Nyoblos? Pasti dooong!

Dan tanpa terasa bulan April pun telah tiba!

Yup, bulan yang istimewa... Bukan karena diawali dengan April Mop or karena hari-hariku di Jakarta is counted dan dipenuhi dengan packing :).. 
Tapi karena Pemilu! 

Yuuuup..PEMILIHAN UMUM!

Oh, I am sooo excited!

Frankly, terkadang lagu mars Pemilu di masa Orba suka terngiang di telinga...
"Pemilihan Umum telah memanggil kitaaa...seluruh rakyat menyambut gembiraaa..hak demokrasi Pancasila...". 

One of my selfie ....
Setelah pengalaman pemilu terakhir tahun 2009 di Jenewa, Swiss, yang sebenarnya seru juga, kali ini kami menikmati pesta demokrasi terbesar di Indonesia di tanah air. Sebelumnya sih sempet ikutan pemilukada untuk Gubernur DKI yang 2 putaran ituuu.. Dan rasanya penting untuk memastikan bahwa hak sipil dan politik kita ini terpenuhi!


done...saya sudah nyoblos lhoooo :D...


the color of the day...

Sebagai Negara Pihak International Covenant on Civil and Political Rights, atau biasa disingkat ICCPR, Indonesia memang memiliki kewajiban untuk memastikan bahwa berbagai hak sipil dan politik yang termaktub di dalam Kovenan ini dinikmati oleh seluruh warga negara Indonesia wherever they are. 

Salah satunya adalah pasal 25 (b) ICCPR atau Kovenan Internasional tentang Hak-hak Sipil dan Politik yang mengatur bahwa  setiap orang memiliki "hak untuk memilih dan dipilih pada pemilihan umum berkala yang murni, dan dengan hak pilih yang universal dan sama, serta dilakukan melalui pemungutan suara secara rahasia untuk menjamin kebebasan menyatakan keinginan dari para pemilih." 

Nah, hak kita yang satu ini harus dijamin oleh Pemri. Dan Pemilu memang bukan hanya sekedar pesta demokrasi, namun menjadi ajang di mana masyarakat Indonesia, kita semua, mendapat kesempatan untuk mengekpresikan preferensi atau pilihan politik sekaligus menentukan masa depan bangsa. Tidak semua negara menikmati kebebasan berekspresi ini lhooo...dan Indonesia sendiri memang baru mengalami flourishing democracy sejak reformasi tahun 1998 lewat proses yang juga tidak mudah.

Well, ...on a lighter side ....sejak minggu kampanye beberapa waktu yang lalu, saya dan suami sudah mulai 'memilih-milih'...buka mata dan telinga...browsing sana, browsing sini...Dan melihat langsung kampanye yang berlangsung di jalanan. Well, I have to admit, masa-masa kampanye itu tidak (selalu) nyaman untuk orang awam seperti saya. Kami yang sering berpergian di kala akhir pekan sering banget ketemu rombongan pawai atau mereka yang menuju satu tempat untuk menghadiri kampanye, rapat akbar, or apalah itu namanya. Walaupun sudah memantau sana sini, tetap aja kena imbas macet di jalan alternatif :). Belum lagi SMS atau broadcast teman-teman yang ngg selalu jelas ...antara black campaign dengan promosi orang or parpol tertentu. Yah, pokoknya segala media dipakai deh.





Waktu libur panjang Nyepi beberapa waktu yang lalu, di sepanjang jalan menuju Bandar Lampung, kami melihat wajah-wajah familiar para caleg yang ternyata adalah teman, senior, maupun rekan kerja dan orang-orang yang kita kenal. 

Saya berdua suami jadi suka ngerasani orang...Dulu kan si anu begini, sekarang foto billboardnya alim beneeer...atau ..Ya ampun, dia mau jadi caleg? ngomong aja ngg pernah di kelas...atau...lhooo, si anu tuh abis operasi yah, kok foto calegnya cantik bangeeet....

Yah, gitu deeh...jadi harus banyak-banyak minta ampun pada Yang Kuasa :((.



Dari begitu banyak caleg dan partai yang mengikuti Pemilu 2014 ini, kita memiliki 1 suara untuk DPR RI, DPRD Tingkat I sesuai daerah tinggal masing-masing, serta DPD. Untuk beberapa daerah, seperti Lampung, mereka sekalian nyoblos untuk calon gubernur baru.

Saya dan suami sih harapannya sederhana saja. 
Hanya ingin Indonesia memiliki pemimpin yang jujur, bersih, bermartabat dan commit. Negeri cantik ini tidak butuh macam-macam...hanya seorang pemimpin yang baik! 
Baik akhlaknya, wawasannya, komitmennya ...punya hati nurani dan fokus dengan prioritas dan tujuan utama negeri ini, yang dengan jelas ditegaskan  dalam Pembukaan UUD 1945. Indonesia ini gudangnya orang-orang bijak dan pintar yang punya visi ke depan untuk Indonesia yang jauuuh lebih baik. Berbagai Rencana Aksi, kebijakan, peta jalan dan berbagai program kita punya....hampir di seluruh isu strategis yang menjadi fokus pembangunan RI. Dan pemimpin yang tepat harusnya bisa memanfaatkan ini semua.

