8 Oleh-oleh Lampung yang Wajib Dicoba

Disclaimer: postingan ini asli dibuat dari lubuk hati yang paling dalam,  murni tanpa fasilitasi dari produsen produk-produk yang saya sebutkan, namun karena memang saya suka dan menikmatinya. All opinion expressed is based on my own experience and the food displayed in this post is given to me as the tokens of love from my dear friends and family. Dan dilarang ngiler ya :).



ada yang mau? :)

Lampung.
Kampung halamanku tercinta.

Cerita tentang kampung halaman memang selalu membuatku sendu.
Ada rasa sesak di dada saat ingat cantiknya Lampung, tanah kelahiranku.
Belum bosen kan kalau aku curhat soal rasa kangen ini?
I know I have posted several posts about it..
How I miss my big family, the great outdoors and adventures I have back home, the stunning beaches and the yummy culinary havens we have here and there plus refreshing massages and 
Bahkan saya juga kangen naik angkot dan busway andalan tercinta di Jakarta hehehe.

Lagi-lagi..semua bermula dari media sosial dan group Whatsapp.
WA keluarga besarku di Lampung dan juga teman-teman SMP dan SMA di Lampung asyik membahas duren, pempek dan pantai indah yang bertebaran di Lampung.

Repeat: Duren, Pempek, dan Pantai.
Repeat: Pantai, Pempek, dan Duren.
Repeat: Pempek, Pantai, dan Duren.

Lupakan urutannya, tapi resapi ketiganya.

Tuhaaaan.
Rasanya pengen langsung pesen tiket, pulang liburan ke Lampung dan puas-puasin ketemu keluarga, teman, wisata kuliner sampai kembung dan diving to my heart's content.

Kalau punya pintu ajaib Doraemon and perusahaan multinational yang menghasilkan keuntungan bersih M-M-an (yeah rite, Indah :)), mungkin saya akan saat ini sudah duduk manis di JFK airport menanti boarding. But what did they say about life? It's so unfair, rite...so instead, I am pouring my heart out here on my blog at one coldy corner in Astoria, NYC :).

Kenapa jadi panjang sekali ya intronya. Padahal saya hanya mau berbagi kebahagiaan karena baru menerima paket kejutan of the year yang isinya oleh-oleh kuliner Lampung yang wajib dicoba.


ada yang mau?

Allah SWT memang Maha Adil. Di saat kami hanya bisa menatap nanar seliweran makanan enak asal kampung halaman yang keukeuh nangkring di timeline FB, Path, IG, dan bahkan chat WA dan Telegram, ternyata bisikan lirih dalam hati untuk bisa ikut menikmatinya didengar oleh-Nya.

Dan thanks to Nchoe, Novie Herawati Zein, teman koboyku sejak jaman SMP, SMA, kuliah, sampai sudah berbuntut ria, aneka kuliner khas Lampung ini pun mendarat dengan manis di NYC.
Saat membukanya, hati sudah deg-degan, lalu terharu. 

Apa saja sih oleh-oleh khas Lampung yang wajib dicoba dan dinikmati?

Ini dia 8 oleh-oleh khas Lampung yang wajib dicoba a la saya. Abaikan urutannya ya, karena saya yakin teman-teman memiliki selera yang beragam. Yang pasti semuanya enak, semua enak. Lagi-lagi menurut saya.

1. Pempek Lampung

Buat saya, pempek memang yang paling juara. Meskipun pempek identik dengan Palembang atau Sumatera Selatan, namun pempek di Lampung ngg kalah nikmatnya. 

Indonesian fish cake, that's what we call it. Different from the one from Thai, our fish cake is exquisitely tasty due to the fish meat being used and the special sweet-spicy sauce, cuka, that complement it. We use ikan belida or the king fish for the dough. And surely it gives you the wonderful taste.

Saat saya menulis ini, terbayang lembutnya adaan dan lenjer dari ikan belida yang baru digoreng ataupun dikukus. Ditambah cuka yang pedasnya buat ketagihan dan irisan timun segar. Masya Allah, nikmat-Nya mana lagi yang kau dustakan?

Dan kali ini, saya titip Pempek 123 yang lumayan top di Lampung. Namun sepanjang daerang Kupang, Teluk Betung, banyak tersedia toko-toko pempek yang juga terkenal sejak dulu. Ada pempek 88 dan pempek


2. Kemplang dan Kerupuk Ikan


Bisa aku habisin sendiri lhooo..

Can't get enough of it.
That's it :).

Kerupuk dan kemplang ini benar-benar membuat hidup lebih nikmat. Buat yang sudah pernah mencicipi kerupuk ikan dan kemplang Lampung biasanya ketagihan. Paling tidak beberapa teman asing saya di PBB yang pernah mencicipi langsung suka dan minta lagi. Kalau sudah begini, saya yang rugi bandar :).

