Through Blogs and Beyond: On the Road to Srikandi Blogger 2014



Ini bukan mimpi di siang bolong, bukan juga halusinasi, apalagi hasil hipnotisasi #eeehapasiiih…


Rasanya luar biasa ketika menemukan nama saya di deretan 10 Finalis Srikandi Blogger 2014. 


Beautifully designed by Shinta Ries and this banner is taken from here

Di bawah teriknya matahari sore, usai jejingkrakan di #OneBillionRisingIndonesia2014 di Monas, saya ditelpon seorang sahabat geulis dari Bandung, Meti Mediya, yang mengabari kalau saya, dan juga Meti, terpilih untuk bergabung dengan 8 emak blogger lainnya.

Wow…Such an honor! Alhamdulillaaaah…

Jujur saja, sejak bergabung bersama #50FinalisSB2014, banyak sekali energi positif dan kreatif yang saya rasakan dari kumpulan emak-emak keren ini. Pelajaran baru, guyonan segar, resep dan foto yang bikin ngiler, plus pengalaman batin yang begitu kaya mengisi hari-hari kami di karantina grup #50FinalisSB2014.

Seriously, tak habis decak kagum saya melihat jajaran emak yang tidak main-main prestasinya di dunia perbloggingan dan dunia nyata. Penulis buku kondang dengan karya bejibun, ahli lingkungan dan pecinta alam, entrepreneur, pengrajin sukses, pun guru-guru luar biasa dengan endless dedication. Belum lagi aktivis hak perempuan, penyuara kebaikan dan kesadaran, serta ibu yang penuh cinta bagi anak dan keluarganya. Dan Kumpulan Emak Blogger (KEB) sukses menjadi rumah penuh cinta untuk emak-emak keren ini.

And now, sebagai bagian dari #10FinalisSB2014, saya harus menjawab tantangan berikutnya.

What will I do
Seandainya saya terpilih menjadi Srikandi Blogger 2014...

Again, it goes beyond my wildest imagination to think, or even imagine, that I could be selected as #SrikandiBlogger2014. Frankly, it takes more than courage and self-confident to do so :). 

Why?

Seperti yang saya sampaikan sebelumnya, menjadi Srikandi Blogger adalah suatu kebanggaan yang luar biasa. 
But it comes with great responsibilities, too 
Tanggung jawab moral untuk senantiasa berbagi inspirasi, ilmu, dan kebajikan. Juga informasi, curahan hati bahkan kekecewaan dan pelajaran hidup. #SrikandiBlogger2014 idealnya pun selalu membuka diri, baik terhadap hal-hal baru maupun jejaring pertemanan. Persahabatan dan tali silahturahmi perlu senantiasa dijaga. Intinya, saling menginspirasi, saling berbagi, saling belajar, saling menguatkan!


commitment is the key....bantu saya terus belajar ya maaaak....

Then how to do it…bagaimana?

By blogging with love :)!

My purple heart for y'all :D..image is from here

Tapiiii….. seperti kata sinetron, Cinta saja tidak cukup!
Buat saya, Srikandi Blogger = cinta + (waktu + tenaga) x komitmen + (konsistensi + ketulusan hati) #abaikanrumus #matematikangglulus :D

Intinya, imagine this….
SB2014 = Doing what I love + being myself + being surrounded by people I admire and care for
Asyik banget kan!

Terus berbagi melalui blog bersama Kumpulan Emak Blogger (KEB) pun perlu berlanjut ke dunia nyata. Seperti #KEBPeduliBencana, yang terus mengumpulkan bantuan untuk yang membutuhkan di berbagai wilayah Indonesia yang tengah didera bencana dengan mengirimkan bantuan ke rekening MakJurbay Irma Susanti.

Where and when will I do it? 
Right here and right now, mak..


di dalam TransJakarta pun aku suka nyicil draft untuk blog lho :D....

