Secercah harapan di Pulo Kandang...Kelas Belajar Oky (KBO)

"Kak Oky, kalau gambar pesawat itu begini ya...aku mau jadi pilot.."
Kak Oky, kata Anisa, kalau jadi dokter susaaaah...aku jadi guru aja ya..gambarnya udah bener belum?

Kak Oky, yang latihan anklung jadi ngg..
Kak Oky, kak Oky...."


teman-teman kecilku di KBO Koja..

Riuh rendah suara anak-anak kecil benar-benar seperti musik di telinga saya...
Tema 'cita-citaku' yang tengah dituangkan dalam bentuk gambar oleh teman-teman kecil kami ini sukses menyita perhatian mereka.

Siang itu, matahari sedang galak-galaknya. 
Peluh tampak membasahi wajah-wajah polos di depan saya. Jangan ditanya baju mereka dan juga baju saya tentunya, yang makin basah seiring hari yang terus beranjak.

Ruang kecil ukuran 4 x 4 yang seadanya mungkin sudah menjerit (kalau bisa) karena menampung anak-anak usia sekolah yang tampak asyik berdiskusi dengan sesama sambil bisik-bisik seraya menyelesaikan tugas menggambar 'cita-citaku'. Suara kertas yang terserak beradu keras dengan pensil warna yang terus dipakai untuk mempercantik gambar mereka, sambil sesekali ditingkahi dengan sedotan ingus atau jerit anak-anak yang mulai bosan dan iseng mengganggu temannya...


Tapi jangan salah, ruang 'ajaib' yang dibangun di atas tanah berkubang di Kampung Pulo Kandang, Arta Gading, sudah banyak memberi manfaat...di balik gemerlap pusat perbelanjaan super besar yang megah dan penuh 'surga dunia', banyak keluarga yang hidup seadanya, jika tidak dengan penuh perjuangan, berdesak-desakan dan berjuang memperbaiki nasib hanya beberapa meter dari mall super mewah itu.




Kampung Pulo Kandang, Arta Gading..


Kumuh? jangan ditanya...Kotor dan bau? sudah menjadi 'satu paket' dengan lingkungan mereka.

Tapi di balik itu semua, ada semangat yang tidak pernah padam untuk selalu memacu diri menjadi lebih baik.

Dan ada seorang teman yang menjadi sumber dari semua semangat ini...
Oky Setiarso...atau lovingly called as kakak Oky..

Kakak Oky..paling kanan, pakai kaos merah et nenteng tas biru :D..senyumnyaaaa :D..sumber foto:  https://www.facebook.com/oky.setiarso
Kakak gaul yan supel dan seneng cerita ini memulai semuanya dari sebuah #idekeciluntukindonesia..niat tulus untuk anak Indonesia yang lebih cerdas dan sehat . Cita-cita sederhana tapi ternyata tidak mudah untuk digapai.


kakak Oky...di tengah para fans :D...di KBO Gading..
Dan Kelas Belajar Oky (KBO) pun berdiri ...berjibaku bersama dengan berbagai relawan, yang juga memiliki beragam latar belakang, KBO secara sukarela menghimpun anak-anak dari keluarga marjinal (meminjam istilah Kompas saat mewawancarai Oky :D) untuk menyisihkan waktu satu kali dalam seminggu untuk berkumpul dan berbagi. Materi pembelajaran yang beragam telah diberikan, mulai dari kebersihan dan kesehatan, hingga pendampingan untuk belajar membaca, pengenalan bahasa Inggris, dan pelajaran di sekolah. 

hmmm...what animals I can find here...


okay..let's practice....


Seni budaya seperti tari, pianika dan angklung juga tidak ketinggalan. 


diajarin Kaka Era tari tradisional dari Kalimantan...

Beyond that, berbagai nilai baik sedehana sehari-hari juga selalu ditularkan. Lebih dari itu, bersama, kami belajar indahnya berbagi. Belajar tentang hidup dan kehidupan, yang memang tidak selalu semanis madu.


one session of the class.....introduction to English..Bo sharing his favorite characters in cartoons...

Karenanya, selain anak-anak yang bergabung, para ibu dan anak-anak KBO juga dilibatkan secara aktif. Bahkan mereka yang mengatur dan membereskan tempat belajar serta menyimpan berbagai peralatan KBO yang dipakai selama pendampingan. Ibu-ibu pun mendapat kesempatan untuk belajar aneka ketrampilan, seperti menjahit dan memasak. Kegiatan sederhana namun bisa membantu penghasilan keluarga memang menjadi pilihan mereka. "Daripada bengong", kata beberapa bunda yang aktif dan gaul di KBO :D. Para ibu di KBO Cilincing misalnya, mereka telah berhasil membuat bed cover dari kain perca dan memasarkannya. Demikian juga dengan kreasi dompet dari bahan bekas pembungkus sabun cuci dan mie instan.


contoh hasil kerajinan tangan oibu-ibu di ilincing..sumber foto: https://www.facebook.com/kelasbelajaroky


Dan #idekeciluntukindonesia ini sekarang sudah banyak menyebar. Tidak hanya di Jakarta dan sekitarnya, tapi juga telah bertambah di Pulau Jawa, Sulawesi dan Papua. Mengelola KBO Bintaro Permai III, Pulo Kandang Arta Gading, Kampung Beting Remaja, Koja dan Cilincing, Kalibaru, plus kelas baru di Solo, Makassar dan Papua, tentu bukan perkara mudah. tapi Oky, dengan keluwesannya bergaul dan ilmu manajemen alami yang mumpuni, bisa menjembatani ini semua. 