3. Keripik Pisang

keripik pisang enaaak...

Lampung rasanya selalu identik dengan keripik pisang. Saya ingat, sejak kecil, kalau bawa oleh-oleh dari Lampung pasti pilihan pertama adalah keripik pisang. Karena memang enak dan sejak dulu ada perusahaan terkenal di Lampung yang menjual keripik pisang enak. Dulu rasanya hanya manis dan asin. Sekarang? Hmmm.. You name it, you got it.  Mulai dari rasa coklat, keju, sampai jagung manis :). My favorite? Yang asin dan keju. Coba deh..

4. Keripik Nangka



Ini adalah salah satu varian terbaru di perjagatan oleh-oleh khas Lampung. Apparently, Lampung punya stok nangka yang banyak dan jadilah keluar ide buat keripik nangka. Enak juga lhooo.. Kriuk kriuk dengan manis dan aroma khas nangka. Ngga percaya? Grab one and try it yourself.

5. Kopi Lampung


kopi legendaris :)


Kopi dan lada itu Lampung bangeeet.
Langsung ingat salah satu lagu daerah Lampung yang judulnya. Di salah satu liriknya disebut bahwa Lampung memang surganya kopi dan lada. 

Dan memang kopi Lampung itu asli mantap. 
Kopi Lampung asli ya. 
Masih ingat jaman kami sering main ke Kotaagung, kampungnya Rudi, dan dioleh-olehi kopi Lampung yang hasil gilingan sendiri. Kalau diseduh, wanginya serumah :). 
Jadi, kopi Lampung wajib dicoba juga nih.


6. Sambal Yen Yen




Dulu, Yen Yen terkenal sebagai toko yang menyediakan oleh-oleh khas Lampung. Komplit, plit. Aneka oleh-oleh yang aku sebut di sini ada semua, malah lebih lengkap lagi. Dan sekarang, Yen Yen juga mengeluarkan sambal khasnya. 

Pedasnya? Juaraaaa! 
Dijamin makan dengan sambal ini penuh dengan sound effects.. Bisa "ya ampun, pedesnyaaa.." Atau "gila enak beneer ini sambel.." Sampai.. "Uh, ah, uh, ah.." Karena rasa pedasnya memang sampai ke kuping dan bikin nyandu :).

7. Lempok dan Dodol Duren

Saya ngga punya fotonya tapi untuk yang doyan duren dan manis (unfortunately I don't >_<), lempok dan dodol duren ini juga juaraaa. Setiap saya pulang ke Lampung, sering banget membawa lempok dan dodol duren untuk teman-teman di kantor. Kaau sudah dibuka, 5 menit langsung habis :).

8. Tempoyak

Nah untuk yang satu ini, juga salah satu makanan favoritku. And I gotta admit, I was so regretful about it. Menyesaaal saya baru tahu enaknya tempoyak setelah menikah :). Thanks to my hubby, I am in love with tempoyak now. Makanan khas Lampung ini dibuat dari duren yang difermentasi dan    ditumis dengan sambal. Atau dicampur langsung dengan sambal terasi. Tuhan.. Makan ikan goreng atau tahu tempe goreng dengan tempoyak dan sambal terasi itu serasa melihat surga di pelupuk mata. Lebay memang.. Tai asli enak. Dan sayangnya tempoyak belum terkirim nih ke NYC. Ada yang mau berbaik hati? :)

Sebenarnya masih banyak lagi makanan enak khas Lampung yang perlu dicoba. Termasuk pindang patin yang seger dan nikmat, kue lapis ketan Lampung dan masiiiih banyak lagi.

Satu lagi tentang Lampung yang membuat saya selalu kangen adalah teman-teman tercintah. Termasuk di dunia blog yang seruuu. Walaupun saya masih anak bawang di sini, tapi asli dunia blogging seru abis. Dan adalah seorang Melly Felyadin, seorang selebritis blogger pertama yang saya kenal di ajang Blogger Nusantara. selebritis blogger imut kinyis-kinyis yang ternyata berasal dari Lampung. At least her family is still there in Kalianda. 

ketemuan pertama kali dengan Melly :)

Saya ingeet banget pertama kali ketemu Melly di Blognus. Berbekal selembar kertas yang harus ditandatangani para selebritis blogger itu, saya cocokkan satu per satu teman-teman blogger yang datang dengan kertas print yang ada foto Melly. Niat bangeet yah hihi.. 
Maklum kami masih blogger pemula saat itu dan dengan berbekal PD, saya tanya deh satu-satu. Waktu ketemu, rasanya heboooh beneer dan berhasil dapat tanda tangannya:). Aah jadi kangeen dengan Melly. 

keseruan Blognus ..


