WW: Enchanting Cirebon - Kasepuhan Palace

C.I.R.E.B.O.N

Have you been to Cirebon before?

This is the hometown of my grandfather from my father's side.
We have been visiting this city since I was a kid but it's been quite sometimes that we haven't visited this place nor meet our relatives here.


Kasepuhan Palace, Cirebon, West Java

So last December 2019, my family together with my mom, my aunts and my brother and sister in law went to Cirebon and have a little flashback. Playing tourist in my grandpa's hometown. It was fun indeed!


one of the pavilion in Kasepuhan palace

It takes around 3-hour drive from Jakarta through the new highway so it is very manageable indeed. We can have a visit without spending a night, perfect for a weekend gateway. 

We stopped at Sunyaragi Cave (READ: Sunyaragi Cave, Cirebon, West Java) and enjoyed culinary experience here as well. We also visited Kasepuhan Palace where we saw different parts of the palace. Well, most of the rooms are closed as it is still used by the royal family. But we can take pictures on the outer parts.

So here are some of the photos.

one of the gates at Kasepuhan Palace, Cirebon






We had a guide telling us about the history of this place too.
Always fascinating to hear such colorful stories of the past and my kids can learn more about the history of the country as well as our big family. Super happy!

The teak wood carvings in Kasepuhan Palace, Cirebon

Kasepuhan Palace, Cirebon, West Java

Kasepuhan Palace, Cirebon, West Java


So have you been to Cirebon as well?
Do you like visiting old Palaces?
What do you like best from those palaces?

Join us on (almost) Wordless Wednesday (click HERE) and have fun with the link party!


35 comments:

  1. Wah Cirebon pun kulinerannya enak.
    Terakhir juga main ke keraton itu aku Mbak.
    Lalu sempat juga ke pabrik pembuatan terakota....

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku jugaaa senang bangeet bisa mampir ke sini Zizi..seruu pisan ya

      Delete
  2. Waah menyenangkan banget bisa jalan-jalan seperti ini bersama keluarga besar ya Mbak Indah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulilah masih sempat jalan bareng sebelum COVID-19 mbaa

      Delete
  3. wah sebelum covid menyerang nih.. hehehe.. aku belum pernah ke cirebon, gak punya keluarga disana. pun gak tau wisata apa aja yg rekomen.. huhu

    dan ternyata menarik juga ada keraton di cirebon.. ku kira adanya di solo atau jogja doang. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pastinya sebelum COVID-19..sekarang kami di rumah aja dulu sampai semua lebiih amaaan ya mba. Cirebon Keratonnya banyaaak lho

      Delete
  4. What a nice post and happy photos indah loads of smiles :-)

    Have an enchantinglytastic safe week 😷😷😷

    ReplyDelete
  5. Waah..ke Cirebonnya Des tahun lalu juga ya mba? Sama nih dgku..hehe.. Pasti seneng dan seru abis ya jalan bareng kelg besar begini.. Dan memang..Cirebon memang OK banget!

    ReplyDelete
  6. Keraton Cirebon semakin menarik dalam lensa kamera mba Indah.
    Aku Cirebon baru sebatas lewat, belum menjelajah wisatanya. Cirebon punya banyak destinasi wisata yg menarik. Batiknya jg.

    ReplyDelete
  7. Jadi keinget keluarga kesana saya gk ikut ternyata bagus tempatnya dan banyak akan nilai sejarah. Sekarang lagi pandemi pasti di tutup ya mbak indah kasepuhannya.

    ReplyDelete
  8. I have not been to Cirebon but what a lovely place, indeed! How wonderful that your family was able tour tour it together!

    ReplyDelete
  9. Belum pernah ke Cirebon. Kayaknya seru ya sehari ke Cirebon, lalu langsung pulang lagi. Bisa menjadi pilihan supaya nggak melulu Bandung.

    ReplyDelete
  10. So happy yaa, kak Indah.
    Mengenang masa-masa perjalanan bersama keluarga.
    Aku jadi kangen jalan-jalan bareng begini...

    Cirebon ini kota kenangan bagiku.
    Pernah 3 tahun tinggal di sini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kaka Obi terlihat lelah di foto, kak Indah.
      Semoga sehat-sehat selalu dan bisa jalan sekeluarga lagi.

      Delete
  11. Aku terakhir ke Cirebon sebelum covid rame karena harus rekrut di sana, pulangnya makan empal gentong H. Apud aduh terngiang2 rasanya wkwkk

    ReplyDelete
  12. kalau new normal ini sudah benar-benar normal, auto kesana nih, kangen cirebon

    ReplyDelete
  13. Aku pernah ke Cirebon hanya ke rumah saudara aja. Nggak sampai jalan-jalan. Trus lihat serunya Mba di atas jadi rindu jalan-jalan akuuuuuu...

