Lebaran a la New Yorker (ala ala) #1

Pagi itu alarm saya sukses 'menjerit' di pukul 4.30 waktu Astoria dan sekitarnya...

Oh noooo... Telat sahur deeh kita, pikir saya yang terbangun dengan sedikit panik. Semalam memang kami baru saja merayakan malam takbiran dan buka bersama di rumah teman hingga larut malam. Maklum, berbukanya saja saja sudah pukul 8.30...

But, but... What a minute..
Kalau semalam sudah merayakan takbiran? Berarti hari ini sudah tidak sahur lagi dooong..

Berarti hari ini LEBARAN...
It is the victorious day.. Eid ul Fitr..

Yaaaaay.... 


lebaran di kota New York


Pantas saja... Di kamar sudah berjejer rapi pakaian anak-anak, Udi dan saya yang akan dipakai di hari raya
Saya pun bergegas menunaikan sholat subuh dulu, kemudian dilanjutkan dengan beraksi di dapur. Karena memang disunahkan untuk sarapan dulu sebelum shalat Idul Fitri. Untuk saya cukup segelas "green machine" juice yang penuh dengan buah dan ssaturan hijau. Tidak lupa saya mencari takbir di YouTube via smartphone supaya suasana lebaran terasa, sambil ikut melafalkan takbir tersebut. Lagi-lagi maklum, di sini masjid memang tidak boleh mengumandangkan takbir melalui pengeras suara. Pun demikian dengan adzan. Dan lagi, meskipun ada beberapa masjid yang tersebar di penjuru New York, letaknya berjauhan. Berbeda dengan di tanah air yang hampir di setiap sudut kota terdapat masjid, sehingga saat lebaran seperti ini, bunyi beduk yang bertalu-talu dan takbir terdengar di mana-mana. Aaaah, jadi tambah rindu...

Usai menyelesaikan PR di dapur, tak lama Bo pun bangun, diikuti Obi yang langsung bertanya dengan polosnya "Do I have to go to school today, mommy?"
Si kecil memang sepertinya merindukan sekolahnya yang sudah libur sejak 3 minggu lalu. Saya bilang hari ini spesial karena kita akan berlebaran. "Lebaran itu apa sih ma...", tanyanya lebih lanjut. Saya pun jelaskan bahwa Idul Fitri adalah hari kemenangan yang dirayakan semua umat Islam setelah sebulan penuh menjalani ibadah puasa.  "Ow... So will I get present today?", lanjut Obi yang sudah tersenyum lebar. Giliran saya yang nyengir sambil berpikir kok jadi minta kado hehehe...sepertinya karena dibilang hari yang spesial jadi identik dengan kado deh. Saya jelaskan kembali kalau hari ini kita akan sholat di masjid bersama-sama kemudian bersilahturahmi dengan keluarga besar di New York. Setelah tahu akan bertemu dengan banyak teman, Bo et Obi pun semangat untuk segera mandi dan bersiap-siap. 

Bukannya apa-apa... Kami berencana shalat Idul Fitri di Masjid Al-Hikmah milik komunitas Indonesia yang memang terletak tidak seberapa jauh dari rumah. Namun kalau tidak bergegas, bisa-bisa kita tidak akan kebagian tempat sholat maupun tempat parkir ;). Memang meskipun masjid Al-Hikmah adalah milik warga Indonesia, namun masjid terbuka untuk umum dan umat muslim dari negara lainnya bisa beribadah di situ. Biasanya banyak warga negara seperti Mesir, Yaman,  Bangladesh, Pakistan dan bahkan warga lokal yang ikut sholat. Karenanya, meskipun sholat dimulai pukul 9 pagi, kami sudah jalan sejak pukul 8 pagi. Alhamdulillaaah, 2 blok dari masjid, kami pun dapat parkir. 

Al-hikmah Mosque is located on 4801 31st Avenue, Long Island City.
Although it was established by the Indonesian community here in NYC, but the mosque is open to all Muslim brothers and sisters from all over the world.



