Tahu Isi - Tofu Fritters with Vegetables Filling

Another homecooking recipe delivered fresh to you all.


Tahu Isi for y'all :)

I have to admit, cold weather adds some extra urge to create something in my kitchen. And nothing comfier than the food from home, Indonesia.

This time, I have tahu isi or tofu fritters with vegetable fillings. Again, it's an uberly popular and everyday  munchies for us Indonesian, back home. So popular you can probably find tahu isi fendors easily in many corners of the street. 

Tahu isi pun populer dengan banyak nama sepertinya. Di Lampung, misalnya, biasa disebut tahu bunting or literally translated as pregnant tofu, as its veggie filling makes it look like a preggy belly. Sementara di Bandung biasa disebut gehu, dan tempat lain ada juga yang menyebutkan tahu berontak karena isinya yang banyak membuatnya seolah-olah berontak dari si tahu. Satu hal yang pasti, 

Inspired by Robonator, Bo's latest creation which combined robot, alligator and tofunator- or shall I say, tofu lover :), we recently eat a lot of tofu at home. Bo et Obi love it.
So here we go.

Ingredients:

Fried tofu - it's abit different from uncooked, white tofu. Usually brown and empty inside.
Flour
Vegetable oil for frying
Garlic powder
Pepper
Coriander powder
Salt 
Sugar

Filling:
Bean sprout
Carrots
Cabbage
Scallion
Onion - sliced
Chili - as desired 
Any other vegetables you deem fit :)

How to cook:

First, we get the filling ready.
Easy breazy.. Just briefly saute onion and all the veggies then set it aside.
Then we prepare the coating flour. Mix all the spices and flour, add water and mix it well until it's tick enough but not too runny.
Once ready, cut fried tofu in a half and fill the veggies in the middle. Dip the tofu in the coating flour then fry it until golden brown. Done.. Your fried tofu with vegetables filling is ready. Eat it with chili if you like or with warm steamed rice. Yuuuum.



Memasaknya pun super gampang. 
Cepat dan mudah saja.

fill the tofu
Pertama tumis semua sayuran dan sisihkan. Lalu kita campur tepung dan semua bumbu dan air sedikit demi sedikit sampai adonan teung menjadi kental tapi tidak terlalu encer. Potong tahu pong di bagian tengah sedikit saja untuk memasukkan sayuran yang sudah ditumis tadi. Setelah selesai, celup tahu yang sudah diisi sayuran di adonan tepung lalu goreng hingga kecoklatan.




Jadi sudah tahu isi kita :).
Tinggal ditaruh di piring atau mangkok saji dan makan dengan cabe rawit untuk mereka yang suka pedas seperti saya :p. 
Super yuuum indeed.

Hope you like it and enjoy.

51 comments:

  1. tahu bunting??hehhe..lucu ya mak,kalo di jawa,tetep tahu isi^^

    ReplyDelete
  2. Aku suka nya di tambah sambel kacang atau sambel kecap biar makin mantap

    ReplyDelete
  3. Ah iya bener. Di Lampung dulu saya sukanya beli tahu bunting. Hahaha. Ngiler saya Mbak Indah. ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. beneer kan :)..namanya memang mengundang sekali hehehe

      Delete
  4. I agree thios weather (cold) does make you more hungry...although I would love to get cooked food LOL

    ReplyDelete
  5. Hmm enak nih buat cemilan sore musim hujan. Ini bahannya dari NY semua? Kok sepertinya aku lihat menu nusantara terus ya? Nggak kesulitan bahannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Lus..aku bener-bener pakai bahan yang ada di NYC aja. Mantaap ya..lumayan komplit, walaupun memang ada beberapa yang aku sesuaikan :)

      Delete
  6. Duh ini gehu, bikin kabita saja. Gehu plus cengek aka cabe rawit, nikmat pisannnn.

    Salam,

    ReplyDelete
  7. Di Palembang penganan itu disebut tahu bunting juga... Ini jenis penganan gavorit yg disukai banyak orang ya Mba... Bikinnya mudah banget.. Sarat gizi pula karena ada campuran sayuran di dalamnya.. Mantap deh tahun bunting melanglang buana smpe ke Amrik juga, hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuuul mba, makanya jadi favorit juga di rumahku :)

      Delete
  8. Sukaaa..udh lama ga bikin tahu isi

    ReplyDelete
  9. Dulu sering nyebutnya tahu berontak nih, Mak Indah. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul, banyak yang bilang tahu berontak juga yaaa..

      Delete
  10. Ya Allah ini enak banget, jadi inget rumah :(

    ReplyDelete
  11. Kalau di Semarang namanya tahu susur mbak Indah, saya suka juga karena isinya berbagai macam sayuran jadi menyehatkan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. namanya lain lagi yaaa..dan benar, isinya sayur jadi sehat :)

      Delete
  12. I do love tofu. Your food always makes me hungry!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Try this simple recipe, Alissa..Tofu is really good indeed..

      Delete
  13. enak bgt mba indah....bikin ngiler tahunya

    ReplyDelete
  14. wah pas bgt hari ini aku bikin tahu bunting hihihi nama yg rada2 gimanaa gitu

    ReplyDelete
  15. Tahu di NYC sama Indonesia enak mana mba ? xixixi...

    ReplyDelete
  16. kesukaan saya nih mbak tahu isi diselimuti tepung lalu digoreng dan dimakan panas2 bersama cabe, maknyusss abis

    ReplyDelete
  17. looks delicious. Thanks for sharing would love to try making something like this

    ReplyDelete
  18. paling nyus kalok diceplus dengan lombok ijo hihii

    ReplyDelete
  19. This is a great base recipe. i tried adding sausage .. love it !

    Neng Indah, tiyasa pangbungkuskeun eta GEHU taoge dijero tahu jeung cengek ?
    Haturnuhun geulis .. :) Salam kenal yah.

    ReplyDelete
  20. Di jakarta lagi pda suka tahu jeletot..tahu isi tapi cabenya dibanyakin..dan ada rawitnya jadi pedesnya ngegigit banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. aaah aku kangeeen tahu jeletot..di rawamangun banyaaak mba. Tapi ya itu, kalau pedes anak-anak ngga bisa makan :)

      Delete
  21. I can see Jason and I eating this on a weekend, snuggling up on the couch watching Netflix. This is our kind of meal! Yummmm!

    ReplyDelete
    Replies
    1. I hope you enjoy it, Theresa..it's super yuuum :)

      Delete
  22. Hm, yummy..apalagi kalau isinya pedas Mba Indah. Di tempatku sekarang banyak yang jual tahu isi pedas namanya tahu mercon karena pedaaaaaaas.

    ReplyDelete
  23. You know, indah, I have only had tofu (to my knowledge) in a protein drink and few times in a Chinese meal. You make it look so delectable that I need to add it to my shopping list!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Please do, Dona :). tofu is so easy to cook :)

      Delete
  24. Sebutannya lucu, tahu bunting. Mungkin karena tahunya gendut ya Mama bo hehe. Klop banget deh tahu ini dengan cabe rawit, enak! :)

    ReplyDelete
  25. dinign-dingin gini makan tahu isi enaknya

    ReplyDelete

Soooo happy to have you all here :D....
Thanks for visiting my blog and feel free to comment but all direct links will be deleted.

Link hidup akan langsung saya hapus ya.

Enjoy!