Rumus sederhana ini mudah-mudahan bisa mendukung saya sebagai #SrikandiBlogger2014 (jika terpilih yaaa) untuk mencapai hal-hal lain yang sangat berarti untuk saya.

I want to bring Indonesia to the world!

Jujur, saya berkali-kali menyampaikan hal ini dalam berbagai kesempatan, karena begitu ingin mewujudkannya. Banyak pula yang sudah melakukannya, but this is my share!

Sebagai PNS sejati/diplomat yang alhamdulillah dipercaya menjadi wakil Indonesia di negara lain, saya mengemban tugas untuk menjadi ‘agen’ Indonesia yang baik. And my blog, -as well as yours, ours,- will be potential ammunitions.


Indonesia...Culinary heaven....

Negeri ini terlalu cantik untuk diidentikkan hanya dengan kegaduhan politik, kelakuan minus pejabat, korupsi yang ‘mematikan’ ataupun bencana dan degradasi lingkungan yang memprihatinkan. 

Tapi bukan pencitraan ya, don’t get me wrong :). Saya hanya ingin menampilkan wajah Indonesia yang ‘lain’, derived from my own and my family’s, as well as your,  experience.

Sebagai Srikandi Blogger, bersama emak-emak sekalian, saya akan berikan potret negeri ini dari kacamata lain yang insya Allah bermanfaat. Cerita, tulisan dan foto-foto kita akan menjadi alat diplomasi yang luar biasa.


Cantiknya Wastra Indonesia....shared in my blog and many platforms of social media...

Jadi gado-gado is the theme of my blog. Rekaman indahnya tanah air, nikmatnya kuliner nusantara, warna-warninya wastra Indonesia, serunya belanja barang kerajinan khas negeri, gemulainya tarian tradisonal, uniknya budaya dan bahasa Indonesia mungkin akan mendominasi my purple world

Pengalamanku memang terbatas, tapi semangatku tetap tinggi untuk berbagi. 
Mudah-mudahan, celotehanku di blog, dengan label Indonesiaku, bisa menambah cinta teman-teman, dan siapa saja, kepada Indonesia.

At the same time, saya akan ‘membawa’ penggalan cerita dari beberapa belahan dunia bagi teman semua

Tak henti-hentinya kubersyukur, betapa pengalaman hidup dan bekerja di berbagai negara, berinteraksi dan berteman baik dengan orang-orang dari berbagai latar belakang dan walks-of-life banyak memberi pelajaran berharga untukku, suami dan keluarga. Jejak #MyItchyFeet dan hal-hal sederhana yang menyentuh hati dan hidupku, semuanya insya Allah akan terus tertuang dalam blogku. 

Satu bagian yang akan kuperdalam adalah Diplonote, catatan perjalananku sebagai diplomat muda dan lika-likunya. Semoga berkah dan bermanfaat..

Andai saya menjadi Srikandi Blogger 2014, I will still be Mama Bo et Obi, my munchkin’s lover, and cucina conqueror yang jagoan membuat dapur berantakan. Saya akan tetap menjadi penggila ungu, pecinta diving, pemburu sale dan diskon, yang hobi bergaya ‘gila’ di depan kamera :p.


Doakan Mama Bo et Obi yaaaa....dan terima kasih untuk pertemanannya yang luar biasa hangaat...  

Izinkan juga saya untuk terus bercerita tentang indahnya menjadi seorang ibu, serunya menyusuri pasar tradisional di ujung timur negeri, dan sedapnya makan rawon setan a la Surabayaan. Juga tentang nano-nanonya hati saat disuguhi pemandangan menakjubkan bawah laut Indonesia yang sukses membuat ‘menganga’, atau deg-degannya naik jukung pagi buta demi melihat lumba-lumba. Tentang air mata yang menetes kala menyanyikan lagu kebangsaan di belahan dunia lain; melihat manneken pis, patung imut kebanggaan warga Brussel; memakai baju Lampung, atau bangganya menyuguhkan makanan khas Indonesia di resepsi diplomatik.