Bagaimana Oky bisa mengatur waktunya? well, penjadwalan yang baik, kesediaan teman-teman relawan dan partisipasi ibu-ibu para adik-adik di KBO sangat mendukung berjalannya KBO di berbagai tempat ini.Tempat pun tidak pernah menjadi halangan...mulai dari kolong jembatan, aula mushola yang tidak selalu dipakai (tentunya setelah diizinkan Pak Haji), dan ruang kecil di tengah perkampungan padat bisa selalu dipakai untuk berkumpul.

Kali pertama saya berkenalan dengan Oky (thanks to Ana dear :D), Jakarta tengah banjir besar. Bermula dari kenalan via social media, pertemanan kami berlanjut dengan bergabungnya saya di KBO kelas Gading. Bareng Bo et Obi, kami mencoba untuk berbagi dengan teman-teman kecil kami di kelas Gading. Terus terang, saya sering terseok-seok memenuhi komitmen setiap hari Minggu pagi in, karena banyak kegiatan perjalanan dinas yang dimulai dan diakhiri di akhir pekan. Tapi, whenever I am around, I am trying to meet them in Gading. Beneran, gaul dengan mereka bener-bener membuka mata dan hati saya...


Bareng Kakak Izma et Nurma plus Mba Tia dari KBO...di ruang atas mushola yang disulap jadi kelas dan sekarang sudah terbakar :(...

Kalau saya ngobrol-ngobrol dengan Oky, sebenarnya semua yang dilakukannya tidak muluk-muluk...hanya ingin berbagi dan berbuat nyata untuk anak-anak Indonesia. 

"Gue bukan ngelola LSM dan kita juga bukan badan resmi whatsoeverlah...yang dibutuhkan adalah relawan, teman-teman yang memang bisa mendampingi adik-adik ini. Karena itu yang missing di sini, ketika orang tua mereka sibuk kerja membanting tulang dan ngg ada yang merhatiin anak-anak.Sederhana kok, belajar mencuci tangan sebelum makan, buang sampah di tempatnya, bicara yang sopan", berdoa sebelum belajar...Selain itu, KBO juga mencoba memberikan gambaran dunia di luar lingkungan adik-adik yang mereka lihat sehari-hari. Supaya punya cita-cita yang tinggi dan selalu mendapat dorongan positif... " 

As simple as that...


agar tidak banjiiir....

sebagian karya teman-teman usia TK...


Tapi ide sederhana ini telah banyak mendapat dukungan. Berkat pengalaman luas dan lumayan lama di LSM internasional sebelumnya, sang ahli gizi ini selalu punya banyak teman. Teman-teman relawan KBO di berbagai tempat selalu ada. Ada juga perusahaan dan entitas yang membantu dan mendukung inisiatif Oky ini dalam berbagai bentuk. Juga rekan-rekan yang memiliki semangat yang sama dan kontak melalui media sosial. Saat banjir besar di Jakarta yang lalu maupun saat kebakaran besar melanda Kampung Pulo serta meluluhlantakkan tempat tinggal sebagian besar teman-teman kecil kami, alhamdulillah bantuan dan dukungan pun terus mengalir.


KBO di Monas :p.....foto dari https://www.facebook.com/oky.setiarso
Kegiatan edukasi luar ruang ke Monas, pratisipasi dalam Festival Johar Baru, kunjungan ke @america, sesi "cita-cita dalam genggamanku" di Kidzania adalah contoh kecil banyak kegiatan KBO untuk adik-adik yang belum lama berlangsung.


mengenal profesi di Kidzania...https://www.facebook.com/oky.setiarso

Tentu saja, KBO masih akan terus membutuhkan dorongan dan semangat dari semua, termasuk teman-teman relawan. Namun, saya melihat bahwa, agak sedikit berbeda dengan yang lain, KBO mengajarkan teman-teman untuk mandiri dan tidak selalu mengharapkan bantuan dari orang lain. Kalau mau maju dan berkembang, diri sendirilah yang harus dipacu. Dan apapun kendala yang ada tidak melunturkan semangat untuk terus belajar dan berkembang. Energi positif yang ditularkan juga diharapkan bisa terus menjaga spirit ini.Semua itu, sukses juga memacu semangat saya pribadi, yang belajar banyak dari adik-adik KBO dan teman-teman relawan di sini. Ditambah, berkat KBO, teman-teman saya pu bertambah banyaaaak....bener-bener 'gaul' yang menyenangkan dan seruuuu :D...

