IBU: Cinta tanpa akhir

A mother's heart is a patchwork of love ~ unknown

Menjadi ibu memang tidak mudah.
Being a mom is never easy. 
Nothing will teach you how to do it properly, except from experience and examples from our mom.

Di kala susah Ibu selalu dicari terlebih dahulu,
Jika ada yang salah dengan anak-anak, ibu yang duluan dicela
Saat keluarga menghadapi masalah, tidak jarang semua menunggu solusi dari Ibu
Tak heran kalau Ibu harus punya ladang dan gudang cinta untuk semua...suami, anak, dan keluarga
Tidak jarang kesabaran dan keikhlasan menjadi 'bahan bakar' utama dalam kehidupan seorang Ibu
Hidup yang penuh perjuangan
Dan semua itu telah ditunjukkan dan dibuktikan oleh mamaku tercinta...

Mamaku menikah di usia muda..tidak berbeda jauh dengan papa (alm) yang juga masih belia kala memutuskan untuk menikah...
Ceritanya, kecil-kecil jadi pengantin..
Usia 20 tahun, mama sudah punya diriku, yang disusul 2 tahun kemudian dengan Ari, adik laki-lakiku.. dan Fajar si bontot, 7 tahun kemudian.
Rasanya hidup kami bergulir apa adanya dengan manis...
Tidak berlebihan, tapi rezeki selalu ada...

ulang tahunku ..bareng mama di sebelah kiri dan tante Mira di sebelah kanan...


Mama yang anak gaul (keliatan dari foto-foto mudanya :) ) memang sudah biasa punya kesibukan yang banyak...punya anak kecil tidak menghalangi kegiatannya yang bejibun. Tapi penyesuaian luar biasa harus dilakukan, mengingat tanggung jawab yang tidak sedikit dengan suami dan tiga anak.

mama, with me and AI, my lil brother...having two toddlers in relatively same time certainly keep her busy..

Dan seperti roda, kehidupan pun selalu berputar...
Saat manis di atas, akan diimbangi dengan perjuangan kala hidup tidak lagi mudah dan ramah...
Demikian pula dengan mamaku..
Terbiasa dimanja saat muda, tidak membuat mama putus asa.
Saat tekanan ekonomi dan keluarga melanda justru membuat mama makin menunjukkan kualitas aslinya.

Ada masa di mana kami harus kreatif menghasilkan uang untuk biaya hidup kami dan mama tidak pernah kekurangan ide.
Mulai dari berjualan kue tusuk gigi dan telor gabus di sekolahku, terima pesanan kue kering hingga mengkreditkan pakaian pernah dijalani.

Aku ingat...pernah tanya malu ngg mah kalau teteh (panggilanku di rumah :) ) yang jualan cemilan itu di kelas? Mama justru tersenyum dan bilang kenapa musti malu? Selagi tidak mengganggu pelajaran, toh kita berusaha dengan jujur. Mama bahkan bilang dengan guruku untuk minta izin menjajakan penganan ini di kelasku. Dari malu-malu, lama-lama saya semangat sendiri membawa berbungkus-bungkus telor gabus dan tusuk gigi ke kelas..soalnya laku keras dan memang enaaak :D...
Mama menanamkan nilai-nilai awal pentingnya kerja keras, jujur dan percaya diri pada diriku. Semua dilakukannya dengan memberi contoh yang baik.

Mama juga selalu memberi efek menenangkan untukku. Waktu SD, ingeeet banget kalau Indah kecil pernah ketakutan karena kebayang-bayang film Superman. Entah apanya yang membuatku takut, tapi sepanjang malam aku ngg bisa tidur. Tebak siapa yang nemenin? Siapa lagi kalau bukan mama :). Dan kebiasaan ini berlanjut, waktu sudah besar dan gegayaan nonton film jelangkung, saya pun tanpa malu-malu tidur sama mama :D...Saat akan melahirkan anak-anakku, yang kebetulan dua-duanya jauh dari tanah air, saya telpon-telponan sama mama untuk minta doanya, minta ikhlasnya. Pun saat saya harus ujian, untuk apapun itu, doa mama yang bisa membuat saya tenang dan konsentrasi.

