Hobi jadulku...

Postingan mak Idah Ceris beberapa waktu yang lalu  sukses membuatku teringat dengan hobi lama, tapi tetap kusuka hingga kini..

Koleksi kartu pos dan perangko!
Love it...collecting postcards and stamps is really my cup of tea :D


hasil dari saling kirim-mengirim kartu pos.....

Ayooo ngaku, siapa juga yang punya hobi yang sama denganku...

Kayaknya banyak juga deeeh...iya kan..#maksaiiih...

Mungkin sebagian dari kita langsung berpikir....Jadul banget sih hobinya hihihihi...


Well, sebenarnya ngg juga sih....untuk urusan hobi, pasti everlasting karena urusannya dengan hati :D. Maklum, hobi kan tidak kenal waktu, usia, gender, pekerjaan dan berbagai batasan sosial yang ada. Once you like it, you will dedicate your time and energy for it :D.

So, again thanks to mba Idah Ceris, saya jadi asyik beberes sambil ngepak buku-buku dan barang-barang. Dilalahnya, ketemu deeh koleksi kartu pos dan prangko yang saya kumpulkan dari 4 tahun terakhir.

Saya sendiri mulai mengumpulkan kartu pos sejak SD. Saat itu, Tante Mira, salah satu tante saya yang menikah dengan orang asing, rajin sekali mengirimkan kami kartu pos kemana pun ia pergi. Mulai dari Singapura hingga Spanyol dan AS. Girangnyaaa bisa mendapat kartu pos plus perangko dari berbagai negara. Apalagi tante saya selalu cerita beberapa hal yang khas di tempat-tempat itu, entah itu makanan, kostum, bahasa atau festival-festival khusus.






Warna-warni gambar dan potongan foto dari berbagai tempat cantik, orang asli dan kebudayaan khas negara-negara tersebut sukses membuat saya semangat untuk belajar tentang negara-negara tersebut, find them out in the world map :D. 



Berbekal peta dan RPUL (masih inget buku ini ngga" :D), paling tidak saya tahu nama ibukota, mata uang dan bahasa asli. Lumayan membantu pelajaran geografi dan IPS lho...Terbersit pula dalam hati doa dan cita-cita untuk bisa langsung mengunjungi tempat-tempat tersebut. 



Beberapa kartu pos juga berisi tulisan, slogan or informasi yang berharga. Intinya, ini hobi yang menyenangkan dan 'menggugah'..at least in my case


tuuuh...beneeer kan kata kartu pos ini :D...one of my fave...

Ada masa di mana saya 'serius;' mengumpulkan prangko dari berbagai negara, bahkan lengkap dengan first day issue atau Sampul Hari Pertama (SHP) kalau edisi Indonesianya. 


some of the stamps I have from the African countries...

Untuk beberapa koleksi prangko Indonesia, saya memang suka membeli SHP untuk prangko yang lucu-lucu..biasanya untuk event atau perayaan tertentu. Sayangnya, sampai saya menulis cerita ini, mama dan adikku masih belum berhasil menemukan koleksi lama saya, baik prangko dan kartu pos :(. Mama sih optimis, katanya pastiiii ada di salah satu kardus yang ada di rumah...dan kardus di rumah, terutama kardus saya, ada buanyaaaaak "D.


koleksi prangko dari UN :D.....lucu-lucuuu...
I just love the color et design



Dan hobiku ini terus berlanjut…hingga sekarang, setiap saya mendapat kesempatan untuk melihat negeri orang, saya pun meneruskan tradisi mengirimkan kartu pos ini kepada orang rumah dan keluarga. Tidak sedikit juga kartu pos yang saya beli sebagai suvenir ..apalagi sekarang kartu pos makin lucu-lucu dan kereeen. So, kartu pos memang menjadi pilihan favorit karena keren dan relatif murah :D.




Walaupun sekarang sudah makin sedikit yang mengirim kartu pos dan kartu ucapan karena lebih gampang mengirim e-card ataupun e-postcard, but to me, nothing beats receiving postcards from different parts of the world complete with  its stamps:D. Dan saya sukses menularkan hobi saya ini ke salah satu teman baik saya yang juga bertugas di tempat yang sama. So, setiap dia pergi ke suatu tempat, saya dikirimi kartu pos. Pun ketika saya yang sedang jalan ke suatu tempat, then daftar kartu pos yang saya kirimkan jadi bertambah banyak. Sampai sekarang kami masih saling mengirim kartu pos lhooo, wherever we go! Yang paling jauh saya pernah terima adalah dari Ghana ... Again, ini hobi yang menyenangkan :D.








So, teman-teman ada yang mau tukeran ngga dengan saya? Jadi semangaaat lagi, hehehe... kartu pos boleeeh, perangko boleeeh :D.....yuuuuk, yuuuuk....

