Like Mother like Daughter

"Mommy, can I wear this?"
"Mommy, let me choose my dress for today, okay."
"Mommy, do you think this jacket matches my boots?"

like mother like daughter :)
Setiap pagi, putri kecilku sibuk dengan ritualnya memilih pakaian yang akan ia kenakan hari itu. Iya, pilih-pilih baju.
Tidak jarang Obi, anak perempuanku, menolak untuk mandi atau sarapan sebelum memilih bajunya. 
Geregetan ngg sih :).
Apalagi kalau pagi menjelang sekolah kan waktu yang tersedia tidak terlalu panjang. Belum sarapan, mandi, pakai baju dan sepatu plus final cek untuk buku dan tas sekolahnya. Ada yang mengalami hal yang sama?

Sejak kecil, Obi memang suka dengan fashion :). 
Dan makin besar, sepertinya makin besar pula perhatiannya terhadap baju yang ia pakai. Paling tidak dia selalu menyempatkan diri untuk memilih apa yang akan dipakai setiap harinya. Dan saya suka diam-diam memperhatikan. Tidak jarang Obi berulang kali memadupadankan atasan, rok, legging ataupun dress yang akan dipakai sampai mendapat padanan yang menurutnya pas. Coba.. Bisa 10 menit sendiri di depan lemari :).


cheers...

Kalau melihat gaya pakaian Obi, sepertinya modelnya suka-suka deh. Tabrak sana-sini, mix and match terserah aja haha #langsungingatdirisendiri #likemotherlikedaughter. Yang pasti, Obi suka warna cerah dan motif yang unik dan lucu. Kalau sudah begini, Obi bener-bener anak mama >_<.

rok tenun endek Bali yang kembar dengan mama :)


Tapi bener lho, banyak gaya berpakaian saya yang 'menurun' ke Obi. 
Walaupun saya tidak pernah memaksakan harus pakai yang ini or yang itu, tapi Obi pun menyukai gaya etnik yang sering saya gunakan. Apalagi wastra Indonesia kan cantik-cantik sekali, saya pun beberapa kali membuatkan baju atau rok yang senada dari kain-kain tradisional Indonesia untuk Obi. Psssst.. Obi juga jadi suka warna ungu dan pink karena lihat mamanya sering banget pakai kedua warna ini. Kesimpulannya benar-benar like mother like daughter nih :).

morning walk with Abang Bo et Ohi

So now, ini beberapa tips saya mempersiapkan baju anak-anak di pagi hari.

1. Siapkan dari malam sebelumnya.
Secara teori, ini tips yang paling membantu di saat waktu kita di pagi hari tidak banyak. Saya suka meminta mereka memiih baju lalu digantung di dekat lemari pakaian anak-anak agar mudah diambil di pagi hari. Kalau malam tidak sempat, usahakan dilakukan pagi-pagi.

2. Beri pengertian mengenai pakaian yang sesuai, baik sesuai dengan cuaca, kesopanan dan faktor lainnya. Kan berbahaya jika cuaca lagi dingin-dinginnya Obi memilih kaos tipis atau celana pendek. Or in the middle of summer, boots salju kesayangannya yang dipakai. Demikian pula untuk kesopanan. Sebagai orang timur, saya selalu mengingatkan anak-anak untuk menjaga kesopanan, termasuk melalui pakaian yang kita kenakan. 

3. Ajarkan disiplin waktu. Ini penting buat saya karena jika tidak diajarkan yang satu ini, maka banyak waktu yang terbuang. Saya selalu mengingatkan Obi bahwa dia perlu mengambil keputusan dalam waktu yang tidak terlalu lama, apalagi untuk urusan baju. In a way, it helps her make  up her mind and again train her to make decisions in a short time.

4. Dampingi mereka saat memilih. Biar bagaimana pun anak-anak is anak-anak. Mereka masih perlu bimbingan dan panduan orang tua, termasuk urusan memilih baju. Apalagi anak-anak kan banyak maunya. Kalau tidak dibimbing bisa-bisa semua dibeli deh :) #kekepindompet.

Salah satu teman yang saya yang juga punya 'kelucuan' yang sama dengan pakaian anak-anaknya adalah mba Astin Astanti. Meskipun Faiz dan Fira lebih kecil dari Bo et Obi, tapi keseruan yang dihadapi sama ternyata, terutama untuk urusan baju anak-anak.  Yang pasti kalau sudah begini mamanya harus sabaaar ya.



So, teman-teman punya cerita yang sama?
Boleh dong berbagi tips juga :)

18 comments:

  1. Ihh...Obi cantik dan centi banget ya.. Pinter dandan dan bergaya juga ya.. Pinter milih2 pakaian agar bisa kembaran sama mama ya.. Biru cantik bajunya..

    ReplyDelete
  2. Obii, suka banget warna ungu tah...
    duh, obi sekarang udah dandan mulu sambil madu madanin pakaiannya hihihi :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. ehehehehe...iya niiiih, Obi udah mulai dengan gayanya sendiri :)

      Delete
  3. Obii cakep banget, udah kaya poto model aja siih. Thifa juga suka loh warna ungu, padahal emaknya biasa aja sama warna ini, emaknya mah semua warna sukaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kalau gitu sama dengan tanteeee dong Thifa..pecinta warna ungu :)

      Delete
  4. Ya iyaaaalah Obi suka padu padan baju, mamanya kan gitu bangeeettt :* Hihiiiii kangen kapan ya bisa ketemu Obi lagi plus mamanya.

    ReplyDelete
  5. Jadi dag dig dug mempersiapkan Fira besar. Apakaaaah akan meminta kembaran sama aku apa malaaaah..... berbeda jauh...hehee, yg penting memang pendampingan dari orangtuanya ya mbaaak. Khususnya ibunyaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. tenang ajaa mba..ngg perlu dibuat stress hehehe

      Delete
  6. Mommy superrr banget ngebaca tips2nya, dan Obi uda lece banget yah dgn pilihnnya sendiri. Naksir deh dgn rok tenunnya ituuu, cantik ^^

    ReplyDelete
  7. Padu padan pilihan Obi cantik banget, suka wastra nan etniknya cetakan Jeng Indah banget ya pun purple lover nya. Hi Obi..

    ReplyDelete
  8. hai Obi caem, tante suka banget ama gayamu yangso fashionable :) hmm niru ciapa ya *lirik Mama Bo ^_^

    ReplyDelete
  9. Obi udah fashionable banget ya mbak

    ReplyDelete
  10. She's quite the model! Such a cutie with great fashion sense!

    ReplyDelete
  11. guess she has lots of clothes indeed

    ReplyDelete
  12. Obii, kamu gemesin banget sih nak :)
    Kalau di rumahku si bungsu Tio yang suka gaya soal pakaian, untungnya di sekolah pakai seragam :D

    ReplyDelete
  13. Obie, you grow up in the right city. Stay fabulous, dear :))

    ReplyDelete

Soooo happy to have you all here :D....
Thanks for visiting my blog and feel free to comment but all direct links will be deleted.

Link hidup akan langsung saya hapus ya.

Enjoy!