KA Majapahit, Alternatif Pergi Ke Malang Selain KA Matarmaja



KA Majapahit, Alternatif Pergi Ke Malang Selain KA Matarmaja

Gambar oleh Pixabay

Enjoying traveling around with the trains?
Me, too!
And I want to go to many parts of Indonesia using this lovely mode of transportation.

Saat ini pergi ke Malang atau ke kawasan timur lainnya, terasa lebih nyaman, berkat banyaknya rute kereta alternatif yang disuguhkan oleh PT. KAI, dari kawasan Jakarta. Salah satu kereta yang dapat Anda gunakan adalah KA Majapahit. Dari segi fasilitas dan juga tarif, KA yang satu ini terbilang cukup nyaman, digunakan, bagi Anda yang ingin pergi ke Malang, secara nyaman, dengan budget yang tidak terlalu besar.  

Rute keberangkatan 
Seperti yang selintas dijelaskan di atas, KA Majapahit sendiri adalah kereta yang mempunyai rute keberangkatan dari Jakarta Pasar Senen ke Kotabaru Malang. Yang menarik adalah kereta ini juga akan melewati stasiun Semarang Tawang. Di sepanjang perjalanan, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang sangat indah, khas kawasan Pantura Jawa. Disini Anda akan melihat indahnya kawasan Semarang, Pekalongan, Demak, Grobogan dan yang lainnya. 

Mengingat rute perjalanan yang cukup panjang, maka KA Majapahit ini hanya akan berangkat 1 kali dalam sehari, baik itu di Stasiun Pasar Senen – Jakarta dan juga di kawasan Stasiun Kotabaru - Malang. Dari Stasiun Malang sendiri, kereta ini akan berangkat pada sore hari, yaitu jam, 18.30, dengan lama durasi perjalanan sekitar 15 jam 38 menit, maka kereta akan tiba di Stasiun Pasar Senen – Jakarta  keesokan harinya, tepatnya jam, 10.08 pagi. Sedangkan untuk keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen – Jakarta, adalah jam 18.15 sore, dengan lama durasi perjalanan sekitar 15 jam 50 menit. Jadi kereta akan tiba di Stasiun Malang, Kota baru, sekitar 10.05 pagi.    

Selama perjalanan berlangsung, kereta api yang satu ini akan berhenti di beberapa stasiun, tepatnya 16 stasiun. Khusus untuk kereta ke arah Jakarta, kereta akan berhentI terlebih dahulu di stasiun sebelumnya, yaitu stasiun Jatinegara. Sebaliknya sebelum sampai ke Stasiun Malang – Kotabaru, maka kereta akan berhenti terlebih dahulu di Stasiun Sragen, sebelum akhirnya memasuki kawasan Walikukun. 

Layanan kelas 

Saat ini layanan yang disediakan oleh PT. KAI untuk KA Majapahit ini ada 2 macam, yaitu kelas ekonomi dan kelas eksekutif. Beberapa fasilitas ada yang sama, dan ada juga yang tidak. Beberapa fasilitas yang sama antara kelas eksekutif dan kelas ekonomi adalah, saat ini keduanya sama-sama sudah mempunyai stop kontak yang dapat digunakan untuk mengisi baterai ponsel atau perlengkapan elektronik yang lainnya. 
Sedangkan perbedaan antara kereta eksekutif dan kereta ekonomi adalah :

               Pada kereta ekonomi, Anda akan menemukan kursi panjang tanpa sekat yang dapat digunakan oleh 2 atau bahkan 3 orang tempat duduk. Sandaran pada kursi terbilang statis, dan tidak dapat digerakkan. Namun demikian, sandaran kursi sudah disetting dan hanya akan menghadap ke salah satu sisi, baik depan maupun belakang. Terdapat 1 buah meja yang diletakkan di bawah jendela. Jarak antar kursi terbilang cukup luas, sehingga Anda dapat leluasa dalam bergerak. Sementar untuk bagasi, desainnya masih tidak berubah, dan Anda dapat menyimpannya di bagian atas. 

               Pada kereta eksekutif, kursi yang digunakan sudah masing-masing, dan terdiri atas 2 kursi kanan dan 2 kursi kiri. Pada pasang-masing kursi sudah dilengkapi dengan tuas, yang dapat digunakan untuk mengatur posisi sandaran punggung. Ada juga fasilitas lainnya, seperti  adanya meja lipat portabel yang ada di bagian tutup sandaran tangan. Fasilitas night mode akan digunakan ketika malam tiba, ini adalah fasilitas untuk meredupkan lampu utama kereta api, sehingga lampu di dalam kabin jadi terlihat temaram. Fasilitas ini yang membuat para penumpang dapat beristirahat secara leluasa. Tidak sampai disana, ada juga fasilitas tambahan berupa bantal dan selimut ketika malam tiba. Fasilitas ini dapat Anda gunakan untuk mengusir kantuk dan juga udara dingin.   


Tarif 
Dari segi tarif, mengingat ada 2 kelas kereta yang ada di dalam 1 rangkaian kereta tersebut. Maka tarif atau harga yang diberikan lebih beragam. Hal ini akan disarankan pada kelas kereta api, sub kelas / posisi tempat duduk, tanggal pemesanan, dan yang lainnya. 

Untuk memesan tiket KA Majapahit ini, kita dapat melakukan dengan 2 cara, yaitu mengunjungi loket kereta di stasiun secara langsung, atau membeli tiket secara online. 

