dan hemat waktu

    ReplyDelete
  3. yang paling saya sering temuin tuh, berisiknya minta ampun
    apa lagi rombongan
    seakan di gerbong milik mereka sendiri

    ReplyDelete
  4. Dulu memang parah dan semrawut, sekarang naik kereta lebih terasa nyaman. Iya ih, paling sebel tuh kalo ada penumpang yang menguasai tempat duduk, selonjoran kaki ke bangku di depannya (bangkunya hadap2an), pernah liat sih, padahal ada tuh penumpang di depannya. Duh apa nggak kecium itu bau kakinya :D

    ReplyDelete
  5. Aku sebel klo naik kereta malam, di saat org ingin istirahat. Ada penumpang yg nyetel musik kenceng bgt. Sampe seisi gerbong terganggu

    ReplyDelete
  6. Yg paling bikin bete itu mkan tempat bnyk orangnya, klo berisik sech msh bisa pake headset hehe

    ReplyDelete
  7. OMG! That's all folks....
    I really hate the number 2 and 6! Annoying!

    Bepergian dengan KA itu relax, dan menyenangkan buatku padahal ^^

    ReplyDelete
  8. Mbak Indah mau traveling ke mana lagi nich, di tunggu di Indonesia tahun depan yang tinggal menunggu hari ya. Sssst, saya masih sering menemui beberapa penumpang di KRL, moda transportasi yang paling diminati di Jabodetabek ini, kalau ngobrol se-gengs udah kek yang punya gerbong keretanya saja, Mbak. Ramainya minta ampun, sampai kadang kalau ada temennya duduk terlalu jauh, bisa dengan mudahnya meminta penumpang di sebelahnya yang bukan temannya untuk gantian duduk. Huuh, iya sich solidaritas temen, tapi yo gak segitunya ya

    ReplyDelete
  9. walaaah nekad bener kalau ada yang berani bawa duren hihihi bisa didemo yees...

    ReplyDelete
  10. it could be annoying riding a train but also fun at the same time...

    ReplyDelete
  11. Sebel ya kalau ada yg bau hehe..

    ReplyDelete
  12. We traveled by train to Chicago, and loved it.

    ReplyDelete
  13. Alhamdulillah jarang naik kereta sendiri jadi nggak nemu yg nyebelin. Paling2 kalau ada bayi yg nangis sepanjang jalan. Enaknya sekarang bisa beli tiket online. Dulu ngalamin loh, akunya belum mudik, orang2 di kampung udah pembagian tugas ngantriin tiket balik karena antriannya luar biasa.

    ReplyDelete
  14. I haven't traveled by train, but it does annoy me on public transportation when people play loud music, talk loudly on their cell phone, or hog two seats.

    ReplyDelete
  15. Beberapa yang disebutkan di atas sering saya alami ketika berkereta api :D

    ReplyDelete

Soooo happy to have you all here :D....
Thanks for visiting my blog and feel free to comment but all direct links will be deleted.

Link hidup akan langsung saya hapus ya.

Enjoy!