Di lain kesempatan, saat banyak orang kepo dan menanyakan pekerjaanku yang (kala itu) banyak dilakukan di malam hari, mama juga yang terus mendukung dan menjelaskan kepada mereka, termasuk keluarga. Gunjingan negatif tidak harus selalu dibalas dengan cara yang sama, itu yang mama ingatkan padaku. Tunjukkan saja bahwa kamu benar, walaupun berbeda. Alhamdulillah, tidak ada yang sia-sia saat kita mencoba memacu diri dengan dukungan penuh orang tua, terutama mama.

Dan saat papa (alm) harus menjalani pengobatan intensif karena diabetes dan darah tinggi yang dideritanya cukup lama, mamalah yang selalu ada di sisinya. Papa (alm) yang cerewet karena sakitnya tidak mengurangi kesetiaan mama untuk merawat dan menemani papa hingga akhir hayatnya. Tanpa banyak keluh, tanpa banyak bicara. Semua dijalani, dengan segudang cinta yang ia punya. Saat seperti inilah, mama tunjukkan bahwa keluarga harus bersatu, dalam suka dan duka


Memang, mama bukan manusia sempurna. Nobody's perfect...
Bukan sekali dua saya bertengkar dengan mama karena ini dan itu.
Kalau sudah begini, rasanya minta ampun beribu ampun belum tentu bisa menghapus dosa-dosaku. Emosi, mulut lancang, kurang ajar, berburuk sangka...ampuni anakmu yang sering alpa ini, mama...

Tapi satu hal yang pasti, no matter how bad things can be, mama selalu ada, penuh dukungan dan cinta
Entah sudah berapa banyak doa yang mama lafazkan untuk kami semua, anak-anak dan cucu-cucunya.
Semua penuh cinta..

Sekarang, mama sudah jauh lebih santai. Anak-anak sudah besar dan mama kembali banyak berkumpul dengan rekan-rekan seusianya.
Alhamdulillah, Allah SWT memberikan mama kesehatan..walaupun di sana sini ada keluhan karena usia, tapi mama bisa keliling mengunjungi anak-anak dan cucunya, termasuk menemaniku di Jenewa, Swiss kala itu.

mama really wanted to go to Paris and see the Eiffel Tower..and we managed to do that in 2008 :)...

Tidak susah membuat mama bahagia, karena memang mama selalu ceria...semangat yang selalu ditularkan kepada kami, anak-anak dan cucu-cucunya..
Rumah akan selalu terasa hangat karena tawa renyahnya, makanan buatannya yang enak, energi positifnya dan kebersamaan keluarga

mommy timee,,,,,nonton bareng final UEFA di Plan Palais, Geneve...cerah ceriaaa...
Sekarang, di mana pun kami berada, komunikasi selalu terjalin...Meskipun untuk hal-hal yang remeh-temeh...

"Gimana teh...udah nyampe ya...kalau sempet facetime"
"Enak ngg teh di sana...bawain mama oleh-oleh ya"
"Udah dingin ya teh...di Lampung aja cuaca ngg menentu.."
"Bajunya mau dijait model apa teh, kirimin modelnya..."
"Si Bo kenapa, mama liat di FB kok fotonya manyun begitu.."

See...all this love and attention really make me miss here most of the time. Being parted truly make our hearts grow fonder. 
Now I am a mom myself....all the good things and deeds my mom has shown us will certainly guide me in my quest and journey through motherhood. 

So, in this very occasion, nothing else to say but I love you, mom...
Words can not express how much we love you and nothing we can do to repay every single love and prayers you have showered us.
Thank you for everything...
May Allah SWT, the Almighty and the merciful, bestow you with never-ending blessings. Always...

my mom, posing with traditional Lampungnese sulam usus top...isn't she stunning :)

Happy mother's day...to all Indonesian mothers, wherever you are....



24 comments:

  1. ibunya cantik banget mak....ibu kita memang selalu perhatian ya...meskipun kita dah punya anak gini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih maaaak....mama memang spesial :D...dan perhatiannya itu lho...priceless...