Coba deh main ke blognya www.melfeyadin.web.id :). Ada banyak cerita seru di sana. Sebenarnya Melly juga aktif di blog detik. Sayangnya, blog detik ngga bisa saya buka di luar negeri. I don't know why.

Karena sama-sama dari tanah Lampung tercinta,  kami pun punya hobi yang sama. Ngemil makanan khas Lampung. That's why.. Waktu saya drafting mengenai oleh-oleh khas Lampung, jadi langsung inget Melly juga.

Sekarang, Melly yang hobby banget nyetrika ini berdomisili di Bogor.mungkin berikutnya kita ngobrol soal oleh-oleh khas Bogor yaaa. Sounds good to me..

27 comments:

  1. Isssh kuliner n snack nusantara so yummy bgt y,btw melly jadi artis sond saat itu☺

    ReplyDelete
  2. My fave: kemplang dan keripik nangka. Kalau sambal nya malah belum pernah coba nih, Mak In >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama dong..aku hobi bangeeet kemplang hehehe

      Delete
  3. dulu waktu d pesantren kebetulan banyak teman dari lampung,setiap dapet paket pasti yg selalu dibawain itu kemplang sama kerupuk ikan..enak bangettttt

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa yaa..kemplang memang hits bangeeet :)

      Delete
  4. Kerupuk amplang itu yang selalu kutunggu2 kalau temen pulang kampung ke Lampung hihihi

    ReplyDelete
  5. Waah Mbk dari Lampung ya? Suamiku orang Lampung dan kami menetap di Lampung. Emang juara deh enaknya oleh-oleh Khas Lampung hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. bangeeet..makanya aku beruntuuung bener dapet oleh-oleh segudang iniii

      Delete
  6. bikin kangen memang cemilan-cemilan ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. untung banyak yang bermurah hati kirim ke sini yaaa

      Delete
  7. Ya ampuuun mba indah mah beneran bikin ngiler. Lagi kangeeen sama pempek, kemplang, keripik buah dan pepes patin tempoyak ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. bangeeet mbaaaa..makanya niaat banget buat postingannya hehehe

      Delete
  8. Duh, tempoyak.. Bacanya aja udah bikin aku merinding. Hihhihi.. Dulu pernah sekali nyobain dan rasanya aneh banget.. Iihhh, mending makan duren nya aja sama ketan. Varian nomor 2 para kerupuk itu menggoda sekali makk.. Plus ketipik pisangnya, ayahku kalau dari sumatra pasti oleh olehnya kripik pisan berdus dus sama kerupuk kerupuk ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. Tempoyak memang ngg semua suka. Tapi aku doyaaan :)

      Delete
  9. Kalau aku suka banget sama piscoknya. Temen2 lampung paling sering bawa itu. Kalau yg lain alhamdulillah udah pernah ngincipin. Enaknya temenan ama teman seluruh nusantara tuh ini, dapet oleh2

    ReplyDelete
  10. duh, itu keripik pisang melambai-lambai. . mau mbak lempar sini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha.. Jangaaan aaah.. Kan aku juga importnya jauuuh πŸ˜‡πŸ˜˜πŸ˜‡

      Delete
  11. adooh mbak Indah, kenapa itu semua makanan enyak enyaaaak >_<

    psst, Melly juga 'gurih' hihihii

    ReplyDelete
  12. Those snacks look yummy. Sometimes we'll hit up different grocery stores here to try new things. We have Asian, African, and a Mediterranean grocery stores.

    ReplyDelete
    Replies
    1. It's great that you try different things.. Including munchies..

      Delete
  13. Dari semuanya itu yang paling sering makan kerupuk ikan dan kemplang nya. Pengin deh ngerasain pempek nya :)

    ReplyDelete
  14. Not Kalianda mam, but Natar hehe
    hehe, keluargaku ga ada yg di Kalianda hihihi

    Dan bener bgt, oleh2 khas Lampung itu seruuu pisan, kriuk2 dan ikan semuaaa haha

    ReplyDelete
  15. yuk mari dateng ke lapak kite, tempat oleh-oleh Lampung terbesar di JL.Ikan Kakap no.26 & 28, Bandar Lampung, Depan Klenteng Teluk Betung. telp.(0721)-5630988, fax.(0721)-5630988, WA:082388688868, IG:@anekasarirasa, email:anekasarirasa@yahoo.com

    ReplyDelete

Soooo happy to have you all here :D....
Thanks for visiting my blog and feel free to comment but all direct links will be deleted.

Link hidup akan langsung saya hapus ya.

Enjoy!