I will still be me, friends, dan bersama, mari bergandengan tangan untuk saling belajar, saling mendukung, saling menginspirasi melalui blog kita masing-masing dan KEB tentunya.

Dan please, please, please… never forget! Kita semua adalah Srikandi!

Siapapun yang nanti terpilih menjadi Srikandi Blogger 2014, kita semua adalah srikandi – srikandi di dunia nyata, yang dengan caranya yang unik meninggalkan jejak emasnya di dunia. 

Baik sebagai seorang Ibu penuh cinta untuk suami, anak-anak dan keluarga; perempuan lajang yang sukses dengan pekerjaan yang digelutinya; koki handal yang hasil karyanya dinikmati banyak orang; penulis buku yang inspiratif dan kaya manfaat; feel free….

Jadi jangan pernah ragu dan malu… mari terus menjadi perempuan-perempuan Indonesia yang tangguh, penuh karya, penuh inspirasi…
Tunjukkan pada dunia, through blogs and beyond…



Viva Srikandi Blogger 2014…



References:
Purpleheart:http://www.clker.com/cliparts/5/d/4/7/1308641612425268534tvebak_
purple_ heart. svg.hi.png

41 comments:

  1. kyaaaa...keren pisan vidionya maaaakk!!!
    luv luv purple...luv luv the spirit...luv luv youuu....
    Go go go..sukses terus ya maakk ^_^

    ReplyDelete
  2. Setuju mbak... banyak hal indah tentang Indonesia yang bisa dikabarkank e dunia. Juga banyak hal menarik di luar Indonesia yang bisa diceritakan melalui blog. Blogging with love itu sangat menginspirasi ^^d. Sukses mbak.

    ReplyDelete
  3. Love the purple heart mak..
    Setuju sangat Indonesia ga boleh tenggelam dlm kegaduhan politik n kejahatan para koruptor, kita sbg blogger et traveler lah yg punya tugas membuka mata dunia ttg kemolekan Indonesia... Mak Indah.... U rock :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mak Munaaaa... Ayo hand in hand denganku untuk terus tampilkan wajah cantik Indonesia..

      Delete
  4. selalu terpesona nonton video buatanmu mak indah....setuju mak untuk selalu mempromosikan yg terbaik milik Indonesia..bicara Indonesia tdk melulu bicara koruptor, macet, banjir etcetera...Indonesia itu kaya, indah, besar dan berbudaya...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. I second you mak... Indonesia itu cantik, kaya, berbudaya... Ayo, sambil terus berbenah diri, kita terus promosikan negeri cantik ini maaak..

      Delete
  5. Kalo ngomongin Indonesia, selalu saja membuat aor mana menitis... jiwa nasionalismenya langsung bangun :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk urusan merah putih mak Noe, semangat harus terus berkobar..

      Delete
  6. Mengerjakan apa yang kita cintai dengan sepenuh cinta... akan membuat apa yang kita lakukan jadi cetar membahana ya Mak.
    Semangat utk terus membawa nama Indonesia di dunia internasional ya Mak.
    Maju terus dan semoga berjaya Mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Love is in the air...bener mak.. Cinta memang sumber energi yang selalu terbarukan..

      Delete
  7. Aduuuuh.... nglihatnya jadi pengin packing terus keliling Indonesia deh. Bagus banget ya Indonesia tu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikooooot... Aku juga pengen bangeeet maak.. Pokoknya cita cita seumur hidup keliliiing nusantara..

      Delete
  8. keren mak kayak opening film layar lebar xixix.. sukses ya mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheeee... Iya mak moocen, aku mmg pakai template movie trailer :D

      Delete
  9. Yeaaaaaah! Buktikan kemampuan sendiri ya Mak kalau bisa dan mampu ^^

    ReplyDelete
  10. kita semua adalah srikandi. setuju bangeeeet... wastra indonesia aku tungguin banget GA nya muahahahahah
    Dan videomu tan, selalu megah dan cihuy! bawa aku keliling dunia dooong aaaak sirik niiih >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoooo neng Pungky... Kebayang rame kalau ada dirimuuu... Videomu itu juaraaaa lho... 5-star material!