24 comments:

  1. Demen bangeett traveling naik sepur!
    Moga2 dalam waktu dekat, ada kesempatan naik KA ke Malang
    Seruu buanget pokoke

    ReplyDelete
  2. Aku suka traveling naik kereta. Sering juga naik kereta dari Jember ke Malang atau dari Surabaya ke Malang. Kapan-kapan nyobain juga ah naik kereta Majapahit ini dari Jakarta ke Malang.

    ReplyDelete
  3. Pilihan keretanya sekarang tambah banyak ya...beli tiket online jadi tambah gampang..

    dianesuryaman dot com

    ReplyDelete
  4. IYa nih kalau kereta Martarmaja aku tau dari jaman SD dulu, sekarang ke Malang banyak keretanya ya termasuk Majapahit ini

    ReplyDelete
  5. Enak banget naik kreta skrg mba.. ada bbrp pilihan ya. Klo brangkat sore, asik. Besokannya sampe menjelang siang. Pas banget lgsg maem siang dsanaa

    ReplyDelete
  6. hwaa ke malang naik kereta. aku mau aku mau... rayu suami ahh buat ajak pasukan liburan ke malang naik ka majapahit :D

    ReplyDelete
  7. Suamiku yang udah pernah naik KA ke Malang, tapi yang Matarmaja. Aduhhh jadi pengen nih ke Malang naik kereta, mbak

    ReplyDelete
  8. Panjang juga durasinya, sampai 15 jam. Tetapi, saya memang seneng naik kereta. Berlama-lama pun gak apa-apa.

    ReplyDelete
  9. Aku waktu ke Malang naik bus. Next kudu coba pakai kereta api juga biar nuansanya beda. Sekarang transportasi serba mudah

    ReplyDelete
  10. Karena kota saya enggak ada kereta, jadi pesan tiket secara online memang alternatif terbaik. Jadi kangen buat ke Malang lagi

    ReplyDelete
  11. Ini yang belum kesampaian. Anakku yg fans garis kerasnya kereta, penasaran nyoba rute ini sejak lama. Tapi Mboknya belum lega. APalagi bayangin perjalanan 15 Jam. Wkwkwk

    ReplyDelete
  12. Wah, jadi semakin mupeng pergi ke Malang. Naik kereta api pasti seru dan nyaman. Lagi mencari waktu yang pas buat dolan ke Malang..

    ReplyDelete
  13. ada alternatif kalau mau ke Jakarta dari Malamg nih. naik kereta kan juga lebih seru, tiket pun ekonomis

    ReplyDelete
  14. Wahh jadi alternatif ya ke Malang, bisa naik KA ini. Harganya berapa ya ini tiketnya?

    ReplyDelete
  15. Wuiih 15 jam perjalanan ya, bisa sekalian mencari ide tuh di perjalanan hihiii.. Kayaknya ini enggak lewat Semarang ya, padahal pengin bisa ikutan ke Malang nih naik KA Majapahit.

    ReplyDelete
  16. Sekarang pelayanan PT KAI makin bagus ya. Sarana dan prasarananya semakin nyaman. Makin seneng pakai transportasi kereta api.

    ReplyDelete
  17. Andalanku ke mana-mana numpak sepur, Mbak Indah, lebih santai, aman dan nyaman, bisa jadi alternatif kereta kalau ke Malang yaa

    ReplyDelete
  18. Mbak KA idolaku ini, KA Majapahit. Tapi aku turunnya di Stasiun Kediri. Nyaman dan harganya terjangkau. Anak-anak senang, berangkat dari Stasiun Pasar Senen, makan malam di kereta, enggak lama tidur, terus bangun-bangun Subuh dah nyampe deh di Kediri.

    ReplyDelete
  19. Wah.. Alternatif baru nih. Udah lama banget gak pernah ke malang. Padahal adek kuliah disana. Pengen banget naik KA lg.

    ReplyDelete
  20. Aku pernah coba kereta api eksekutif dari Jakarta, Gambir ke Turi Surabaya beberapa tahun lalu.
    Duh, senangnya...
    Berasa mengulang momen masa kecil saat di Sumatera,

    Semoga bisa mengulang keseruan yang sama

    ReplyDelete
  21. Kebetulan punya dik angkat yang tinggal di Malang. Bisa langsung sekali naik ya kalau dari Jakarta. Jadi nggak turun naik berkali-kali.

    ReplyDelete
  22. Wah panjang juga rutenya. Dari Jakarta sampai Malang. Namun enak banget ada pilihan ekonomi atau eksekutif. Tinggal menyesuaikan budget kalau lagi travelling.

    ReplyDelete
  23. Pas banget ada planning mau ke Malang sebelum ke Surabaya tahun depan :D
    Ini kereta apinya bis ajadi pilihan transportasi untuk ke Malang, apalagi skrng kereta makin nyaman aja :D

    ReplyDelete
  24. Boleh nih memang Ada niatan mau explore ke Malang Naik KA Majapahit bisa beli on the spot lagi,,

    ReplyDelete

Thanks for visiting My Purple World. I am delighted to have you all here :D....
If you like what you read, feel free follow this blog through the button on the right side of the blog and hope you can leave some comments too. Nevertheless, all comments with direct links will be deleted.

Terima kasih sudah mampir ke blog aku ya. Selamat menikmati dan semoga suka. Komentar akan sangat dihargai, tapi link hidup dan spam akan langsung saya hapus ya.

Happy Blogwalking and enjoy 😘