      Delete
  2. ya mbak Indah ibunya bagai srikandi haha... selamat hari ibu ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mak Moocen :D...si mama lagi dandan poll waktu foto ini :D...selamat hari ibu juga yaaa...

      Delete
  3. Wow! Senang rasanya melihat kebahagiaan dan kebanggaan ibu yang terpancar dimatanya.
    btw, mbak... aku pengen banget belajar sulam usus khas lampung. pernah pegang kebayanya dan ... wow!

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih maaak..iya mak, aku juga belum bisa, selalu pesan aja selama ini :D...main2 ke Lampung mak, nanti bilang mamaku biar diantar ke pengrajinnya :D..

      Delete
  4. Jika umur 20 tahun sudah punya anak, berarti usia berapa menikahnya?
    Wah.. terasa akrab sekali ya, sampek foto FB pun ikut dijadikan bahan pembicaraan.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. :D...mama nika 19 tahun mas...lepas SMA...akrab? alhamdulillah....

      Delete
  5. Wah cantik mba Mamanya :). She's stunning indeed

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mbaaaa ;D>...she can be if she wanted to...

      Delete
  6. Senangnya baca postingan ini... dan kesuksesan seorang Indah Nuria Savitri tak lain salah satunya berkat kehebatan Ibunda tersayang yang mempunyai segudang cinta buat anak-anak dan suami... Selamat hari Ibu buat semua wanita di Indonesia...

    ReplyDelete
  7. Keren mbak :)

    Mimpi Mamanya sudah diwujudkan, mamanya modern ya mbak gayanya hehe

    ReplyDelete
  8. My mother was young when she had me,too. She was 23 and for me - I can't even imagine having had kids when I was that young.

    ReplyDelete
  9. sejatinya ibu adalah sosok mulia yang takkan terlupakan selamanya ;-)

    ReplyDelete
  10. kalimat yang indah :

    Gunjingan negatif tidak harus selalu dibalas dengan cara yang sama, itu yang mama ingatkan padaku. Tunjukkan saja bahwa kamu benar, walaupun berbeda.

    makasih ya mah *eh.. sampaikan sama mamah yg cantik yaa

    ReplyDelete
  11. mamanya cantik mba, cantik rupa juga cantik hatinya........selamat Hari Ibu ya mba

    ReplyDelete
  12. Menjadi ibu memang harus kuat,kreatif dan selalu menjadi penyemangat anggota keluarga yg lain. Dan senangnya jika memiliki ibu seperti itu ya mba... :D

    ReplyDelete
  13. bu jasanya tiada tara
    Ibu perannya tak tergantikan
    Selamat Hari Ibu Jeng
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  14. iya, mamanya hebat mak... anaknya juga hebat :D met hari ibu!

    ReplyDelete
  15. Mamanya gaul dan cantik mak. Selamat hari Ibu :)

    ReplyDelete
  16. Mamanya asik dan menyenangkan, plus makin kesini keliatan makin cantik, tuh mak. Aeh, ceritanya sangat mengesankan :)

    ReplyDelete
  17. Buat saya, ibuku (aau mungkin semua ibu di dunia ini) itu punya banyak mata di sini di sana yang jadi tahu barang barang apapun di rumah.

    Makanya ibu selalu tahu kalau kita tanyai "Guntingnya di mana? Pulpen jatuh di sini kemarin, sekarang di mana?" dan lain-lain.

    Yang mana, google yg merupakan mesin pencarian tercanggih sejagat itu diam saja kalau kita tanyai pertanyaan di atas.

    HAHAHHAA..

    ReplyDelete
  18. Cerita tentang ibu dari sudut mana pun selalu menyentuh :)

    ReplyDelete
  19. Ibu, bagaimana pun keadaan kita, selalu ia yang akan jadi tempat pulang. Terima kasih banyak, Mak. Sukses membuat suasana haru sore ini ^_^

    ReplyDelete

Soooo happy to have you all here :D....
Thanks for visiting my blog and feel free to comment but all direct links will be deleted.

Link hidup akan langsung saya hapus ya.

Enjoy!