      Delete
  11. Kereennn lagiii... Mantap2 Emak2 kandidat Srikandi blogger ini. Ayo Mak, bersemangat mengangkat Indonesia bermartabat ke mata dunia ^_^. Videonyaaa... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayooo mak, dikau pun bisa bergabuuuung... Semoga Indonesia bisa terus majuuuu

      Delete
  12. Kereen, diplomat yang suka ngeblog itu sungguh keren. Supaya dunia tahu ttg Indonesia yang apa adanya. Mudah2an diplomat2 lain ada yang tergerak menjadi sepertimu mak Indah ... videonya juga keren ... sukses yaaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mak mugniar.. Dirimu juga luar biasaaa... Karya nyata yg tidak main-main.. Betul-betul srikandi! Maju terus ya maaak..

      Delete
  13. Ah, Mak, terharu aku... betapa perjuanganmu sebagai perempuan, ibu, juga pekerja, sangat luar biasa. Sukses Mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih maaak... Berkah luar biasa bagi saya bisa mendpt kesempatan ini...

      Delete
  14. Semoga mendapatkan penapaian yang terbaik ya mbak indah sebelum pergi bertugas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiiiin... Makasih banyak mama Cal - Vin ... Semoga berkah

      Delete
  15. Halo Mak! MakJur visit nih, good luck yaaa! :)

    ReplyDelete
  16. Aaah setuju banget maak... Indonesia sesungguhnya punya wajah ramah, dan kita ini harus mengabarkan kebaikan kita sendiri. Bukan cuma pencitraan (walopun penting juga sih), tapi juga untuk mendorong rakyat kita sendiri untuk menumbuhkan harapan bersama-sama mewujudkan negeri yg kita impikan. Bukan cuma menyebarkan kejelekannya dan bikin kita jd seperti hopeless

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mak mia...kalau bukan kita yang menghargai diri sendiri, siapa lagi yang akan memajukan bangsa ini...ayooo semangaaat..

      Delete
  17. Aduh Mak, tak henti-hentinya diriku mengagumimu. Tulisanmu selalu renyah namun penuh manfaat. Semoga mahkota Srikandi Blogger menjadimilikmu tahun ini. Sukseeeees dan bawa Indonesia ke dunia! :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. mak Nia....aku justru yang kagum dengan dirimu..jagoan blogger kita..sukses selalu juga ya maaak...

      Delete
  18. speechless..
    no komen..

    (Y) love u maks

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih makpan cantiiiiik.....doakan kami yaaa...

      Delete
  19. Terpukau dg tiap kalimat yang tertulis olehmu, Mama Indah. . .

    Benar, dan kegaduhan politik sudah ada yang mengurusnya. So, mari kitah berbagi sajooo lewat Blog ya, Mama Bo et Obi. :)

    ReplyDelete
  20. aku cuma bisa bilang, keren dan top abis mbak Indah Nuria Savitri, aju cuma melongo setiap membaca kata demi kata yang terangkai dalam sebuah tulisan apik yang mengandung ritme. Terpesona deh pokoknya.
    Salam sukses selalu ya mbak, aku turut mendukungku dari jauh.....

    ReplyDelete
  21. Srikandi yang satu ini emang ruar biasa. Salam kenal ya Mak sukses pokokna

    ReplyDelete
  22. Goodluck ya, semoga berhasil sampai final nanti, KEB bangga memiliki dirimu :*

    ReplyDelete

Soooo happy to have you all here :D....
Thanks for visiting my blog and feel free to comment but all direct links will be deleted.

Link hidup akan langsung saya hapus ya.

Enjoy!