Bekerja sebagai punggawa negeri, saya bener-bener berharap pemimpin baru kita kelak bisa terus membawa Indonesia menjadi 'Negara Besar' sesuai dengan potensinya, dengan melakukan perubahan, pengembangan dan perbaikan on the grounds.  Semua harus dimulai di 'rumah', di dalam negeri, di seluruh pelosok Indonesia...agar semua Rakyat Indonesia benar-benar merasakan nikmatnya dan bangganya menjadi Warga Negara Indonesia.

Karenanya, saya punya banyak harapan dengan Pemilu kali ini...
Setelah sejak tahun 2004 kita menerapkan sistem pemilihan langsung, banyak pembelajaran tentang demokrasi sekaligus penegakan hak sipil politik kita. Suara kita benar-benar bermakna dan kontribusi ini pasti berharga untuk negeri kita tercinta. Walaupun politik praktis sayangnya masih banyak dijumpai di sana sini, tapi saya yakin Indonesia punya banyak intellegence voters yang tidak akan dibutakan dengan 'godaan' sesaat, apapun bentuknya. 

Ayo...buat yang capek dan pegel melihat apa yang terjadi saat ini, saatnya untuk berpartisipasi aktif dalam membuat Indonesia lebih baik. And casting our vote is one great start :). Bergaya dengan jari berwarna ungu bukan hanya sekedar narsis berbuah hadiah (yaaah..look who's talking :D), but faaar beyond that :).

So, Nyoblos? Pasti dong...I won't miss it for the world...

Apalagi kantor kan sudah diliburkan khusus untuk Pemilu :). 
Setelah hari ini memilih DPR, RI, DPRD, dan DPD, I can't wait to vote for my President !

Check out some photos from the 9th of April hereee ... 


surat pemberitahuan....

TPS 02 Cipinang...




with my munchkin....

yes...we have voted...





25 comments:

  1. Berasssaa bgt miss purplenya hehe....saya g nyoblos.hickz g ada surat pindah..saya kn pindah2nya g lama huhu...nasib deh..smg presidrn nnti bisa nyoblos

    ReplyDelete
  2. uhuy,,warna ungu semua nih ye,,,yang nggak nguatin cincinnya itu loh,,,beusar buanget,,,hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehehe...sesuai dengan semangatnya maak..besaar :D..

      Delete
  3. Semoga Pemilu kali ini benar-benar memberikan warna baru untuk Indonesia kedepan, aamiin....

    ReplyDelete
  4. ungunya unyuuuuu banget mak :-*

    ReplyDelete
  5. Saya teringat ... Panche Pondaag ...
    sound track TPS nya mak Indah ...
    hhaha

    salam saya Mak

    (10/4 : 3)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe...betuuul sekali om NhHer...Pantje Pondaagnya mana tahaaan hehehehe :D..

      Delete
  6. Mengaminkan harapannya, mak. Siapapun yang menang dalam pemilihan kali ini, selalu mendukung untuk Indonesia lebih baik

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiiin mak Mira...harus lebih baik selalu...

      Delete
  7. mAK iNDAAAAH!

    1. Unyu

    2. Ungu

    3. Nggilani ungune

    4. ck ck ck.... sepatu unguuuu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahahahaa....aku gagal fokus baca postingan ini gara2 komennya Mb Neng ini. Yup, aku setuju, ncen nggilani ungune bwahahaha...

      Delete
    2. he eh nih .. jeng indah membuatku meneguhkan iman untuk tetap mencintai hijau! Hidup hejoooo!

      *etapi sepatu ungu kok unyu yaa :(

      Delete
  8. tetap punya optimisme bahwa Indonesia akan jadi lebih baik, membuat kita tetap semangat utk "HIDUP" ya mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. setujuuuu mak..harus semangat..kalau ngg ngg bisa maju kitaa..

      Delete
  9. eyampyyuuuuuunnn... mo nyoblos aja matching pisan mak. ungunya bikin salah pokus deh... ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe..pentiiing itu :D...my day banget deh pokoknya..unguuu

      Delete
  10. mama ni ye..aku kalo kesini bawaannya tertular semangat nasionalis dan aura positifnya si mama deh yey..

    ituh berasa bingit purple yahh..aw aw aw....ketjeh pokoknya

    syuka deh gak pakai golput..yuk ma,,,pilih untuk indonesia lebih baik :)

    ReplyDelete
  11. wkwkwkk..Unyu Mania niy
    kuereen ..

    tambah bekdrop blog nya unyu totol2 hihi
    Mak indah buangeuud

    ReplyDelete
  12. It's great that you got to participate in the election!!!

    ReplyDelete
  13. Foto terakhir... kelingking2 pun bisa romantis :D

    ReplyDelete

Soooo happy to have you all here :D....
Thanks for visiting my blog and feel free to comment but all direct links will be deleted.

Link hidup akan langsung saya hapus ya.

Enjoy!