Diharapkan akan ada banyak lagi KBO yang berdiri di tempat-tempat yang memang membutuhkannya. Buat teman-teman yang mau bergabung sebagai relawan atau berpartisipasi, dalam bentuk apapun you are most welcomed! Kak Oky Setiarso bisa di kontak di sini dan Kelas Belajar Oky bisa dilihat di sini pula,...

So, gaul dan tetap memberi manfaat? Bisa dooong....




23 comments:

  1. Wahhh kerennn banget nih kegiatannya Smart dan berguna

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak Hana...manfaatnya bukan hanya untuk temen-temen kecil ini, tapi juga untuk saya sendiri :)..

      Delete
  2. Keren ini Mak. RUpanya dari sini ya KBO itu. Di Makassar juga ada lho. Ada kawan yang aktif di sana (KBO juga namanya) dan suka ngetag saya di foto2 mereka kalo mereka ada kegiatan. Senang deh melihat foto2nya Mak ...
    Mudah2an kegiatan ini berlangsung terus yaa

    Oya moga menang yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mak Mugniar...Oky sering bolak-balik ke Makassar :D..insya allah berlangsung terus mak, karena teman-teman relawan juga dari lokal kok :D..

      Delete
  3. asyik banget yoo mbak kumpul dengan orang banyak, niar pengen juga yang kayak gitu mbak bisa berbaur dan berbagi dengan lainnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo niaaar...pasti banyak kegiatan bermanfaat yang di sekitar Niar :D..moga2 bisa bagi waktu :p..cheers...

      Delete
  4. Sumpritttt...ini gaul yang kereeennnn !!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Lies...banyak orang-orang hebat di luar sana yang bisa ngajarin kita banyak hal...termasuk temenku yang satu ini :D...merci wis mampiiir :D...

      Delete
  5. Dari ide kecil muncul hal yang besar..
    asik yaaah kayanya gabung sama KBO itu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ranii...kalau sempet dan ada waktu, bisa gabung lhooo ...eh, rani tinggal di mana?

      Delete
  6. Arta Gading itu daerah mana ya? Melihat pemandangannya, seperti di pulau terpencil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. masa sih...yah, dibilang terpencil ngg juga...soalnya dikelilingi mall supeeer besar dan mewaaah....tapi kalau dari segi 'kesejahteraan', daerah memang 'terpencil' :(..

      Delete
  7. aku suka banget lihat anak-anak menggambar mbak. Good luck kontesnya ya mbak INdah

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mama calvin....aku juga..suka ikutan gambar dan mewarnai malah :D...

      Delete
  8. Mereka juga punya hak untuk bisa menikmati masa kecil dan mudanya ..
    sukses GAnya mbak..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul...semua anak dan juga kita, punya hal yang sama untuk menikmati ini hidup yang penuh makna...

      Delete
  9. aku belum nemu KBO di semarang.
    salam kenal mba indaah :D dan kayaknya mba indah yang joged sama pakde itu ya. kayaknya.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal jugaa...hehehe, ketahuan ya joget bareng :D...KBO blm ada di Semarang, mungkin syifa bisa mulai :D...

      Delete
  10. Di Surabaya belum pernah lihat KBO sih, tapi kalau melihat senyum anak-anak itu harusnya bisa mendirikan sendiri KB - KB yang mirip punya Kak Oky. Ah, pengen jadi relawan juga.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba...KBO hanya satu contoh nyata..pastinya banyak KB lain yang tersebar di mana-mana, termasuk Surabaya :D...salam...

      Delete
  11. I can't read most of this post. Sadly the only language I know is English. Parts of me wishes I would have learned more from the Filipino culture when my Step Grandma lived here.

    I do love the kid art in the post. I'm an art instructor, so it strongly speaks to me.

    ReplyDelete
  12. Bangga dan salut sama para relawan, juga Kak Oky. Anak-anak terlihat ceria dan penuh semangat. Di antara kepungan mall mereka hidup dengan optimis, belajar dan belajar utk masa depan. Semoga harapan mereka semakin membuncah dan berpendar memenuhi cakrawala. Moga-moga saya bisa ikut meniru hal yang positif. Terima sukasih sudah berbagi kisah ini Mbak. Salam kenal dan semoga menang :)

    ReplyDelete
  13. Hi, mohon ijin berbagi informasi ya… Yuk ikutan #ZockoUnlocked Blogging Competition berhadiah iPhone 5S atau iPad Mini! Untuk info lengkap silakan kunjungi http://weare.zocko.com ya dan jangan lupa sign up di http://www.zocko.com terlebih dahulu! Kami tunggu ☺

    ReplyDelete

Soooo happy to have you all here :D....
Thanks for visiting my blog and feel free to comment but all direct links will be deleted.

Link hidup akan langsung saya hapus ya.

Enjoy!