    ReplyDelete
  14. wahh mbaaa senangnya jalan-jalan bersama keluarga yahh.. biarpun keman asal sama keluarga mah enak pisann....

    ReplyDelete
  15. Well, that looks like one happy group! VACATION! YAY!!! Your daughter looks tired and has a wondering eye to be some place else I think. Looks like all are having fun though. I can't wait until we take another vacation! Woo Hoo!

    ReplyDelete
  16. Tempatnya keren deh suka sama tempat cagar budaya kayak gini, berasa bangga banget gitu warisan leluhur kita yang banyak

    ReplyDelete
  17. My brother in law is also come feom Cirebon. My sister and my parents have already visited there. Hope one day I could come to Cirebon too 🤗

    ReplyDelete
  18. Wah, spotnya keren-keren, jadi pengen foto-foto disana

    ReplyDelete
  19. aku tuh orang cirebon kak. Tapi malah belom pernah ke keratonnya. Tiap pulang kampung ke cirebon cuman kulineran doang. Ternyata bagus tempatnya!

    ReplyDelete
  20. Sudaah! Aku kesini dan suka banget makan nasi disana yang pake daun jatinya wkwkw

    ReplyDelete
  21. Seru banget pastinya ya Mbak Kalau jalan-jalan bareng keluarga kayak gini tempatnya juga bagus banget Jadi pengen ke sana juga deh.

    ReplyDelete
  22. Asiiik kesampean juga ya mba Inda beserta family pergi ke Cirebon Kasepuhan ini. Aku pernah baca2 ttg keraton ini dan tempatnya makin ngehits setelah banyak yg berwisata ke sana

    ReplyDelete
  23. Kemarin sebelum pandemi aku baru dari Cirebon, dan tujuan pertama kesana adalah kuliner bersama mamahku. Kita juga jajan ke pasar karena si mamahku pengen banget beli jajanan di pasar.

    ReplyDelete
  24. Seru banget jalan2 ke Cirebon, bisa belajar kebudayaan juga,jangan lupa belanja batik :)

    ReplyDelete
  25. Aku waktu ke cirebon cuma ke rumah sodara aja nih, ngga sempet kemana mana huhu seru banget baca ceritanyaa

    ReplyDelete
  26. Aku sudah kesini nih Mba. Duh jadi kangen sama Cirebon. Kesana tuh waktu itu naik kereta dan memang Cirebon juga kangenin makanannya

    ReplyDelete
  27. Cirebon memang punya ciri khas bangunan yang unik dan sangat cantik, yang paling aku sukai saat mencicipi kulinernya sewaktu istirahat sejenak dalam perjalanan pulang kampung. Wah lidahku cocok banget deh sama citarasanya

    ReplyDelete
  28. Aku ke Cirebon lewat doang di stasiunnya waktu menuju Jakarta mba Indah. Pengen deh kapan2 mampir ke sini, yang terkenal di Cirebon ada tegal gubugnya pasar kain itu yang tiap Jumat. Pengen ke situ trus mampir ke keraton kasepuhan ini, banyak sejarah yang terlukis ya Mba. Moga kapan2 bisa main ke sini.

    ReplyDelete
  29. saya belom nyobain ke sini mba Indah, waktu itu ke Cirebon tapi ga ngunjungin tempat ini, wah jadi penasaran, aku baca-baca ini salah satu iconicnya Cirebon ya

    ReplyDelete
  30. itu yang di keramik ijo ada ukiran naga ya mbak? sejarah cirebon memang menarik banget, ada percampuan sejarah masa penjajahan dan sentuhan kedatangan agama islam.

    ReplyDelete
  31. Belum pernah ke Cirebon cuma lewat doank hehe. Padahal deket banget sama Jkt ya? Semoga setelah pandemi usai bisa traveling ke sana. Seru ya mbak klau rame2 gtu :D
    Kalau pergi ke lokasi yg sarat sejarah emang enak pakai gude jd dapat banyak penjelasan dan cerita yg kdng gak ada di brosur panduan lokasi wisata ya :D

    ReplyDelete

Thanks for visiting My Purple World. I am delighted to have you all here :D....
If you like what you read, feel free follow this blog through the button on the right side of the blog and hope you can leave some comments too. Nevertheless, all comments with direct links will be deleted.

Terima kasih sudah mampir ke blog aku ya. Selamat menikmati dan semoga suka. Komentar akan sangat dihargai, tapi link hidup dan spam akan langsung saya hapus ya.

Happy Blogwalking and enjoy 😘