Meskipun Obi dan Bo masih terlihat agak mengantuk, tapi kami sudah langsung berangkat ke masjid
otw  to the mosque:)

Dan masjid memang sudah ramai dengan mereka yang sudah tiba terlebih dahulu.

getting ready :)
Namun masih cukup banyak tempat untuk semua, termasuk perempuan yang sholat di lantai bawah, sementara laki-laki di lantai atas dan pelataran parkir yang memang disulap jadi tempat sholat sementara.

Usai sholat dan mendengarkan ceramah, waktunya bermaaf-maafan dengan teman-teman dan handai tolan yang memang sholat di masjid ini. Dan masjid juga menyediakan hidangan hari raya lhooo.., sayang karena asyik bersilahturahmi dan karena memang ramai sekali, jadi saya tidak sempat mengintip menu makanan di masjid hihi. Hanya mengambilkan satu gelas es kopi super enak buat Udi ;).

Usai sholat, tentunya kami lanjut dengan bermaaf-maafan dengan teman dan handai tolan yang juga berada di masjid. Seruuuu karena rameee :). 

rameee dan seruuu :)
Dan pssst, ada yang sedang syuting juga lhooo :)


say hi dan salam buat yang di tanah air...
Hari ini serangkaian acara halal bihalal akan kami lakukan, jadi sudah terbayang akan ada banyak hidangan hari raya yang  akan dinikmati :). Mau tau ada apa saja? Ditunggu di cerita berikutnyaaaa...

buat saya, yang menggoda itu yang segeeer seperti ini :)
Eid Mubarak, everyone...

19 comments:

  1. Indahnya lebaran di LA, selamat idul fitri, mohon maaf lahir Batin

    ReplyDelete
  2. Selamat Idul Fitri mbaaaa.. Mohon maaf lahir batin. Blogwalking dan mendapati beberapa blogger lain juga berlebaran di luar negeri, jadi ingin merasakan suatu saat nanti, inshaa Allah. Pasti suasananya berbeda ya mba?! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. beda bangeeet mak..tapi alhamdulillah ngg kalah seru :)

      Delete
    2. Semoga bisa kayak mak indah aahhh lebaran di luar negeriiii.. Aamiin, aamiiin.. :D

      Delete
    3. Ini juga suka suka suka.. *mulai bimbang pilih mana* :))

      Delete
    4. Ini juga suka suka suka.. *mulai bimbang pilih mana* :))

      Delete
    5. Ini juga sukaaa.. *mulai bimbang pilih mana* :))

      Delete
  3. Seru yah disana,, kapan saya bisa kesana :) btw minal aidzin walfaidzin mak cantik

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayoo kapan main ke sini tian..maaf lahir batin yaaaa

      Delete
  4. Replies
    1. Eh mohon maaf lahir batin yaaaa, salam buat semua keluarga disana #Peyuk

      Delete
    2. hihihii...iya itu mas Yanri lagi syuting....maaf lahir batin juga cumiiiii

      Delete
  5. Maaf lahir bathin mba indah :)
    Jadi ikutan ngebayangin gimana rasanya lebaran di negeri orang yg takbir aja ga kedengeran karena gak boleh pake pengeras suara...huhuhu...

    ReplyDelete
  6. Is this going in the magazine The New Yorker, or are you just referring to New Yorkers? Your family looks so happy in the car.

    ReplyDelete
  7. Waaah buah2nya seger banget. Dimanapun lebarannya, suasananya tetap bikin merinding ya :)

    ReplyDelete
  8. Wajah Mama Bo seger banget, seneng ngliatnya. Senyumnya seperti biasa, menularkan energi positif :)

    ReplyDelete
  9. Masjid Al Hikmah, ah kangen, aku pernah sholat disana sekali Mak.. duh doakan aku bisa balik lagi ke NYC yaa...

    ReplyDelete

Soooo happy to have you all here :D....
Thanks for visiting my blog and feel free to comment but all direct links will be deleted.

Link hidup akan langsung saya hapus ya.

Enjoy!