21 comments:

  1. Asyiknya ya punya hobi yg everlasting mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa mak...asli hobi ini nyenengin bangeeet :D...ngg pernah bosen pokoknya..

      Delete
  2. aahh jadi inget jaman smp, sma sempet hobi juga Maak..
    cuma seiring dengan teknologi lambat laut menipis hobiku ini..
    aku tergoda sama yang lain< dan tak kasihkan perangko n kartu posnya ke sahabatku..hihi :)

    mau tukeran sama potoku ajah ya ?
    *di toyor Mak indah :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihih..boleh ajaaa imak..pake tanda kecuppp yah hihihi :D...mmuuuaaah...

      Delete
  3. Jaman SD-SMP, aku juga ngoleksi perangko bejibun... x)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sampai sekarang masih koleksi ngg :D...tukeran yuuuk :D...

      Delete
  4. wah,banyak juga mbk..saya dulu juga sempet koleksi beberapa tp nggak tau sekarang dimana hehe..eh,ada kumpulannya jg di fb mbk,mereka aktif tuker2an,,KPI namanya,coba aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, aku juga banyak yang koleksinya 'keselip', disimpen di rumah mamah :D...nanti aku coba cek deh grupnya di FB..

      Delete
  5. aku juga pernah punya hobby kayak gini..pas kuliah ku hibahkan u adiknya temen yg masih smp dan skrg menyesal....hahaha soalnya ternyata ga dirumat :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayang bangeet mak...memang musti dikasih yang sama-sama sukaaaa...biar terawat dengan baik hehehe...

      Delete
  6. Mba! Saya sudah inbox alamat, ya. :D
    Semoga saya dapat kartu posnyaaa. .. :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mak Idaaaah...sudah saya catat, semoga sempat kirim dari Myanmar, lalu kita tukeran ama koleksiku yang ada di Indonesia yaaa..cheers..

      Delete
  7. ini hobi yang menyenangkan dan 'menggugah' ...
    Setuju sekali ini Mak ...
    Ketika kita melihat gedung dalam perangko itu ...
    Ketika kita melihat landmark dalam kartu pos itu ...

    Pasti akan terpatri di hati kita ... "Suatu saat saya pingin kesana ... !"

    Dan untuk beberapa gambar ... beberapa destinasi ... hal itu sudah kesampaian ... satu per satu

    salam saya Mak

    (8/2 : 26)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Om...buat saya, banyak cerita dan semangat di selembar kartu pos :D...semoga selalu semangaaat...

      Delete
  8. duuuh perangko yang dulu udah enggak tahu kemana. padahal udah koleksi banyaaak XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayang banget mbaaaa :D...paling tidak diwariskan ke siapaaa yang mau :)

      Delete
  9. Saya juga ngumpulin perangko sejak SMP mak. Saat itu om saya kerja di kapal pesiar keliling dunia . Temannya byk dari berbagai belahan dunia.Jadi tau keponakannya ini koleksi perangko, dia minta perang ko temen temennya kalau mereka dapat surat dari keluarganya.Jaman dulu belum ada email. Jadi saya punya banyak perangko dari berbagai belahan dunia.Sudah 23 Tahun berlalu sejak saya SMP.Om saya sampai skr masih berlayar.Koleksi perangko saya banyak sekali.Seribuan kali.Hihi..blm pernah ngitung. Pas SMA sudah brenti koleksi.Tapi saya merasa itu barang berharga. Pas nikah album albumnya ketinggalan di rumah.Dua tahun lalu kubawa ke rumahku.Masih ada.Senangnya....salam kenal mak.Silahkan berkunjung ke blogku.Newbie saya, jd belum banyak tamunya blognya

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillaaaaah...bahagiaaa memang kalau barang kesayangan ternyata masih ada ya mak..salam kenal jugaaa...saya sudah sempat mampir dan main ke 'rumahmu' :D...makasih ya sudah mampir jugaaa...cheers...

      Delete
  10. hobi jadul tapi masih banyak yang melakukannya kok mbak, itu hobi unik

    ReplyDelete
  11. Aku juga mbak... Masih koleksi perangko..tapi kebanyakan Indonesia sih hehehe. Yuk yuk tukeran tunggu aku ambil perangkoku di rumah Malang dulu yaa :p

    ReplyDelete
  12. wahhh hobi kita (jaman kecil) sama ya mbaak :)
    skrg usiaku 24 dan kalo liat koleksi jadul rasanya senyum2 sendiri.
    mulai dari surat artis cilik
    album perangko
    kartupos
    kartu telepon
    surat2 sahabat pena
    hahahaha.
    salam kenal mak :)
    menarik sekali cerita2 di blog mbak indah ini :)

    ReplyDelete

Soooo happy to have you all here :D....
Thanks for visiting my blog and feel free to comment but all direct links will be deleted.

Link hidup akan langsung saya hapus ya.

Enjoy!